Sukses

Awas, Jangan Makan Durian Berbarengan dengan 5 Hal Ini

Banyak alasan seseorang tidak suka makan durian. Selain dari segi rasa, bau yang menyengat juga menjadi alasan seseorang enggan menyantap buah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Dicintai dan juga dibenci. Seperti itulah penggambaran buah durian yang dikenal punya penggemar loyal dan sebaliknya.

Banyak alasan seseorang tidak suka makan buah berduri ini. Selain dari segi rasa, bau yang menyengat juga menjadi alasan seseorang enggan menyantap buah ini.

Namun, banyak pula yang menyukai buah ini. Meski begitu, bagi Anda pecinta durian jangan sampai salah. Sebab, durian bisa membahayakan apabila dimakan bersama sejumlah makanan dan minuman.

Efeknya yaitu meningkatkan kolesterol, sakit jantung hingga kematian. Oleh karenanya, Anda patut berhati-hati.

Seperti dikutip dari laman Goodyfeed.com, Rabu (26/8/2020), berikut 5 makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersama durian:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kepiting

Makanan yang tidak dianjurkan dimakan berbarengan dengan durian adalah kepiting. Daging kepiting mengandung kolesterol tinggi, begitu pun dengan durian yang menjadi buah berkandungan karbohidrat serta lemak tinggi.

Apabila ada seseorang yang mengidap kolesterol tinggi dan makan kepiting bersamaan dengan durian maka akan menimbulkan hal yang membahayakan.

Tak hanya meningkatkan kolesterol, penggabungan dua makanan ini juga dapat menimbulkan risiko pennyakit jantung hingga kematian.

 

3 dari 5 halaman

2. Daging Sapi dan Kambing

Daging sapi dan kambing memiliki efek panas sehingga sebaiknya tidak baik dimakan dalam waktu berdekatan dengan durian. Jika hal ini dilakukan maka akan terjadi peradangan atau inflamasi.

Efek lain yang juga bisa muncul adalah gangguan pencernaan pada lambung, darah tinggi, ataupun kolesterol tinggi.

3. Susu

Tekanan darah pada tubuh Anda akan semakin meningkat apabila mengonsumsi susu bersama durian secara berbarengan. Bukan tanpa alasan, ada penjelasan untuk hal ini.

Durian juga memiliki kandungan sulfur yang dimiliki oleh susu. Ketika mengonsumsi durian ditambah susu, tubuh justru tak lagi bisa berfungsi maksimal dalam mengeluarkan serta menghancurkan toksin.

 

4 dari 5 halaman

4. Kopi

Kopi juga tergolong sebagai minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan durian. Sebab, aktif kafein di dalam kopi mampu menjadikan detak jantung lebih cepat dan bisa mengakibatkan suhu tubuh menjadi panas.

Dua hal ini punya efek yang sama. Apabila dikonsumsi secara bersama tak baik bagi kesehatan, terutama mereka pengidap sakit jantung.

 

5 dari 5 halaman

5. Terong

Kita memang disarankan untuk mengonsumsi sayuran. Salah satunya adalah terong yang juga punya banyak manfaat untuk tubuh. Namun, jangan sekali-kali Anda makan terong bersamaan dengan durian.

Sama seperti kopi, terong juga dapat menaikan suhu tubuh manusia apabila dikonsumsi. Jika dimakan bersama-sama dengan durian tentu tak baik.

Apabila dikonsumsi secara bersama tak baik bagi kesehatan, terutama mereka pengidap sakit jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.