Sukses

Bisa Gigit Meski Kepala Dipenggal, Ini 14 Mitos dan Bahaya Ular

Berikut adalah beberapa mitos mengenai ular yang bisa Anda ketahui agar waspada dengan bahaya yang mengintai.

Liputan6.com, Jakarta - Ahli herpetologi Paul Crump dari Texas Parks and Wildlife Department dan Elda Sánchez selaku direktur National Natural Toxins Research Center di Texas A&M University-Kingsville, akan membantu Anda mengetahui beberapa fakta mengenai ular.

Mulai dari apakah Anda harus menghisap rancun ular setelah digigit, hingga reptil tersebut masih bisa menyakiti meski sudah dipenggal dan masih banyak lagi.

Berikut adalah beberapa mitos mengenai ular yang bisa Anda ketahui agar waspada dengan bahaya yang mengintai, seperti dikutip dari Dallas News, Rabu (26/8/2020):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 15 halaman

1. Menghisap Racun Ular adalah Ide Paling Buruk

Menghisap racun ular setelah digigit adalah ide yang buruk, karena itu justru membuat infeksi pada gigitan. 

"Pertama-tama, begitu racun masuk ke dalam sistem, tidak mungkin keluar, racunnya sudah masuk. Tertanam dan Anda mungkin akan menyebabkan infeksi," kata Sánchez.

Sebuah torniket atau pengikat dapat memutus suplai darah dan menyebabkan kerusakan jaringan yang parah atau amputasi, katanya.

3 dari 15 halaman

2. Tidak Semua Ular Coral Berbahaya

Hanya ada dua atau tiga spesies ular coral atau karang berbisa, dan satu dari mereka berada di Texas, kata Crump.

Jadi di Lone Star State, sebutan lain untuk Texas, jika ada ular dengan pola warna merah dan kuning, waspada ular karang. Tetapi pepatah itu hanya berlaku di Texas dan di Amerika Tengah dan bahkan bagian lain AS, katanya.

4 dari 15 halaman

3. Cara Lain untuk Menentukan Ular Berbisa

Bagaimana cara menentukan atau membedakan ular yang berbisa?

Menurut Crump, tidak ada cara spesifik untuk membedakan ular-ular tersebut. 

Ular derik atau Rattlesnake memiliki derik dan copperhead memiliki pola yang menonjol, tetapi jenis cottonmouth terkadang disalahartikan sebagai ular air tidak berbisa, katanya.

Ular derik, cottonmouth, dan copperhead semuanya adalah ular berbisa yang  memiliki lubang penghindar panas di dekat lubang hidung dan mata, tetapi Anda mungkin tidak ingin terlalu dekat untuk memastikannya.

"Apa yang saya tekankan agar orang-orang lakukan adalah mengambil panduan lapangan yang murah dan melihat ular mana yang harus ada di daerah itu," kata Crump.

5 dari 15 halaman

4. Ular dan Ekosistem

Pada dasarnya ular juga membantu keseimbangan ekosistem. Karena ular termasuk dalam rantai makanan alami. 

Menurut Crump ular juga dapat memakan spesies yang berbahaya atau yang menurut kita sangat mengganggu. 

6 dari 15 halaman

5. Keuntungan dari Racun Ular

Ular memiliki bisa untuk menjatuhkan mangsanya, tetapi ada racun yang banyak di luar sana dapat digunakan untuk hal lain.

"Ketika Anda mulai mengisolasi racun, komponen individu [dapat] membantu dalam stroke dan serangan jantung. Mereka dapat digunakan sebagai pereda nyeri dan mereka dapat mencegah pembentukan gumpalan, mencegah sel kanker menyebar," Sánchez berkata.

Satu obat, Integrilin, berasal dari molekul yang ditemukan dalam bisa ular derik kerdil dan digunakan untuk mencegah penggumpalan darah atau serangan jantung.

Ketika racun yang berbeda diisolasi, mereka bisa sangat membantu, tetapi ketika mereka semua ada di satu tempat, seperti di bisa, "itu benar-benar menyebabkan malapetaka," kata Sánchez.

7 dari 15 halaman

6. Ular Besar Memiliki Racun yang Lebih Berbahaya

"Semakin besar ular, semakin besar kelenjar racunnya; semakin besar kelenjar racunnya semakin banyak," kata Sánchez. "

Jika itu ular besar, ia benar-benar dapat mengeluarkan sekitar 3 mililiter bisa. Itu banyak racun, dan itu banyak bahaya."

Ular yang berbeda memiliki jenis racun yang berbeda pula. Ular karang tidak membutuhkan banyak racun untuk melukai. Mereka adalah neurotoksik - Anda tidak merasakan sakitnya tetapi setengah jam kemudian racunnya bisa mulai menyebabkan kelumpuhan diafragma, katanya.

Racun ular Eastern diamondback dan ular derik Mojave menargetkan jaringan, menghancurkan tulang rawan, dan merusak pembuluh darah.

"Kalau begitu, berbahaya karena mereka lebih besar, mereka mengeluarkan lebih banyak racun dan antivenom yang digunakan saat ini juga tidak efektif," kata Sánchez. "Hanya karena Anda terkena antivenom bukan berarti Anda akan keluar dari sana tanpa kerusakan apa pun."

Tidak semua ular besar berbisa. Ular indigo Texas sebenarnya memakan ular derik.

8 dari 15 halaman

7. Racun Anak Ular Lebih Berbahaya?

Seekor ular yang lebih besar dapat menyimpan lebih banyak racun daripada ular yang lebih kecil, dan karenanya mengeluarkan lebih banyak racun dalam satu gigitan.

Bahaya pada gigitan ular yang lebih muda dapat terjadi pada campuran racun yang berbeda, bukan karena bayi ular tidak tahu bagaimana mengendalikan racunnya, seperti yang diklaim beberapa orang, kata Sánchez.

"Gigitan dari ular remaja cenderung lebih kuat karena mereka memiliki jenis molekul yang berbeda dari dewasanya karena mereka memiliki mangsa yang berbeda," katanya.

"Seekor ular yang lebih kecil mungkin memangsa kadal atau jenis belalang lainnya, jadi terkadang mangsa yang berbeda membutuhkan racun yang berbeda. Tidak setiap racun memiliki efek yang sama pada setiap mangsanya."

Terlepas dari usianya, gigitan ular berbisa masih bisa berbahaya.

 

9 dari 15 halaman

8. Jumlah Racun yang Tidak Pasti

Tidak ada yang benar-benar tahu berapa banyak racun yang disuntikkan ular pada setiap gigitan. Itulah salah satu kesulitan dalam mengobati gigitan ular, kata Sánchez.

Ular juga dapat memberikan gigitan kering 20 persen hingga 50 persen dari waktu.

10 dari 15 halaman

9. Ular Tetap Dapat Menggigit Meski Kepala Terpisah

Singkatnya, belum ada penelitian yang mengatakan secara pasti ya atau tidak.

"Mereka mengontrol kelenjar racun sehingga ketika [ular] secara tidak sengaja menggigit Anda akan disuntik dengan racun yang tertinggal di kelenjar," kata Sánchez. "Saat dipenggal, mereka tidak memiliki kendali lebih atas bagaimana mereka dapat mengaturnya."

Logikanya, ular mungkin bisa menyuntikkan lebih banyak racun dengan kepala di atas daripada jika dipenggal, tapi tidak ada penelitian tentang itu, katanya.

"Ular memiliki kendali yang luar biasa terhadap jumlah racun; secara metabolisme mahal untuk diproduksi," kata Crump. "Saya dapat melihat situasi yang sangat aneh ini di mana Anda memiliki ular pemenggal yang menggigit dan untuk alasan apa pun tidak mengendalikan racun dengan cara apa pun, tetapi situasi ini tampaknya sangat jarang."

11 dari 15 halaman

10. Ada 80 Ekor Ular Berbisa di Texas

Ada sekitar 80 spesies ular berbisa di Texas, meskipun jumlah itu sedikit bervariasi tergantung pada bagaimana Anda menginterpretasikan mana yang merupakan spesies dan mana yang merupakan subspesies, kata Crump.

Jumlah ular berbisa juga diperdebatkan.

Ada sekitar 15 ular berbisa di Texas, termasuk ular karang, cottonmouth, ular derik, western diamondbacks, ular derik Mojave, dan prairie rattlesnakes.

12 dari 15 halaman

11. Apa Spesies Ular yang Paling Berbisa di Texas?

Ular karang dan ular derik kerdil merupakan gigitan yang kuat. Di luar negara bagian, racun ular derik harimau memiliki dosis paling mematikan, kata Sanchez.

Tapi ular paling berbahaya di Texas adalah diamondback barat atau diamondback timur. Itu karena mereka ditemukan di wilayah geografis yang luas, yang membuatnya lebih mungkin bertemu dengan salah satunya.

Racun ular karang "jauh lebih kuat daripada ular berbisa, tetapi ular karang jauh lebih kecil," katanya. "Mereka adalah hewan yang sangat tertutup, dan umumnya tidak mencoba untuk datang dan menggigit Anda, karena mereka hanya ingin menjauh dari manusia. Bukan berarti ular derik tidak, [tetapi] mereka lebih sering bertemu manusia."

13 dari 15 halaman

12. Dikejar Ular Apa Harus Masuk ke Air?

Jawaban nya adalah tidak, karena menurut Crump, ular tidak akan mengejar siapa pun. Sehingga masuk air pun tidak ada gunanya. Karena pada dasarnya, ular hanya menyerang ketika mereka merasa diganggu. 

14 dari 15 halaman

13. Apakah Ular Pergi Berkelompok?

"Tidak juga. Mereka cenderung menjadi jenis hewan yang menyendiri. Ada kalanya dalam satu tahun ia bisa memberi kesan bahwa mereka sedang mengeroyok," kata Crump.

"Contoh klasiknya adalah ketika jangkrik muncul.  Kepala tembaga menjadi gila karenanya. Seperti serigala atau beruang di perlombaan ikan salmon, kepala tembaga akan berkumpul di area dengan sumber daya tinggi."

15 dari 15 halaman

14. Antivenom yang Dibutuhkan

Rumah sakit memiliki protokol yang mereka ikuti tentang seberapa banyak antivenom untuk memulai, kata Sánchez. Perusahaan yang menjual antivenom akan merekomendasikan jumlah tertentu, seperti empat hingga enam botol.

Rumah sakit mungkin memberi lebih banyak jika pasien tidak membaik, atau tergantung pada hasil tes darah.

Antivenom dapat berharga $ 2.000 hingga $ 6.000 per botol di rumah sakit, katanya.

Intinya Crump mengatakan digigit ular itu sama dengan ketika kita menginjak gelas tanpa berhati-hati. 

Sánchez mempermasalahkan pepatah bahwa satu-satunya ular yang baik adalah ular mati. Mereka ada di sini untuk suatu tujuan, katanya.

"Saya mengerti orang-orang takut pada ular, dan mereka seharusnya begitu, mereka memang bisa berbahaya," katanya. "Kita harus belajar hidup berdampingan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini