Sukses

Video Detik-detik Penembakan Jacob Blake di Mobil Jadi Viral

Kasus penembakan Jacob Blake di Wisconsin menyorot lagi kasus kekerasan polisi terhadap komunitas kulit hitam di Amerika Serikat.

Liputan6.com, Milwaukee -- Publik Amerika Serikat kembali dibuat geger dengan kasus kekerasan oleh polisi. Kasus terbaru mencuat setelah viral video penembakan pria kulit hitam bernama Jacob Blake. 

Polisi menembak Jacob Blake ketika pria 29 tahun itu masuk ke dalam mobilnya. Kejadian itu terjadi pada Minggu 23 Agustus kemarin pada waktu setempat di Kenosha County, negara bagian Wisconsin.

Aksi penembakan polisi ternyata terekam oleh seorang pria yang berada di rumah dekat TKP. 

Dalam video yang viral itu, Jacob Blake tampak sedang berbicara dengan polisi. Mendadak, ia berjalan menjauh dari polisi menuju mobilnya.  

Dua orang polisi mencoba menyetop Jacob Blake sambil menodong pistol. Beberapa warga di tempat kejadian langsung berteriak panik ketika polisi mulai mengejar Blake. 

Jacob Blake tetap berjalan dan membuka pintu mobilnya lalu masuk. Ketika ia baru masuk, polisi langsung melepas tembakan sampai tujuh kali. 

Seorang wanita yang berada di dekat mobil Jacob Blake tampak histeris ketika melihat penembakan itu. Tiga anak Jacob Blake juga ada di dalam mobil saat ayahnya ditembak. 

Pada keterangan resmi, kepolisian setempat mengaku langsung memberi pertolongan kepada korban. Jacob Blake dilaporkan selamat dan kondisinya sudah stabil di rumah sakit.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sedang Melerai Tetangga

Berdasarkan laporan USA Today, Jacob Blake sedang berupaya melerai tetangganya yang ribut. Pada sekitar pukul 17.00, polisi mendapat laporan kekerasan rumah tangga dan mendatangi lokasi. 

Polisi mencoba meminta keterangan dari Jacob Blake, tetapi pria itu tak berminat memberi keterangan. Ia lantas meninggalkan polisi dan mencoba masuk ke dalam mobilnya. 

Penembakan yang terjadi pada Jacob Blake memancing kecaman dari Gubernur Wisconsin Tony Evers. Kepolisian setempat berjanji akan menginvestigasi kasus ini.

Kerusuhan pun sempat terjadi pada hari Minggu malam waktu setempat. Beberapa bangunan rusak dan polisi membubarkan massa dengan gas air mata.

Update

Pihak Kementerian Kehakiman Wisconsin memberikan keterangan resmi. Jacob Blake disebut memiliki senjata pisau di mobilnya. Ia juga bukan melerai tetangga, melainkan dilaporkan oleh kekasihnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.