Sukses

Toilet Transparan Tokyo yang Viral, Jadi Solusi Beragam Persoalan MCK Umum?

Toilet umum di seluruh dunia terkenal gelap, kotor, dan berbahaya. Tokyo baru-baru ini meluncurkan toilet transparan baru di dua taman umum yang bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut.

Liputan6.com, Tokyo - Toilet umum di seluruh dunia terkenal gelap, kotor, dan berbahaya. Tokyo baru-baru ini meluncurkan toilet baru di dua taman umum yang bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk satu hal, mereka terang benderang dan penuh warna.

Di sisi lain, mereka transparan.

Dengan begini, logikanya, mereka yang ingin menggunakannya bisa mengusir 2 beban pikiran terkait persoalan MCK umum, kebersihan dan keamanan --setidaknya bagi Jepang yang telah lama bereksperimen dengan toilet (mulai dari tutup otomatis dan kursi berpenghanhat).

"Ada dua hal yang menjadi beban pikiran kita ketika ingin masuk ke toilet umum, terutama ketika berada di tempat umum seperti taman," menurut salah satu tim Shigeru Ban, perancang toilet tersebut.

"Satu adalah kebersihannya, kedua adalah jika kita tidak tahu apakah ada orang di dalam toilet," lanjutnya, seperti dikutip dari NPR, Sabtu (22/8/2020).

Dinding transparan dapat mengatasi kedua kekhawatiran itu, kata Shigeru, dengan menunjukkan kepada orang-orang apa yang dapat mereka temukan di dalam. Setelah pengguna memasuki kamar kecil dan mengunci pintu, dinding ruang rias berubah menjadi warna pastel dan tidak lagi tembus pandang.

Seorang pria berjalan keluar dari toilet transparan di Haru-no-Ogawa Community Park di distrik Shibuya, Tokyo (19/8/2020). Toilet ini dirancang oleh Shigeru Ban dimana dinding luar kacanya akan berubah menjadi buram ketika kuncinya ditutup. (AFP Photo/Philip Fong)

"Dengan menggunakan teknologi baru, kami membuat dinding luar dengan kaca yang menjadi buram saat kunci ditutup, sehingga seseorang dapat memeriksa ke dalam sebelum masuk," kata Nippon Foundation, seperti yang dikutip dari NPR, Sabtu (22/8/2020). 

Toilet ini merupakan salah satu proyek Tokyo Toilet, meminta arsitek terkenal dunia untuk membuat toilet "yang belum pernah Anda lihat sebelumnya".

Toilet dipasang di ibu kota Jepang bulan ini, bertepatan dengan kampanye nasional untuk menghapus toilet umum kuno di kota itu menjelang Olimpiade Musim Panas yang sekarang ditunda. Berdiri di depan rumpun pohon di distrik Shibuya, toilet itu tampak menonjol seperti lukisan Mondrian, dengan dinding berwarna dengan warna-warna seperti mangga, semangka, jeruk nipis, ungu, dan teal.

MCK itu juga disajikan sebagai contoh lain dari kemajuan teknologi negara yang futuristik dan estetis.

Namun, ulasannya beragam.

"Saya khawatir ini akan menjadi transparan karena kerusakan," tulis pengguna media sosial dengan akun Twitter @yukio dalam postingan yang beredar luas, dikutip dari NYTimes.

Seorang pria menggunakan toilet transparan di Haru-no-Ogawa Community Park di distrik Shibuya, Tokyo (19/8/2020). Toilet ini dirancang oleh Shigeru Ban dimana dinding luar kacanya akan berubah menjadi buram ketika kuncinya ditutup. (AFP Photo/Philip Fong)

"Butuh waktu untuk membiasakan diri dengan ide tersebut," tulis Ming Cheng, seorang arsitek yang berbasis di London, di Twitter. Tapi dia memberi toilet itu dengan ulasan "jempol."

Tak hanya itu, desain toilet tembus pandang ini sudah dirancang untuk malam hari.

"Di malam hari, fasilitas menerangi taman seperti lentera yang indah," kata situs arsitek tersebut.

Proyek toilet ini telah menarik perhatian karena ini adalah rencana untuk membuat orang merasa nyaman saat mengunjungi toilet umum.

Proyek ini mungkin tampak "tidak mungkin" atau sembrono, tetapi 16 arsitek yang menata ulang toilet umum ini adalah arsitektur ternama Jepang. Mereka adalah pemenang Pritzker Prize - Ban: Toyo Ito, Tadao Ando dan Fumihiko Maki - bersama dengan bintang internasional seperti Kengo Kuma dan Sou Fujimoto. Perancang busana Nigo juga berkontribusi.

The Nippon Foundation saat ini merancang ulang 17 toilet umum di Shibuya, salah satu distrik perbelanjaan dan hiburan tersibuk di Tokyo. Yayasan ini juga bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengerahkan dua kekuatan nasional Jepang yaitu pada kebersihan dan desain untuk kepentingan publik.

Perusahaan toilet terkenal TOTO, terkenal dengan toiletnya yang memanjakan pengguna dengan fitur-fitur seperti kursi berpemanas, bidet, dan pengharum, "akan memberi nasihat tentang perlengkapan dan tata letak toilet," kata yayasan tersebut.

Bulan ini toliet tembus pandang yang di desain oleh Shigeru akan dibuka di dua taman, yaitu Taman Mini Yoyogi Fukamachi dan Taman Komunitas Haru-no-Ogawa. Untuk toilet yang lainnya akan dibuka di beberapa bulan mendatang.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pro dan Kontra

Serah Copperwhite, seorang pekerja teknologi yang berbasis di sebuah distrik di selatan Tokyo, mengatakan bahwa meskipun dia biasanya menghindari toilet umum, dia akan lebih cenderung menggunakan toilet yang baru karena terlihat cerah dan bersih. "Saya mempercayai sains," kata Copperwhite (28), membahas kekhawatiran di media sosial tentang keandalan teknologi kaca.

Para pendukung toilet itu telah lama meminta pemerintah nasional Jepang untuk membuat toilet fisik di ruang publik lebih menarik dan dapat diakses oleh penduduk dan turis. Beberapa kamar mandi umum di Tokyo, terutama di stasiun kereta, kekurangan sabun tangan. Sebuah taman kanak-kanak di selatan Jepang berhenti menarik perhatian anak-anak tahun lalu karena mereka enggan oleh lalat di toilet umum jongkok. Sekolah memilih untuk menggunakan taman dengan toilet siram bergaya Barat.

Lebih dari 300 toilet telah direnovasi dari 2017 - 2019, menurut Badan Pariwisata Jepang. Sebelumnya, 40 persen toilet umum negara terdiri dari warung jongkok daripada toilet bergaya Barat. Pemerintah telah berusaha untuk menghentikan mereka sebelum Olimpiade, yang ditunda karena pandemi virus corona.

Tetapi, sementara beberapa orang menghargai teknologi canggih toilet baru ini, beberapa penduduk Tokyo mengatakan bahwa mereka salah ditempatkan di ruang publik yang terbuka dan mungkin lebih cocok di tempat lain.

"Saya tidak mau mengambil risiko privasi saya karena seseorang ingin membuat toilet mewah," kata Sachiko Ishikawa, seorang penulis dan penerjemah berusia 32 tahun.

Seorang wanita berdiri di depan toilet transparan di Haru-no-Ogawa Community Park di distrik Shibuya, Tokyo (19/8/2020). Toilet ini dirancang oleh Shigeru Ban dimana dinding luar kacanya akan berubah menjadi buram ketika kuncinya ditutup. (AFP Photo/Philip Fong)

Ishikawa mengatakan dia khawatir bahwa kesalahan manusia akan membuat pengguna kamar mandi terlalu mudah untuk secara tidak sengaja mengekspos diri mereka sendiri. Struktur transparan juga bisa membuat mereka lebih rentan terhadap penyerang, katanya.

"Mereka mungkin menunggumu jika kamu keluar dari kamar mandi," katanya. "Jadi argumen perlindungan tidak berlaku untukku."

Toilet transparan seperti di Tokyo sebelumnya muncul di Swiss pada 2002 dan 2015, ketika desainer Olivier Rambert meluncurkan dua kamar mandi kaca di kota Lausanne. Mereka memiliki fitur keamanan kontroversial yang secara otomatis membuka pintu dan mengubah kaca menjadi transparan jika sensor tidak mendeteksi gerakan selama 10 menit. Itu bisa membantu pengguna yang jatuh pingsan dan membutuhkan perhatian medis.

Negara lain menghadapi masalah lain dengan kamar mandi umum.

Korea Selatan telah diganggu oleh banyaknya kamera kecil yang ditempatkan diam-diam di toilet umum serta ruang ganti di toko dan hotel. Masalah menjadi sangat serius sehingga pemerintah di Seoul, ibu kota, menunjuk 8.000 pekerja pada tahun 2018 untuk memeriksa kamar mandi umum kota.

Dua miliar orang, atau sekitar seperempat dari populasi dunia, tidak memiliki akses ke toilet atau jamban, menurut data yang diterbitkan oleh WHO pada 2019. Untuk Hari Toilet Sedunia 2015, sebuah organisasi nirlaba di New York memasang toilet flushable yang dikelilingi oleh cermin satu arah yang menghadap ke Washington Square Park untuk mensimulasikan pengalaman buang air di tempat umum. Penyelenggara mengatakan 200 orang telah mencoba.

 

Penata dan alih bahasa: Yohana Belinda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.