Sukses

Aktivis Tewas Ditembak, AS Desak Irak Lakukan Penyelidikan

AS telah mendesak Irak agar melakukan penyelidikan dalam menanggapi insiden penembakan yang menewaskan seorang aktivis saat tengah melakukan aksi demo damai.

Liputan6.com, Washington D.C- Kementerian Luar Negeri AS menyatakan kemarahan mereka atas pembunuhan aktivis masyarakat sipil di Irak. 

Selain itu, Negeri Paman Sam tersebut juga menyatakan kemarahannya atas serangan terhadap pengunjuk rasa di Baghdad dan Basra.

Dilaporkan US News, Jumat (21/8/2020), seorang aktivis perempuan tewas pada 19 Agustus dan tiga lainnya terluka ketika orang-orang bersenjata tak dikenal melepaskan tembakan ke mobil mereka di Basra, menurut pernyataan dari sumber keamanan dan kesehatan kepada Reuters.

Insiden itu diketahui merupakan yang ketiga dalam sepekan terakhir di mana orang-orang bersenjata menargetkan aktivis politik anti-pemerintah.

Menanggapi insiden itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Morgan Ortagus dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa pihaknya mendesak Irak untuk dilakukannya penyelidikan.

"Kami mendesak Pemerintah Irak untuk segera mengambil langkah untuk meminta pertanggungjawaban milisi, preman, dan kelompok kriminal yang menyerang warga Irak menggunakan hak mereka untuk melakukan protes damai," jelas Ortagus. 

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perintah Penyelidikan Hingga Pertemuan dengan Presiden AS

Seorang aktivis lainnya juga telah tewas pada 14 Agustus, dan membuat munculnya gelombang protes yang cukup besar.

Aksi protes yang digelar selama tiga hari, bahkan membuat personel keamanan menembaki pengunjuk rasa yang melemparkan batu dan bom molotov ke arah rumah gubernur.

Pada 17 Agustus, Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi memecat sejumlah polisi Basra dan kepala keamanan nasional, akibat insiden tersebut. 

Tak hanya itu, PM Kadhimi juga memerintahkan penyelidikan atas kekerasan tersebut.

Selain itu, pada 20 Agustus, Kadhimi juga mengadakan pembicaraan di Gedung Putih dengan Presiden AS Donald Trump.

Dalam pernyataannya kepada wartawan, Presiden Trump mengatakan bahwa ia menantikan hari ketika pasukan AS dapat meninggalkan Irak.

"Kami akan segera pergi," terang Presiden Trump. Namun, ia belum memberikan penjelasan terkait jadwal penarikan pasukan AS dari Irak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.