Sukses

Penolong Saat Lapar hingga Jasa Pembayaran, Layanan Bak Asisten Pribadi di Minimarket Taiwan

Layanan yang ditawarkan ini setingkat asisten pribadi 24 jam dan dapat dengan mudah dinikmati oleh semua orang di Taiwan.

Liputan6.com, Taipei - Jika Anda lapar dan tidak bisa tidur pada pukul tiga dini hari, Anda dapat mencari makanan di banyak titik di Taiwan.

Makanan yang tersedia pun beragam, dari berbagai penjuru negara.

Apabila pakaian Anda kotor, tempat layanan untuk mencuci dan menyetrika pakaian pun ada. Selain itu, bantuan untuk membayar banyak tagihan listrik dan air juga tersedia.

Jika Anda ingin membeli tiket untuk film atau konser, tiket pesawat, kereta api atau feri, layanannya pun ada di satu tempat. Termasuk mengirim barang ke dalam dan luar negeri hingga mengirim dan menerima faks atau fotokopi dokumen.

Layanan yang ditawarkan ini setingkat asisten pribadi 24 jam, dan dapat dengan mudah dinikmati oleh semua orang di Taiwan. Bisa Anda menebak tempat apakah itu? Ini hanyalah sebagian layanan yang disediakan oleh minimarket di Negeri Formosa.

Kepadatan minimarket di Taiwan sangat tinggi. Menurut statistik terbaru, terdapat 11.429 minimarket di Taiwan, kepadatannya tertinggi kedua di dunia setelah Korea Selatan, dan jumlahnya terus meningkat setiap tahun.

Minimarket bisa ditemukan di mana-mana di Taiwan, baik itu di daerah gunung setinggi 2.000 meter atau di pedesaan, Anda bisa merasakan minimarket ada di mana-mana.

Di kota-kota besar, Anda akan melihat minimarket bermunculan di setiap jalan dan gang, bahkan ada minimarket dengan brand toko yang berbeda berdiri berdampingan satu sama lain. 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengapa Masyarakat Taiwan Sangat Suka Minimarket?

Pertama, minimarket telah menciptakan lingkungan belanja yang bersih dan cerah, sehingga konsumen akan merasa segar dan nyaman saat memasuki supermarket.

Selain itu, jenis barang di minimarket berubah dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan konsumen Taiwan yang menginginkan inovasi dan perubahan.

Area minuman dingin minimarket hampir setiap bulan memiliki minuman baru di rak, dan orang bahkan masuk ke minimarket hanya untuk mencoba minuman atau makanan ringan yang baru. Selain makanan dan minuman, minimarket juga menjual produk kebersihan, alat tulis, obat-obatan sederhana, mainan, koran, majalah dan lain-lain.

Jika tidak ada permintaan terhadap merek khusus, pada dasarnya minimarket Taiwan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari seseorang.

Minimarket Taiwan juga sangat ahli dalam menggabungkan acara festival dan pedagang terkenal untuk meluncurkan produk khusus, seperti hidangan restoran bintang lima saat Tahun Baru Imlek, kado coklat di Hari Valentine, bak cang di Festival Perahu Naga, kotak kue bulan di Festival Pertengahan Musim Gugur dan lainnya.

Dekorasi toko harus sering diubah sesuai dengan festival yang berbeda, agar konsumen merasa penuh dengan suasana festival yang kental. Minimarket Taiwan menyediakan produk siap saji. Biasanya di setiap minimarket. Selalu ada hotpot telur teh kapan saja, dan mesin panggangan untuk memanaskan hot dog, ubi panggang, aneka macam oden, semua jenis bakpao dn laainnya memberikan kepuasan bagi orang yang lapar.

Aneka ragam bento dan makanan microwave adalah penolong yang menyelesaikan sementara masalah sarapan, makan siang dan makan malam. Misalnya, nasi paha ayam, mie spaghetti, bahkan bakmi sapi dari toko terkenal juga bisa dipanaskan dan disajikan dihadapan Anda dalam beberapa menit.

Menanggapi kebutuhan makanan dan minuman ini, minimarket Taiwan dibuka semakin luas, tersedia meja dan kursi makan di dalam minimarket yang memungkinkan orang untuk duduk dan makan 24 jam sehari.

Guna menarik konsumen masuk ke dalam minimarket, para pebisnis Taiwan berupaya menyelenggarakan berbagai kegiatan promosi. Misalnya, di musim panas, Anda dapat membeli dua minuman hanya dengan NT$ 1 (sekitar Rp 500), atau membeli dua kaleng minuman dapat mengambil undian di kasir.

Hadiahnya dari diskon 20 persen hingga 90 persen dari jumlah pembayaran, sehingga orang akan penasaran saat mereka hendak membayar.

Minimarket juga meluncurkan tema produk edisi terbatas, seperti es krim cone rasa susu segar Hokkaido dan rasa matcha Shizuoka dalam jumlah terbatas musiman, yang membuat antrean panjang orang untuk membeli.

Minimarket Taiwan juga sering mengadakan kegiatan pemberian hadiah gratis berdasarkan akumulasi poin. Misalnya untuk setiap NT$ 40 (kurang lebih Rp 20.000) yang dibelanjakan akan mendapatkan stiker kecil "satu poin", dan poin yang terkumpul dalam jumlah tertentu dapat ditukar dengan miniatur mobil balap atau mug dan tas bergambar kartun populer.

Banyak orang tua atau kakek-nenek menjadi langganan minimarket hanya untuk membantu anak cucu mereka mengumpulkan poin demi menukarkan hadiah. Selain menjual produk fisik, beragam layanan kehidupan yang disediakan supermarket juga menjadi senjata untuk meningkatkan "kelekatan" masyarakat.

Misalnya, banyak pasangan keluarga sekarang harus pergi bekerja, tidak ada orang di rumah yang dapat menerima kiriman paket pada siang hari, sehingga minimarket menawarkan layanan pengiriman paket dari penjual ke minimarket yang ditunjuk konsumen, agar orang-orang dapat mengatur waktu mereka dengan memilih saat pulang kerja atau waktu luang untuk pergi ke minimarket mengambil paket tersebut.

3 dari 3 halaman

Produk Kecantikan

Yang lebih menarik lagi ada minimarket yang menyiapkan layanan di luar umumnya seperti area kecantikan, gymnasium, area roti yang dipanggang langsung di tempat, toko buku dan lain-lain di minimarket tersebut, bahkan ada minimarket yang memiliki area membaca untuk anak, dan karyawan minimarket akan menceritakan kisah kepada anak-anak pelanggan.

Lain kali bila seseorang mengajak Anda pergi ke minimarket di Taiwan untuk nge-gym atau mencoba lipstik dan perona mata terbaru sekaligus jangan merasa kaget.

Minimarket Taiwan memenuhi kebutuhan masyarakat akan sandang, pangan, papan, transportasi dan hiburan. Selain itu, selama masyarakat keluar rumah pasti akan menjumpai tingginya kepadatan minimarket, yang membuat hidup keseharian masyarakat Taiwan tidak dapat dipisahkan dari minimarket.

Justru karena jumlah dan kepadatan minimarket yang sangat tinggi di Taiwan, mereka juga telah berkontribusi dalam mencegah pandemi COVID-19.

Orang-orang di Taiwan dapat membeli masker medis yang dianjurkan oleh pemerintah di minimarket dan internet, dan mereka dapat mengambil barang tersebut dengan nyaman di minimarket terdekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.