Asal Minuman Krating Daeng, Ini 10 Fakta Menarik Tentang Thailand

Oleh Liputan6.com pada 19 Agu 2020, 21:33 WIB
Diperbarui 19 Agu 2020, 21:33 WIB
Ilustrasi Thailand
Perbesar
Ilustrasi Thailand (unsplash.com/Geoff Greenwood)

Liputan6.com, Thailand - Thailand merupakan negara yang terletak di wilayah tengah semenanjung Indochina di Asia Tenggara. Memiliki luas 198.120 mil². Rumah bagi perkiraan populasi 69 juta penduduk.

Negara ini memiliki ekosistem yang beragam mulai dari hutan hingga garis pantai yang terjal. Sepanjang keberadaannya, Thailand telah mempertahankan monarki yang sangat disegani oleh warganya.

Thailand juga merupakan salah satu negara dengan tujuan wisata populer yang menerima lebih dari enam juta pengunjung setiap tahun. Hal ini dikarenakan Negeri Gajah Putih memiliki begitu banyak destinasi yang ditawarkan, sehingga jika satu kunjungan tidak cukup untuk melihat keindahan Thailand.

Namun di balik fakta-fakta tersebut, ternyata Thailand juga memiliki banyak fakta menarik lainnya perihal bentang alam yang berbeda, budayanya, sumber daya alamnya, dan sejarahnya. Berikut beberapa fakta menarik tersebut yang sudah dirangkum oleh worldatlas.com, Rabu (19/8/2020):

2 dari 12 halaman

1. Siam Adalah Nama Awal Thailand

Ilustrasi bendera Thailand (AP/Sakchai Lalit)
Perbesar
Ilustrasi bendera Thailand (AP/Sakchai Lalit)

Sejak abad ke-12, Thailand dikenal dengan sebutan Siam. Orang-orang yang tinggal di wilayah tersebut juga dikenal sebagai orang Siam.

Negara ini ternyata merupakan rumah asli bagi ras kucing Siam yang terkenal. Pada zaman kuno, ada 23 jenis kucing Siam di negara tersebut. Namun karena predasi, sebagian besar spesies pun akhirnya punah.

Saat ini, hanya tinggal enam jenis kucing Siam yang tersisa. Maka dari itu, kucing Siam sangat dihargai dibudaya Thailand. Kucing Siam sering diberikan kepada pengantin wanita setelah melangsungkan pernikahan sebagai tanda keberuntungan.

3 dari 12 halaman

2. Memiliki Ekosistem Paling Beragam di Dunia

Ilustrasi Thailand
Perbesar
Ilustrasi Thailand (unsplash.com/Lawrence Makoona)

Thailand merupakan salah satu negara yang memiliki pemandangan paling indah di kawasan Asia Tenggara. Hutan-hutan yang menakjubkan terlihat  menutupi bagian utara negara itu.

Lebih dari seabad yang lalu, ternyata Thailand ditutupi oleh hutan alam yang luas, tetapi penebangan telah secara drastis mengurangi hamparan hutan menjadi hanya seperempat hutan dari sebelumnya.

Dataran Tinggi Khorat yang luas menempati bagian timur laut Thailand sedangkan wilayah tengahnya ditutupi oleh hamparan padi yang subur.  Ujung selatan Thailand ditutupi oleh dataran pantai yang merupakan rumah bagi pasir putih yang indah. Kawasan pantai ini memiliki banyak resor mewah yang membuat pengunjung berduyun-duyun datang di sepanjang tahun.

4 dari 12 halaman

3. Rumah Bagi Beragam Flora dan Fauna

Gajah di Thailand
Perbesar
Gajah di Thailand (unsplash.com/Trinity Treft)

Memiliki pemandangan yang bervariasi menjadikan Thailand sebagai rumah bagi banyak spesies tumbuhan dan hewan. Diperkirakan 10% dari semua spesies hewan di dunia dapat ditemukan di Thailand.

Negara ini terkenal dengan banyak gajah yang sebagian besar sudah dijinakkan. Menariknya, mamalia terkecil di dunia, seperti kelelawar lebah, malah menjadi hewan langka di Thailand.

Mamalia terbesar di dunia pun, seperti hiu, paus, dapat ditemukan di pantai Thailand. Thailand juga adalah surga burung dengan jumlah spesies yang lebih banyak daripada gabungan spesies burung di Amerika dan Eropa.

Selain Fauna, negara ini juga memiliki varietas anggrek tertinggi di dunia. Lebih dari 1.500 varietas anggrek tumbuh di Thailand yang menjadikannnya sebagai negara  pengekspor anggrek terbesar di dunia.. Alhasil, Thailand menjadikan anggrek sebagai bunga nasionalnya.

5 dari 12 halaman

4. Terdiri dari Banyak Pulau

Pulau Koh Phangan, Thailand
Perbesar
Pulau Koh Phangan, Thailand (unsplash.com/Darren Lawrence)

Thailand diketahui memiliki sebanyak 1.430 pulau. Pulau-pulau indah tersebut mampu menarik ribuan wisatawan ke negara itu setiap tahun.

Bahkan beberapa pulau, seperti Pulau Koh Phi Phi Lee, telah digunakan dalam produksi film-film Hollywood yang membuatnya semakin terkenal. Pulau Koh Phangan merupakan pulau yang paling terkenal di Thailand yang dikenal sebagai Pulau Pesta Thailand.

Ini adalah lokasi pesta bulan purnama Thailand serta pesta bulan hitam.

6 dari 12 halaman

5. Mayoritas Penganut Agama Buddha

Ilustrasi Buddha
Perbesar
Ilustrasi Buddha (unsplash.com/Wade Lambert)

Mayoritas agama yang dianut oleh bangsa Thailand adalah Buddha. Diperkirakan 95% penduduk Thailand mengimani agama Buddha.

Di masa lalu, semua pria di negara itu diharuskan menjadi biksu Buddha untuk jangka waktu terbatas sebelum mereka berusia 20 tahun. Namun, budaya ini telah ditinggalkan sejak lama oleh masyarakat modern Thailand.

Thailand memiliki lebih dari 35.000 kuil Buddha. Selain sebagai tempat peribadahan penting, candi-candi ini adalah tempat wisata yang populer, namun pengunjung kuil Buddha diharapkan berpakaian sopan.

7 dari 12 halaman

6. Prasmanan Bagi Para Monyet

Ilustrasi Monyet
Perbesar
Ilustrasi Monyet (unsplash.com/Shashank Sahay)

Thailand memiliki festival tahunan yang terkenal untuk monyet yang diadakan di sebuah desa di provinsi Lopburi. Perayaan ini adalah acara populer bagi penduduk lokal dan pengunjung internasional yang dilakukan di luar kuil Pra Prang Sam Yot.

Lebih dari 600 monyet akan disajikan dengan prasmanan berisi daging, buah-buahan segar, salad, dan es krim. Penduduk melakukan festival sebagai bentuk ucapan syukur kepada monyet karena telah membawa wisatawan ke daerah tersebut.

8 dari 12 halaman

7. Menganut Sistem Monarki

Resmi Dilantik, Raja Baru Thailand Diarak Keliling Kota Bangkok
Perbesar
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn diarak menggunakan tandu keliling Kota Bangkok, Thailand, Minggu (5/5/2019). Maha Vajiralongkorn resmi menjabat Raja Thailand menggantikan Raja Bhumibol Adulyadej yang meninggal dunia. (AP Photo/Wason Wanichorn)

Sejak awal abad ke-12, Thailand telah menganut sistem pemerintahan kerajaan. Meskipun negara itu telah pindah ke sistem pemerintahan lain mulai abad ke-20, namun Thailand masih mempertahankan monarkinya.

Negara ini mengalami periode politik yang sulit di abad ke-20, di mana bergesernya pemerintahan militer ke aturan sistem parlementer. Terlepas dari pergolakan politik, warga Thailand masih menjunjung tinggi keluarga kerajaan.

Raja memainkan peran sebagai kepala negara dengan sedikit kekuasaan dibandingkan dengan peran perdana menteri negara.

9 dari 12 halaman

8. Bangkok Dikenal Sebagai Venesia dari Timur

ilustrasi Bangkok
Perbesar
ilustrasi Bangkok (unsplash.com/Braden Jarvis)

Bangkok adalah kota terbesar di Thailand yang juga merupakan ibu kotanya. Kota ini dibangun di atas daerah dekat saluran air, di dataran tengah Thailand dekat dengan pesisir pantai.

Alhasil Bangkok memiliki banyak akses yang melewati kota sehingga ia diberi nama  "Venesia dari Timur". Sebagian besar akses saat ini memang telah ditutup untuk mendukung perluasan kota.

Saat ini, kota tersebut mengalami pencemaran lingkungan yang parah akibat pembangunan yang tidak terkendali pesat dalam dua dekade terakhir.

10 dari 12 halaman

9. Jembatannya yang Terkenal

Lintasan KA mengerikan berpemandangan indah (3)
Perbesar
Jembatan di atas sungai Kwai, Thailand. (Sumber Wikimedia Commons)

Jembatan yang melintasi sungai Kwai di Kanchanaburi adalah salah satu jembatan paling terkenal di Thailand. Jembatan ini merupakan bagian dari jalur kereta api Burma-Siam yang  menyediakan jalur transportasi antara Myanmar dan Thailand.

Jembatan merupaka salah satu bangunan megah di daerah tersebut. Namun, diperkirakan sebanyak 80.000 orang tewas selama pembangunan jalur kereta api tersebut.

11 dari 12 halaman

10. Minuman Energi dari Thailand

Minuman Red Bull
Perbesar
Minuman Red Bull (shopee.com)

Red bull merupaka minuman energi terkenal di dunia yang terinspirasi oleh minuman energi yang dibuat di Thailand pada akhir abad ke-20. Namun minuman versi Thailand ini dikenal dengan nama Krating Daeng.

Minuman energi semakin hari semakin dimodifikasi untuk memenuhi pasaran konsumen barat. Red bull dan Krating Daeng telah berbagi banyak fitur termasuk branding.

 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

12 dari 12 halaman

Saksikan Vidio Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓