Sukses

Plankton Bercahaya Biru Hiasi Pesisir Pantai di Irlandia

Postingan di media sosial ramai tentang penampakan plankton bercahaya biru di pesisir pantai Irlandia.

Liputan6.com, County Cork - Plankton bercahaya menerangi ombak di Pantai Fountainstown, tepat di selatan Kota Cork, Irlandia minggu ini.

Fenomena bioluminesensi menggambarkan cahaya yang dipancarkan beberapa makhluk hidup, seperti kunang-kunang, dari sel mereka.

Fotografer Joleen Cronin, dari Crosshaven yang tak jauh dari lokasi, pergi ke pesisir pantai Irlandia itu setelah melihat postingan di media sosial tentang penampakan plankton bercahaya.

"Saya benar-benar terpesona oleh semuanya, itu luar biasa. Ketika Anda memasukkan kaki ke dalam air, seperti ada yang akan meledak di bawah Anda," kata Joleen Cronin seperti dikutip dari BBC, Rabu (19/8/2020).

"Kami naik dayung dan ketika dayung menghantam ombak, seperti disko."

Pengunjung lain juga segera mencari cara untuk melihat sekilas pemandangan indah cahaya biru pada larut malam, setelah membaca posting online yang sama.

"Aku pernah berenang di dalamnya sebelumnya, tapi aku belum pernah melihatnya seperti itu. Saya bertemu dengan beberapa orang lokal di sana, juga saudara laki-laki saya dan istrinya," tutur Joleen.

"Semua orang hanya cekikikan dan tertawa. Ada gunanya juga meninggalkan rumah, meski sudah hampir tengah malam."

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lautan Bercahaya

Daerah di Irlandia ini terkenal dengan laut bercahaya.

"30 tahun yang lalu kami mulai melakukan perjalanan kayak malam hari," kata Jim Kennedy dari Atlantic Sea Kayaking.

"Kami telah mengeluarkan majalah dari seluruh dunia dan foto Jolene ada di sana bersama mereka. Satu-satunya saat saya melihat foto seperti yang diambil minggu ini adalah di National Geographic."

Jim telah berkayak di seluruh dunia, termasuk di Meksiko, tetapi mengatakan bioluminesensi di pantai barat daya sama baiknya.

"Kami memiliki keuntungan yang bagus di sini. Laut kami masih asli dan kami tidak memiliki banyak pengiriman," katanya.

Menurut Ocean Research and Conservation Ireland, bioluminesensi disebabkan oleh dinoflagellata, Mesokariota bersel tunggal, umumnya dikenal sebagai sea sparkle atau Noctiluca scintillans. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.