Sukses

70 Tahun Hubungan Diplomatik, Indonesia-China Saling Bantu Lawan Pandemi COVID-19

Tiongkok dan Indonesia menyambut peringatan 70 tahun terjalinnya hubungan diplomatik kedua negara pada 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Tiongkok dan Indonesia menyambut peringatan 70 tahun terjalinnya hubungan antara kedua negara pada 2020.

Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia membagikan sebuah tayangan video yang menunjukkan berbagai kalangan masyarakat Tiongkok dan Indonesia memberikan ucapan selamat atas peringatan 70 tahun terjalinnya hubungan diplomatik kedua negara.

"Untuk memperingati momen sejarah yang penting ini, berbagai kalangan masyarakat kedua negara mengucapkan selamatnya dengan mengapresiasi prestasi luar biasa dalam pengembangan hubungan kedua negara selama 70 tahun terakhir, dan memuji persahabatan kedua negara beserta rakyatnya yang saling membantu dalam melawan pandemi COVID-19, serta dengan setulusnya berharap hubungan Tiongkok-Indonesia menjadi lebih baik dan berkembang ke tingkat lebih tinggi," demikian pernyataan Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia dalam laman Facebook resminya, Selasa (18/8/2020).

Dalam tayangan video yang dibagikan kedutaan besar negara itu, Lu Shumin, mantan Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia pun juga turut menyampaikan harapan terbaiknya.

"Saya ingin mengucapan selamat hangat dan harapan baik. Saya berharap Indonesia berkembang secara makmur, rakyatnya hidup sehat dan bahagia," ujar Lu Shumin, seraya menambahkan, "Semoga hubungan Tiongkok dan Indonesia lebih baik pada masa mendatang."

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sambutan dari Berbagai Kalangan di Tiongkok dan Indonesia

Adapun sambutan lainnya yang diberikan Suegeng Rahardjo, mantan Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok. Ia berharap agar kedua negara kerja sama dapat terus saling membantu dan saling mendukung, dalam keadaan sulit dimana kedua negara sedang menghadapi pandemi penyebaran Virus Corona.

"Semoga persahabatan yang telah terjalin antara rakyat dan bangsa kedua negara akan terus berkembang dan memberikan kontribusi positif, tidak hanya bagi kedua negara, tetapi juga dalam rangka menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan dan global," tuturnya. 

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam sambutannya menyampaikan, "Mudah-mudahan semakin depan, dengan kerja sama yang lebih baik, lebih saling menghormati akan membawa kedua negara ke dalam hubungan yang lebih produktif dan bersama sama menjadi negara yang besar di masa depan."

Sedangkan sambutan dari mantan Konjen Tiongkok di Medan, Yang Lingzhu menyebutkan satu pepatah di Indonesia, yaitu jauh di mata, dekat di hati. "Semoga hubungan kemitraan strategis komprehensif Tiongkok dan Indonesia berkembang lebih kokoh," ujar Yang Lingzhu. 

Tidak hanya beberapa pejabat lokal dan mantan pejabat diplomatik, seruan 70 tahun hubungan antara kedua negara juga turut disampaikan oleh musisi, seniman, atlit, ahli, kepala komunitas muslim, hingga para atlet juara dunia dari kedua negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.