Sukses

Meriahkan HUT RI ke-75, KJRI Los Angeles Gelar Upacara hingga Lomba Virtual Unik

Dalam menyambut HUT RI ke-75, KJRI Los Angeles menggelar upacara, aubade, dan perlombaan virtual yang diikuti para diaspora Indonesia dari berbagai wilayah di AS.

Liputan6.com, Los Angeles- Meskipun pandemi Virus Corona COVID-19 masih melanda Los Angeles, hal itu tidak mengurangi semangat para masyarakat/diaspora Indonesia untuk memeriahkan perayaan HUT RI ke-75.

Kegiatan upacara HUT RI ke-75 yang digelar oleh KJRI Los Angeles pada 17 Agustus 2020, diikuti oleh masyarakat/Diaspora Indonesia di wilayah kerja KJRI LA melalui platform ZOOM dan Facebook Live.

Selain itu, upacara virtual ini juga dimeriahkan oleh aubade atau paduan suara lagu-lagu kebangsaan.

Dipimpin oleh Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Saud P. Krisnawan, upacara itu diselenggarakan di Auditorium KJRI LA dan diikuti oleh seluruh staf dan Dharma Wanita Persatuan KJRI LA.

Saud P. Krisnawan mengatakan, "Upacara tadi berjalan dengan khidmat dan meriah meskipun virtual. Tentunya, protokol kesehatan menjadi panduan kami dalam penyelenggaraan upacara tadi".

"Upacara tadi mendapat sambutan yang cukup meriah dan masyarakat/diaspora Indonesia yang tersebar di California Selatan, Nevada Selatan, Arizona, Colorado, Hawaii, Utah, American Samoa dan Guam," jelas Dubes Saud.

Selain upacara dan paduan suara, KJRI LA juga menyambut perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75 dengan menggelar rangkaian perlombaan virtual yang terbuka bagi seluruh masyarakat/diaspora Indonesia yang menetap di Wilayah Kerja KJRI Los Angeles.

Acara perlombaan itu pun meliputi lomba menggambar, lomba karya tulis, hingga lomba memasak mie instan yang dibuat serupa dengan tampilan bungkusnya, demikian menurut KJRI Los Angeles dalam rilisnya, Selasa (18/8/2020).

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antuasias Para Diaspora Indonesia

Kegiatan upacara HUT RI ke-75 yang digelar oleh KJRI Los Angeles pun mendapatkan beragam respons yang baik dari para diaspora Indonesia di berbagai wilayah di AS.

Seorang diaspora Indonesia dari Colorado Springs, Anton Pratama mengatakan, "Awesome job and very accommodating, terima kasih kepada seluruh staff KJRI Los Angeles atas penyelenggaraan Upacara Kemerdekaan RI secara virtual".

Tak hanya itu, diaspora Indonesia lainnya yang berdomisili di California Selatan, yaitu Cynthia Inderabudhi dan Jayadharma Sogata juga mengungkapkan, "Walaupun virtual tapi hati ini bergetar dan terharu dengan penyelenggaraan Upacara online".

Ayu Karmini, seorang WNI yang bermukim di Saipan (Northern Mariana Islands), juga menyampaikan antusias dan kebanggaannya untuk ikut serta dalam menyanyikan lagu nasional Indonesia.

"Saya bangga bisa berkontribusi menyanyikan lagu nasional untuk Aubade virtual yang diselenggarakan KJRI LA," ujar Ayu.

"Kontribusi lagu-lagu nasional untuk Aubade virtual membuktikan fisik yang jauh dari Tanah Air tidak memupus rasa kecintaan terhadap Indonesia. Para nelayan Indonesia yang saat ini sedang sandar di Hawaii dengan semangat menyanyikan lagu 'Hari Merdeka'," kata Tantri Adamson, Diaspora Indonesia di Hawaii.

"Tidak disangka walaupun jauh dan Tanah Air tetapi kemeriahan, kekompakan dan semangat kebanggaaan kepada Indonesia tetap kami rasakan," lanjut Tantri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.