Sukses

Kim Jong-un Ucapkan Selamat HUT Kemerdekaan RI ke-75

Pesan Kim Jong-un juga disampaikan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengirimkan pesan ucapan selamat hari ulang tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020.

Pesan Kim Jong-un juga disampaikan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, demikian disebutkan dalam situs resmi Kementerian Luar Negeri Korea Utara mfa.gov.kp pada Selasa (18/8/2020).

Pesan tersebut berbunyi sebagai berikut:

"Atas nama pemerintah dan rakyat Republik Demokratik Rakyat Korea, saya menyampaikan ucapan selamat dan pesan hangat kepada Anda dan kepada pemerintah serta rakyat Indonesia pada kesempatan peringatan 75 tahun kemerdekaan."

"Setelah kemerdekaan, negara Anda telah membuat kemajuan besar dalam mengembangkan ekonomi dan budaya nasional serta membangun masyarakat yang sejahtera di bawah panji kedaulatan, kemerdekaan, dan non-blok yang ditinggikan."

"Kesempatan ini saya gunakan untuk mengutarakan keyakinan saya bahwa tradisi berharga tentang persahabatan dan kerjasama yang sangat baik antara kedua negara akan terus terkonsolidasi dan berkembang sesuai dengan tuntutan era baru."

Selain Kim Jong-un, pemimpin dunia lain yang mengucapkan selamat HUT Kemerdekaan RI ke-75 adalah Presiden China Xi Jinping.

Ia juga berharap agar sejumlah proyek strategis dapat berlanjut. Proyek strategis yang dimaksud adalah Jalur Sutra atau Belt and Road Initiative (BRI). Fokus lainnya adalah dalam penanggulangan Virus Corona COVID-19.

Ungkapan itu dikirimkan Presiden China Xi Jinping dalam surat kepada Presiden Joko Widodo.

"Xi Jinping dalam suratnya menunjukkan, hubungan Tiongkok-Indonesia kini memelihara kecenderungan baik," jelas Indonesian Service, China Radio International via Facebook, Senin (17/8/2020).

"Kedua pihak bersama-sama menanggulangi wabah COVID-19, mendorong pemulihan produksi dan pembangunan bersama Sabuk dan Jalan, menjaga multilateralisme dan situasi umum penanggulangan wabah bersama global, dan telah memberikan kontribusi positif kepada kesehatan dan kesejahteraan rakyat kedua negara serta seluruh dunia," lanjut China Radio International.

Proyek "Sabuk dan Jalan" (One Belt One Road atau OBOR) merupakan proyek andalan China di skala internasional. Untuk memuluskan proyek ini, China menawarkan pinjaman dana ke berbagai negara.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatian Besar China pada Indonesia

Luhut Binsar Pandjaitan merupakan salah satu tokoh kabinet yang menyuarakan dukungan terhadap program ini untuk membangun ekonomi nasional.

Presiden China Xi Jinping disebut menaruh perhatian besar kepada hubungan Indonesia. Pemerintah China berkomitmen untuk mengalahkan COVID-19 bersama Indonesia.

China pun mengajak Indonesia untuk menciptakan situasi baru antar kedua negara agar bisa berkembang bersama.

"Presiden Xi menyatakan bahwa dirinya menaruh perhatian besar kepada hubungan Tiongkok-Indonesia, bersedia berupaya bersama dengan Presiden Joko Widodo untuk secepatnya mengalahkan wabah COVID-19, bersama-sama menciptakan situasi baru pada era baru di mana kedua negara berkembang bersama untuk mencapai kemenangan bersama, serta terus memajukan Kemitraan Strategis Komprehensif antara kedua negara," tulis China Radio International.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.