Pesan dan Harapan Donald Trump untuk Rakyat Indonesia pada HUT Ke-75 Kemerdekaan RI

Oleh Tommy Kurnia pada 17 Agu 2020, 17:35 WIB
Diperbarui 17 Agu 2020, 17:35 WIB
KTT G20-Donald Trump-Jokowi
Perbesar
Presiden AS Donald Trump dan Presiden RI, Joko Widodo berjabat tangan saat bertemu di sela-sela KTT G20 di Hamburg, Jerman, (8/7). Sejumlah pemimpin negara berkumpul dalam KTT G20 pada 7-8 Juli 2017. (AFP Photo/Soul Loeb)

Liputan6.com, Washington, D.C. - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyampaikan pesan kemerdekaan pada HUT ke-75 RI. Trump berharap hubungan antara AS-Indonesia semakin kuat pada level masyarakat hingga investasi. 

"Atas nama Amerika Serikat, ini dengan rasa gembira yang besar saya mengucapkan selamat ke Anda dan rakyat Indonesia pada hari kemerdekaan ke-75 bangsa Anda pada 17 Agustus," ucap Presiden Trump dalam pesan yang disampaikan kepada Presiden Joko Widodo, yang diterima Liputan6.com, Senin (17/8/2020).

"Kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia berakar dari nilai-nilai bersama, koneksi antarmasyarakat yang mendalam, dan hubungan perdagangan dan investasi," lanjut Donald Trump

Presiden Trump turut membahas peran Amerika Serikat dan Indonesia dalam memajukan perdamaian dunia sebagai sesama negara demokrasi. Selain itu, Donald Trump menyebut kerja sama antara kedua negara bisa meraih hal positif di wilayah Indo-Pasifik. 

"Sebagai sesama negara demokrasi, kita berbagi sebuah komitmen untuk memajukan perdamaian dan kemakmuran global. Dengan bekerja bersama untuk memajukan kepentingan mutual berdasarkan nilai-nilai demokrasi yang dianut bersama, saya percaya bahwa kita bisa meraih daerah Indo-Pasifik yang benar-benar bebas dan terbuka," kata Donald Trump. 

Pandemi Virus Corona COVID-19 yang sedang melanda dunia dipandang sebagai kesempatan untuk memperkuat relasi antar kedua negara. Amerika Serikat juga telah menyumbangkan ventilator kepada Indonesia.

"Selama masa-masa menantang ini, usaha gabungan kita untuk memitigasi dampak COVID-19 hanya akan memperdalam kemitraan kita," kata Donald Trump.

"Selamat kepada Anda dan semua rakyat Indonesia pada hari nasional dan harapan terbaik untuk kesuksesan sebagaimana Anda merayakan perayaan spesial ini," tutupnya.

2 dari 3 halaman

HUT ke-75 RI, Jokowi: Berjarak Fisik tapi Tetap Bersatu Hati

Presiden Jokowi Saat Pimpin Upacara di Istana Merdeka
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 1945 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2020). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka digelar secara sederhana mengingat situasi pandemi Covid-19. Meski begitu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan hal itu tidak boleh mengurangi makna peringatan HUT RI.

"Berjarak fisik tapi tetap bersatu hati," tulis Jokowi di akun twitternya @jokowi, Senin (17/8/2020). 

Dalam unggahannya itu, Jokowi mengungkapkan makna kemerdekaan dalam peringatan HUT ke-75 RI. Dia menyampaikan bahwa kemerdekaan yang didapat Indonesia saat ini merupakan hasil perjuangan dari para pejuang.

"Kita menikmati arti kemerdekaan, karena kita meraihnya dengan perjuangan. Kita tahu arti kemajuan karena kita menapakinya melalui ujian dan tantangan," ujarnya.

Jokowi mengakui bahwa bangsa Indonesia saat ini tengah dihadapkan pada rintangan pandemi Covid-19. Namun, dia meyakini dengan semangat yang tetap membara maka rintangan itu dapat diatasi.

"Sebagai bangsa yang lahir dari perjuangan, kita percaya: di setiap kesulitan, selalu ada jalan keluar dan kemudahan," kata Jokowi.

Seperti diketahui, upacara HUT ke-75 RI di Istana digelar secara sederhana, khidmat dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Pihak Istana tidak mengundang masyarakat hadir langsung menyaksikan Detik-Detik Pengibaran Bendera Pusaka.

Masyarakat umum hanya diajak untuk mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI secara virtual. Ada 17.845 kuota yang disediakan untuk menghadiri upacara HUT ke-75 RI di Istana secara daring.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓