Sukses

Selain Indonesia dan Gabon, 13 Negara Ini Punya Tanggal Hari Kemerdekaan yang Sama

Hari Kemerdekaan Indonesia dan Gabon sama-sama pada 17 Agustus. Negara mana lagi yang punya tanggal Hari Kemerdekaan yang sama?

Liputan6.com, Jakarta - Tiap 17 Agustus, Republik Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan. Pada 2020 ini, Kemerdekaan Republik Indonesia genap berusia 75 tahun.

Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Indonesia terasa berbeda karena ada pandemi Virus Corona COVID-19. 

Penerapan teknologi pun dimaksimalkan dengan menggelar perayaan secara virtual di berbagai platform. Para tokoh-tokoh negara pun banyak yang mengikuti upacara kemerdekaan secara virtual. 

Selain Indonesia, negara Gabon turut merayakan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus. Indonesia dan Gabon sama-sama merdeka pada 17 Agustus, meski tahunnya berbeda. 

Bila diperhatikan, ternyata ada cukup banyak negara yang memiliki Hari Kemerdekaan yang sama di berbagai penjuru dunia. 

Penasaran? Berikut daftar negara yang memiliki tanggal Hari Kemerdekaan yang sama seperti dirangkum dari berbagai sumber:

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Burundi dan Kanada

Hari kemerdekaan: 1 Juli

Kanada sampai hari ini sebetulnya masih berada di bawah Kerajaan Inggris. Namun, tiap 1 Juli Kanada merayakan Canada Day untuk memperingati persatuan tiga koloni: Koloni Kanada, Koloni Nova Scotia, dan Koloni New Brunswick pada 1867.

Burundi merayakan kemerdekaan dari Belgia pada 1 Juli 1962. Awalnya, Burgundi merupakan kerajaan, namun berubah menjadi republik.

3 dari 8 halaman

2. India dan Korea Selatan

Tanggal: 15 Agustus 

India merdeka dari Inggris pada 15 Agustus 1947. Sebelumnya, India dikuasai oleh Kekaisaran Inggris. 

Ratu Victoria mendapat gelar Empress of India. Gelar kaisar terus digunakan di Inggris hingga akhirnya dihapus di masa Raja George VI. 

Korea Selatan merayakan hari kemerdekaan yang disebut Gwangbokjeol atau juga dikenal sebagai Hari Liberasi Korea setelah berhasil merdeka dari jajahan Jepang. 

 

4 dari 8 halaman

3. Indonesia dan Gabon

Tanggal: 17 Agustus 

Indonesia meraih kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 setelah berjuang panjang melawan penjajah asing. 

15 tahun kemudian, Gabon ikut meraih kemerdekaan pada tanggal yang sama. Gabon dulunya adalah satu dari empat koloni Prancis di bawah Afrique-Équatoriale française (AEF). 

Pada 1960, Prancis sepakat agar Gabon bisa menjadi negara merdeka.

5 dari 8 halaman

4. Kirgizstan dan Malaysia

Tanggal: 31 Agustus 

13 tahun setelah Indonesia merdeka, negeri jiran Malaysia ikut meraih kemerdekaannya. Tunku Abdul Rahman menjadi sosok yang mengumumkan kemerdekaan Malaysia dari Inggris. 

Malaysia merayakan Hari Kebangsaan dengan tema berbeda tiap tahun. Untuk 2020, temanya adalah Malaysia Prihatin karena pandemi COVID-19. 

Kirgizstan juga merayakan hari kemerdekaan pada 31 Agustus 1991. Negara di Asia Tengah itu meraih kemerdekaan setelah Uni Soviet runtuh.

6 dari 8 halaman

5. Armenia dan Malta

Tanggal: 21 September 

Malta merdeka dari Inggris pada 21 September 1964. Biasanya warga Malta merayakannya dengan festival. 

Armenia dulunya merupakan bagian dari Uni Soviet. Sebelum Uni Soviet runtuh, Armenia sudah melakukan referendum pada 21 September 1991 yang kemudian menjadi hari kemerdekaan negara itu.

7 dari 8 halaman

6. China, Nigeria, dan Siprus

Tanggal: 1 Oktober 

Tiap 1 Oktober, Republik Rakyat China memperingati hari ketika Mao Zedong resmi membentuk China. Rakyat China merayakan Hari Nasional ini dengan berbagai festival. 

Nigeria merdeka pada 1 Oktober 1960 dari kekuasaan Inggris. Pada hari yang sama, Siprus juga meraih kedaulatan dari Inggris.

8 dari 8 halaman

7. Oman dan Latvia

Tanggal: 18 November

Oman meraih kemerdekaan dari Kerajaan Portugal pada 1650. Oman bekerja sama dengan perusahaan Hindia Timur Inggris untuk mengusir Portugal. 

Sementara, Latvia meraih kemerdekaan pada 1918 lewat proklamasi yang dilakukan Dewan Rakyat Latvia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.