Ucapkan Selamat HUT Ke-75 Kemerdekaan RI, Dubes Tiongkok Nyanyi Bengawan Solo

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 17 Agu 2020, 11:34 WIB
Diperbarui 17 Agu 2020, 11:51 WIB
Pemerintah Indonesia Dorong Wisman Tiongkok Berkunjung ke Bali dan 10 Bali Baru
Perbesar
Presiden Jokowi dan Presiden RRT Xi Jinping menggelar pertemuan untuk membahas sektor perdagangan, investasi, ekonomi digital dan pariwisata Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, H.E. Xiao Qian, menyampaikan ucapan selamat kepada pemerintah dan rakyat Indonesia yang merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Pada kesempatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia, saya atas nama semua kolega Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia, mengucapkan selamat paling hangat kepada pemerintah dan rakyat Indonesia, dan menyampaikan harapan terbaik kepada semua teman Indonesia yang mendukung pengembangan hubungan Tiongkok dan Indonesia," kata Dubes Xiao Qian, dalam video yang dibagikan dalam laman Facebook resmi Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia, dikutip Senin (17/8/2020).

Selanjutnya, Dubes Xiao Qian menekankan bahwa Indonesia memiliki sejarah lama dan peradaban cerah. Ia pun juga menyebutkan, bahwa Rakyat Indonesia sangat rajin dan cerdas.

"Dalam beberapa tahun terakhir, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, rakyat Indonesia telah mencapai keberhasilan luar biasa bahwa ekonominya berkembang, masyarakatnya stabil dan negaranya semakin kuat," tutur Dubes Xiao Qian.

Dalam pernyataannya yang disampaikan dalam bahasa Indonesia, Dubes Xiao Qian juga menyampaikan pepatah tentang persahabatan bersejarah antara Tiongkok dan Indonesia.

"Persahabatan Tiongkok dan Indonesia bersejarah lama, kedua negara adalah tetangga baik, sahabat baik dan mitra baik. Ada sebuah pepatah di Indonesia, "Jauh di mata, dekat di hati," ujar Dubes Xiao Qian.

Tak hanya itu, Dubes Xiao Qian juga mengatakan, bahwa dalam menghadapi pandemi COVID-19, kedua negara selalu bergotong-royong dan saling membantu, yang sepenuhnya mencerminkan persahabatan mendalam antara kedua negara beserta rakyatnya.

"Tahun ini menandai peringatan 70 tahun terjalinnya hubungan diplomatik Tiongkok dan Indonesia," lanjut Dubes Xiao Qian.

Kendati demikian, Dubes Xiao Qian menyampaikan, dengan berdiri di atas titik awal sejarah baru, Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Indonesia untuk terus mendorong hubungan kemitraan strategis komprehensif Tiongkok-Indonesia ke tingkat lebih tinggi dan menciptakan lebih banyak kesejahteraan bagi rakyat kedua negara.

Di akhir pernyataannya, Dubes Xiao Qian menyatakan harapan agar "Semoga Indonesia semakin maju dan makmur, semoga rakyat Indonesia hidup sehat dan bahagia. Semoga Persahabatan Tiongkok dan Indonesia akan kekal abadi selamanya."

2 dari 3 halaman

Nyanyikan Lagu Bengawan Solo

Duta Besar Tiongkok Xiao Qian bersama sejumlah diplomat Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia lainnya menyambut HUT RI ke-75 tahun dengan menyanyikan lagu Begawan Solo. (Video credit by: Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia)
Perbesar
Duta Besar Tiongkok Xiao Qian bersama sejumlah diplomat Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia lainnya menyambut HUT RI ke-75 tahun dengan menyanyikan lagu Begawan Solo. (Video credit by: Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia)

Tidak hanya menyampaikan ucapan selamatnya, Dubes Xiao Qian, juga menyanyikan lagu tradisional Indonesia "Bengawan Solo" dalam bahasa Indonesia.

Video musik yang menampilkan Dubes Xiao Qian, bersama sebagian diplomat lainnya di Kedutaan Besar Tiongkok menyanyikan Bengawan Solo itu dibuat untuk menyampaikan harapan atas dirgahayu RI serta kebahagiaan dan kesehatan rakyatnya.

"Bengawan Solo adalah lagu tradisional Indonesia yang sangat akrab di telinga masyarakat Tiongkok dan Indonesia," kata Kedutaan Besar Tiongkok, dalam laman Facebook resmi mereka.

Selanjutnya, Kedutaan Besar Tiongkok menyatakan, "Duta Besar Xiao beserta sebagian diplomat kedutaan menyanyikan lagu ini untuk mengucapkan selamat atas peringatan HUT Ke-75 RI, dan juga bertujuan untuk menyampaikan apresiasinya atas keberanian dan ketekunan rakyat Tiongkok dan Indonesia yang bergotong-royong dalam melawan pandemi COVID-19, dan memanjatkan doa yang tulus ikhlas bagi Indonesia untuk mengalahkan pandemi dengan sesegera mungkin".

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓