Sukses

Donald Trump Ciptakan Kesepakatan Diplomatik Israel-UEA, Modal Kuat Menang Pilpres AS?

Persaingan antara Trump dan Biden memanas menjelang pemilihan. Keduanya semakin menegaskan bahwa pihak lain berniat untuk menipu jalan mereka menuju kemenangan.

Liputan6.com, Washington, D.C - Presiden Donald Trump pada Kamis, 13 Agustus 2020 berhasil membentuk diplomasi AS di Timur Tengah menjelang pemilihan presiden pada 3 November dengan membantu menengahi kesepakatan antara sekutu Amerika, Israel dan Uni Emirat Arab.

Monarki di Teluk Arab dan Israel menyetujui normalisasi hubungan diplomatik. Israel juga mengatakan akan menangguhkan wilayah pencaplokan Tepi Barat yang diduduki seperti yang telah direncanakan.

Segera setelah dia menandatangani perjanjian melalui telepon dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, salah satu pendukung terkuatnya, dan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed, Donald Trump menyebutnya ini sebagai "terobosan Besar" di Twitter dan mengatakan kepada wartawan kesepakatan serupa di Timur Tengah lainnya sedang dikerjakan.

"Semua orang mengatakan ini tidak mungkin," kata Trump, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (14/8/2020).

"Setelah 49 tahun," tambah Trump, "Israel dan Uni Emirat Arab akan sepenuhnya menormalkan kembali hubungan diplomatik mereka. Mereka akan bertukar kedutaan dan duta besar, dan memulai kerja sama di seluruh dewan dan di berbagai bidang, termasuk pariwisata, pendidikan, perawatan kesehatan, perdagangan dan keamanan."

Kesempatan untuk berperan sebagai negarawan global sangat menarik bagi Trump, yang dalam waktu dekat akan seakan-akan mendapat jajak pendapat baik dari publik menjelang pertempuran melawan penantang dari Demokrat, yaitu Joe Biden.

Biden mengatakan dia "bersyukur" dengan pengumuman kesepakatan tersebut.

Dia mengatakan dia secara pribadi menghabiskan waktu dengan para pemimpin Israel dan UEA sebagai wakil presiden di bawah Barack Obama membangun kasus untuk kerja sama dan keterlibatan yang lebih luas.

"Ini adalah pengingat tepat waktu bahwa permusuhan dan perbedaan -- bahkan yang sudah berlangsung lama -- tidak selamanya jadi batu, dan peran diplomasi Amerika dapat dimainkan," tambah Biden.

Persaingan antara Trump dan Biden memanas menjelang pemilihan. Keduanya semakin menegaskan bahwa pihak lain berniat untuk menipu jalan mereka menuju kemenangan.

Biden, yang memimpin Trump dalam sebagian besar jajak pendapat nasional, awal pekan ini mengatakan kekhawatiran terbesarnya adalah bahwa Trump akan mencoba untuk "berbuat curang" dalam pemilihan, meskipun mantan wakil presiden itu tidak merinci bagaimana menurutnya Trump mungkin menipu.

Biden mengatakan dia yakin tentara akan mengawal Trump dari Gedung Putih jika dia kalah dan tidak mengakui hasilnya.

Komentar Trump kepada Fox News menyarankan dia bisa menerima hasil pemilihan tetapi presiden tidak secara khusus mengatakannya. Juru bicara kampanye Trump, Tim Murtaugh, mengatakan Trump akan menerima hasilnya.

Donald Trump telah menuduh Demokrat bertujuan menggunakan peningkatan dalam pemilihan melalui surat sebagai tempat untuk mencurangi pemilihan, sementara Biden telah berjanji untuk mengerahkan pengacara ke tempat pemungutan suara di seluruh negeri untuk mencari upaya Republik untuk menekan suara.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Pemilu Berpotensi Kacau

Para pakar dan para penyelenggara pemilu bersiap untuk malam pemilihan yang berpotensi kacau.

Sebuah lonjakan dalam pemungutan suara melalui surat diperkirakan akan terjadi karena kekhawatiran akan pandemi Virus Corona baru, dan para ahli memperingatkan bahwa proses tersebut dapat dirusak oleh kekacauan yang sudah terlihat dalam pemilihan yang diadakan di negara-negara selama wabah virus.

Surat suara dalam jumlah besar yang tidak dikirimkan tepat waktu untuk dilemparkan atau dihitung dapat menimbulkan tantangan hukum atas hasil pemilu.

Menghitung surat suara juga membutuhkan waktu lebih lama karena identitas pemilih pertama-tama harus divalidasi, meningkatkan prospek bahwa hasil pemilu tidak akan diketahui dengan baik setelah Hari Pemilihan, kata para ahli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.