Sukses

16-8-2003: Diktator Tiran Uganda, Idi Amin Tutup Usia dalam Eksil di Arab Saudi

Mantan diktator Uganda yang terkenal kejam, Idi Amin, meninggal dalam pengasingan di Arab Saudi pada 16 Agustus 2003.

Liputan6.com, Riyadh - Mantan diktator Uganda yang terkenal kejam, Idi Amin, meninggal dalam pengasingan di Arab Saudi pada 16 Agustus 2003.

Ia mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Spesialis King Faisal di kota Jeddah. Seorang juru bicara rumah sakit mengatakan dia meninggal karena kegagalan banyak organ, demikian seperti dikutip dari BBC On This Day, (16/8/2020).

Ada beberapa perselisihan mengenai usianya yang sebenarnya, tetapi sebagian besar sumber mengatakan dia berusia 80 tahun.

Idi Amin memimpin salah satu kediktatoran paling berdarah dalam sejarah Uganda dan Afrika.

Dia memerintah Uganda dari tahun 1971 hingga 1979, ketika dia dipaksa turun dari kekuasaan oleh pasukan Tanzania dan orang buangan di Uganda.

Hingga 400.000 orang diyakini telah terbunuh di bawah pemerintahannya. Lebih banyak lagi yang dipenjara dan disiksa.

Idi Amin dimakamkan di Arab Saudi, bertentangan dengan keinginan keluarganya yang menginginkan jenazahnya dikembalikan ke Uganda.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kudeta Militer Idi Amin

Putra dari seorang dukun lokal, Amin adalah seorang juara tinju kelas berat dan bertugas sebagai perwira di tentara kolonial Inggris.

Ia menjadi kepala angkatan darat dan angkatan laut di bawah Presiden Milton Obote pada tahun 1966.

Tapi lima tahun kemudian, dia merebut kekuasaan dalam kudeta berdarah sementara Obote berada di luar negeri dan menyatakan dirinya sebagai presiden seumur hidup.

Dalam delapan tahun pemerintahannya, dia dikenal karena perilakunya yang aneh dan brutal.

Dia menata dirinya sebagai "Penakluk Kerajaan Inggris", menggunakan huruf CBE setelah namanya, dan menganugerahi dirinya sendiri Victoria Cross dan Military Cross.

Dia juga memperistri lima perempuan, menjadi ayah dari puluhan anak, dan bersikeras dipanggil "Big Daddy".

3 dari 3 halaman

Dugaan Kanibalisme

Semasa berkuasa, Idi Amin membunuh ratusan ribu lawan selama pemerintahannya.

Laporan persisten mengatakan dia melemparkan mayat ke buaya dan mengadakan "pembicaraan" dengan kepala korbannya yang dipenggal dan disimpan di lemari es untuk tujuan tersebut. Ia juga dituduh kanibalisme.

Kelompok hak asasi manusia dan pemerintah Uganda telah menyatakan kekecewaannya karena dia tidak pernah diadili atas tuduhan kejahatannya.

Pada tahun 1972, Idi Amin mengusir seluruh penduduk Asia di Uganda, menyalahkan mereka karena mengendalikan ekonomi untuk tujuan mereka sendiri. Sebagian besar berhasil diselesaikan kembali di Inggris.

Di bawah pemerintahan Amin, Uganda terjerumus ke dalam kekacauan ekonomi sebagai akibat dari pengusiran, salah urus dan korupsi yang merajalela.

Amin juga berulang kali mengirim pasukan untuk menyerang negara tetangganya, Tanzania, dan pada 1979 pasukan Tanzania dan orang buangan di Uganda melakukan serangan balasan, mengirim Amin ke pengasingan.

Dia digantikan di Uganda oleh orang yang dia gulingkan - Milton Obote.

Amin melarikan diri ke Libya, lalu Irak, sebelum akhirnya menetap di Arab Saudi. Dia tidak pernah kembali ke Uganda lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.