Sukses

Ironi Warga Desa India, Abaikan Aturan Pembatasan Saat Kasus COVID-19 Melonjak

Lebih dari 2,3 juta orang telah terinfeksi Virus Corona COVID-19 di India, jumlah tertinggi ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Brasil, dan lebih dari 46.000 telah meninggal.

Liputan6.com, New Delhi - Harmahan Deka tidak lagi memakai masker untuk menghindari penyebaran Corona COVID-19 dan juga tidak berusaha menjaga jarak aman dari orang lain.

"Virus tidak bisa menyerang saya, sudah melemah," kata penderita diabetes berusia 50 tahun yang tinggal di sebuah desa di India, seperti dikutip dari laman Channel News Asia.

"Saya sering nongkrong di toko kelontong lingkungan yang sibuk tanpa masker, tidak ada apa-apa. Baik pemilik toko dan saya baik-baik saja. Mungkin kami sudah mengalaminya tanpa gejala."

Di dua kota kecil dan desa yang dikunjungi wartawan Reuters dalam beberapa pekan terakhir, sebagian besar orang telah menyerah pada jarak sosial dan penggunaan masker setelah berbulan-bulan berpegang pada aturan, dan percaya bahwa virus bukanlah ancaman serius.

Perubahan perilaku di pedesaan India -- di mana dua pertiga dari 1,3 miliar penduduknya tinggal, seringkali hanya dengan fasilitas kesehatan paling dasar -- telah terjadi ketika infeksi di pedesaan melonjak.

Pejabat Kesehatan Jengkel

"Kadang-kadang orang menganggapnya terlalu ringan, seolah-olah tidak akan terjadi apa-apa pada mereka hanya karena mereka menghirup udara segar dan makan sayuran segar," kata Rajni Kant, anggota tim respon cepat dari Dewan Riset Medis India yang dikelola negara.

"Infrastruktur kesehatan buruk di daerah pedesaan, itulah mengapa mereka harus mengikuti dengan ketat norma jarak sosial, memakai masker, menghindari daerah padat dan terus mencuci tangan. Jika tidak, mereka akan tertular."

Tetapi bagi banyak penduduk desa, tampak kenyataannya belum begitu nyata karena mereka belum melihat virus itu membunuh siapa pun yang mereka kenal.

Deka di Assam, India misalnya, mengatakan dia belum pernah mendengar tentang kematian atau bahkan infeksi. Dia mengatakan itu membuatnya yakin bahwa semacam kekebalan kawanan telah tercapai.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Corona COVID-19 di India

Lebih dari 2,3 juta orang telah terinfeksi Virus Corona di India, jumlah tertinggi ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Brasil, dan lebih dari 46.000 telah meninggal.

Pemerintah federal mengatakan masker adalah wajib di tempat umum, tetapi tidak dapat menegakkan pesan itu karena urusan kesehatan dikelola oleh otoritas negara bagian. Beberapa negara bagian telah memberlakukan denda karena tidak memakai masker tetapi masih banyak orang yang tidak peduli.

Kant dari ICMR mengatakan orang-orang di daerah perkotaan lebih baik dalam berpegang pada aturan karena mereka umumnya "lebih berpendidikan dan sadar".

"Kami tidak akan keluar dan tidak mengizinkan siapa pun masuk ke desa kami, itulah mengapa kami tidak memakai topeng," kata Rohit Kumar (22) yang menggendong balita di pasar yang ramai di desa Jhakara di negara bagian Uttar Pradesh.

"Tetapi jika Virus Corona harus menginfeksi, itu akan terjadi, bahkan jika kita memakai masker."

Pada saat yang sama terdapat persepsi di antara beberapa administrator bahwa daerah perkotaanlah yang paling berisiko karena kepadatan penduduk.

Meskipun orang tidak tinggal begitu dekat di daerah pedesaan, seringkali ada rasa kebersamaan yang lebih kuat yang dapat menarik orang untuk berhubungan.

Kasus Virus Corona COVID-19 di distrik itu naik tiga kali lipat pada Juli dari bulan sebelumnya, sementara kematian lebih dari dua kali lipat. Namun penduduk desa mengatakan tidak ada yang meninggal akibat virus di Bukalapakkam.

Ditanya tentang masker, seorang warga menarik salah satu dari sakunya tetapi mengatakan dia tidak pernah memakainya.

"Sebab masker ini buat saya sulit bernapas," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.