Sukses

Mau Lihat Puncak Hujan Meteor Perseid 12-13 Agustus 2020 dari Rumah? Cek di Sini

Berikut ini empat situs online yang dapat digunakan untuk menyaksikan puncak hujan Meteor Perseid dari rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan meteor Perseid tahunan, salah satu pertunjukan "bintang jatuh" terbaik akan memuncak mulai 11-12 Agustus 2020 waktu EDT atau 12 hingga 13 Agustus waktu Indonesia. Para pengamat langit dapat melihat ke cakrawala yang cerah dan gelap untuk menyaksikan sekitar 60 meteor per jam.

Sejumlah media menyebutnya mencapai 70 meteor per jam.

Tetapi jika cuaca buruk dan cahaya lampu kota merusak pandangan Anda, masih ada cara lain untuk menikmati hujan Meteor Perseid dari rumah. Hal itu berkat empat siaran web langsung dan gratis.

Dikutip dari Space.com, Rabu (12/8/2020), berikut ini empat situs online yang dapat digunakan untuk menyaksikan puncak hujan Meteor Perseid dari rumah: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Situs Virtual Telescope Project

Virtual Telescope Project akan menyelenggarakan acara menonton Perseid langsung pada Selasa 11 Agustus mulai pukul 18.00 sore EDT atau Rabu 12 Agustus pukul 05.00 WIB.

Proyek ini menyediakan tampilan online melalui sejumlah teleskop robotik, yang dikoordinasikan oleh Bellatrix Astronomical Observatory di Italia dan dikelola oleh astronom Gianluca Masi.

Virtual Telescope Project akan menyelenggarakan siaran langsungnya di situs webnya dan di YouTube.

 

3 dari 5 halaman

2. Situs NASA Marshall

NASA juga akan menyiarkan langsung hujan Meteor Perseid.

Pusat Penerbangan Luar Angkasa Marshall NASA di Huntsville, Alabama akan memulai streaming gratis hujan Meteor Perseid di Facebook Live dan di NASA TV, pada 11 Agustus pukul 21.00 EDT atau 12 Agustus pukul 08.00 WIB.

 

4 dari 5 halaman

3. Situs Lowell Observatory

Lowell Observatory di Arizona menyelenggarakan siaran langsung interaktif gratis untuk menyaksikan hujan Meteor Perseid. Dimulai pada 12 Agustus pukul 12.00 EDT atau pukul 11.00 WIB.

Astronom observatorium Nick Moskovitz dan asisten peneliti Megan Gialluca akan menjadi pembawa acara siaran langsung tersebut, menggunakan kamera All-Sky di Lowell Discovery Telescope observatorium untuk melihat meteor saat mereka membahas sejarah dan sains di balik Perseid.

Lihat siaran langsung Observatorium Lowell di bawah ini.

 

5 dari 5 halaman

4. Situs Slooh

Selama pesta publik gratis spesial pada 12 Agustus mulai pukul 19.00 EDT atau 13 Agustus pukul 06.00 WIB, platform pembelajaran astronomi online Slooh kan menyiarkan langsung hujan Meteor Perseid menggunakan kamera video khusus cahaya rendah.

Penayangan bersumber dari Institute of Astrophysics of the Canary Islands dan Sharjah Academy for Astronomy di Uni Emirat Arab, di antara sejumlah institusi yang terlibat.

Siaran langsung Slooh akan tersedia langsung di sini di Space.com, atas izin Slooh, di saluran Facebook, Twitter dan Youtube Slooh, atau di situs web Slooh jika Anda adalah anggota.

Anggota Slooh juga dapat mengajukan pertanyaan ke pakar Slooh secara langsung melalui Zoom selama siaran.

"Perseid biasanya merupakan hujan meteor paling populer tahun ini. Anggota Slooh berkumpul bersama dari seluruh dunia untuk menyaksikan siaran langsung dengan kagum dan heran saat pecahan Komet 109P / Swift-Tuttle menguap secara spektakuler ketika memasuki atmosfer Bumi dalam perjalanan di menakjubkan 133.200 mph (60 kilometer per detik)! " kata Astronom Slooh Paul Cox.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini