Sukses

Tensi AS - China, Donald Trump Jatuhkan Sanksi kepada Pemimpin Hong Kong

Pihak AS telah memasukkan nama Carrie Lam dan sejumlah pejabat lainnya.

Liputan6.com, DC - Amerika Serikat telah menjatuhkan sanksi kepada Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam dan delapan pejabat tinggi lainnya atas apa yang dikatakan Washington sebagai peran mereka dalam membatasi kebebasan politik di wilayah tersebut.

Mengutip laman Channel News Asia, Sabtu (8/8/2020), sanksi itu dijatuhkan di bawah perintah eksekutif yang ditandatangani Presiden Donald Trump bulan lalu untuk menghukum China karena tindakannya melawan perbedaan pendapat di Hong Kong.

Tak hanya itu, keputusan ini juga merupakan tindakan dramatis terbaru oleh pemerintahan Trump terhadap Beijing menjelang pencalonannya kembali pada November.

Selain Lam, sanksi tersebut juga menargetkan komisaris Polisi Hong Kong Chris Tang dan pendahulunya Stephen Lo; John Lee Ka-chiu, sekretaris keamanan Hong Kong, dan Teresa Cheng, sekretaris kehakiman.

Di antara enam pejabat lain yang menjadi sasaran adalah Luo Huining, pejabat tinggi China daratan di Hong Kong, dan Xia Baolong, direktur Kantor Urusan Hong Kong dan Makau di Beijing.

Departemen Keuangan mengatakan pemberlakuan undang-undang keamanan nasional yang "kejam" oleh Beijing telah merusak otonomi Hong Kong dan menetapkan "dasar untuk penyensoran terhadap setiap individu atau media yang dianggap tidak bersahabat dengan China."

"Carrie Lam adalah kepala eksekutif yang secara langsung bertanggung jawab untuk melaksanakan kebijakan Beijing tentang penindasan kebebasan dan proses demokrasi," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketegangan AS-China

Dalam pernyataan terpisah, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan langkah tersebut "mengirimkan pesan yang jelas bahwa tindakan otoritas Hong Kong tidak dapat diterima" dan bertentangan dengan komitmen "satu negara, dua sistem" China.

"Kami tidak akan menunggu, sementara rakyat Hong Kong menderita penindasan brutal di tangan Partai Komunis China atau pendukungnya," tambahnya dalam sebuah tweet.

"Amerika Serikat mendukung rakyat Hong Kong," kata Pompeo.

Undang-undang keamanan telah diberlakukan pada akhir Juni, menyusul protes besar tahun lalu.

Sejak itu, pihak berwenang telah menunda pemilihan, dengan alasan pandemi virus corona, dan, menurut Beijing, mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk enam aktivis yang diasingkan.

Sanksi tersebut membekukan aset pejabat AS mana pun dan umumnya melarang orang Amerika berbisnis dengan mereka.

Ketegangan AS-China telah meningkat setiap hari dan hubungan telah memburuk menjadi apa yang menurut para analis sebagai level terburuk mereka dalam beberapa dekade.

Kementerian luar negeri China mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya dengan tegas menentang perintah eksekutif yang diumumkan Trump minggu ini untuk melarang transaksi AS dengan pemilik China dari aplikasi WeChat dan TikTok.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Trump Terkait UU Keamanan Hong Kong

Trump menanggapi undang-undang keamanan nasional baru Beijing untuk Hong Kong dengan memerintahkan diakhirinya status istimewa yang dinikmati bekas koloni Inggris di bawah hukum AS dibandingkan dengan daratan, mendorong Beijing untuk menuduh Washington atas "logika gangster dan perilaku penindasan."

Sebuah sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan bahwa pertimbangan AS tentang sanksi semakin meningkat setelah Lam menunda pemilihan 6 September untuk legislatif Hong Kong setahun karena meningkatnya kasus virus corona, hingga memberikan pukulan kepada oposisi pro-demokrasi yang berharap menjadi besar. keuntungan.

Peter Harrell, mantan pejabat AS dan pakar sanksi di Center for a New American Security, mengatakan tindakan terbaru yang diambil melalui perintah eksekutif Trump pada TikTok dan WeChat serta sanksi atas dugaan pelanggaran China terhadap Muslim, menunjukkan "peningkatan dramatis dalam kebijakan AS. menuju China. "

Langkah Hong Kong dapat menyebabkan kecemasan di antara bank, kata Harrell, ketika mereka mencoba untuk menentukan transaksi apa yang akan diizinkan di bawah sanksi tersebut, meskipun tindakan tersebut tampaknya tidak menghalangi kesepakatan dengan pemerintah Hong Kong.

"Mengingat banyaknya orang di sini ... bank harus mencari tahu apa sebenarnya toleransi risiko mereka untuk transaksi dengan pemerintah, bagaimana mereka bisa yakin bahwa beberapa transaksi yang mereka lakukan entah bagaimana tidak dilarang karena di Carrie Permintaan Lam, "katanya.

Pada hari Rabu, Trump mengatakan bursa saham AS kemungkinan akan mengambil lebih banyak bisnis setelah dia mengakhiri status khusus Hong Kong. 

"Hong Kong tidak akan menjadi pertukaran yang sukses lagi ... kami akan menghasilkan lebih banyak uang sekarang," katanya.

Tindakan AS terbaru mengikuti pertempuran yang berlarut-larut atas Huawei, jaringan China dan raksasa ponsel pintar yang dituduh oleh pemerintahan Trump sebagai alat untuk spionase.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.