Sukses

Ternyata Ini Penyebab Anjing Takut Petir, Sekaligus Cara Mengatasinya

Anjing biasanya akan merasa takut dan resah ketika terjadi hujan besar bahkan petir. Begini cara menyiasatinya.

Liputan6.com, Jakarta - Suara petir yang memekakkan telinga bisa menjadi sedikit menakutkan, bahkan untuk manusia dewasa yang tahu itu tidak berbahaya. Hal yang sama rupanya dirasakan oleh hewan peliharaan seperti anjing.

Tetapi, apa alasan sebenarnya badai petir menjadi begitu menakutkan bagi mereka?

Mengutip Mental Floss, Jumat (7/8/2020), banyak anjing  merasa tertekan oleh suara keras yang tidak terduga. Hal ini lantaran suara keras merupakan suatu kondisi yang dikenal sebagai penghindaran kebisingan, atau fobia kebisingan dalam kasus yang lebih parah — dan petir yang berbunyi secara tiba-tiba termasuk dalam kategori itu. 

Seperti yang dijelaskan National Geographic, anjing tidak hanya dapat dengan mudah melihat saat langit menjadi gelap dan merasakan saat angin bertiup, tetapi mereka juga dapat merasakan pergeseran tekanan udara yang terjadi sebelum badai. 

Listrik statis juga bisa menambah kecemasan ini, terutama untuk anjing dengan bulu panjang atau tebal. 

Ahli perilaku hewan dari Tufts University, Nicholas Dodman, yang juga salah satu pendiri Center for Canine Behavior Studies, mengatakan kepada National Geographic bahwa guncangan statis saat menyentuh logam dapat meningkatkan kegelisahan anjing Anda selama badai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mengatasinya

Jika tempat favorit anjing Anda saat badai adalah di kamar mandi, ia mungkin mencoba untuk tetap berada di dekat permukaan yang mulus dan tidak statis karena takut terkejut. 

Anda juga dapat membuat tempat berlindung yang aman untuk anjing Anda di mana mereka tidak akan menyadari tanda-tanda badai. 

Ilmuwan penelitian perilaku Purina Ragen TS McGowan menyarankan untuk menggantungkan selimut di atas kandang mereka, yang dapat membantu meredam kebisingan. Untuk anjing yang tidak menggunakan (atau menyukai) kandang, kamar nyaman dengan tirai dapat digunakan.

Berkonsultasi dengan dokter hewan Anda juga merupakan ide yang bagus jika stres yang berhubungan dengan badai petir pada anjing Anda benar-benar menyebabkan masalah, obat atau alat penenang bisa menjadi pilihan terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.