Sukses

Reaksi Pemimpin Dunia atas Tragedi Ledakan Dahsyat di Beirut Lebanon

Lebanon diguncang ledakan dahsyat di Ibu Kota Beirut, Selasa 4 Agustus waktu setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Lebanon diguncang ledakan dahsyat di Ibu Kota Beirut, Selasa 4 Agustus waktu setempat. Sejumlah pemimpin dunia telah memberikan dukungan kepada Lebanon atas insiden ledakan besar yang menewaskan sedikitnya 73 orang dan melukai lebih dari 3.700 itu.

Penyebab ledakan belum secara jelas terungkap. Namun, kepala keamanan internal Lebanon Abbas Ibrahim mengatakan ledakan dipicu oleh 2.700 ton Amonium Nitrat yang tersimpan di lokasi ledakan di daerah pelabuhan kota itu.

Ledakan tersebut melepaskan gelombang kejut ke seluruh kota, meratakan sebagian besar pelabuhan, merusak bangunan, dan mengirim awan jamur raksasa ke langit.

Beberapa jam setelah ledakan di Beirut, ambulans terus membawa yang terluka ketika helikopter militer membantu memerangi kebakaran yang mengamuk di pelabuhan. Para pejabat memperkirakan jumlah kematian akan meningkat. 

Berikut ini reaksi para pemimpin dunia yang dikutip dari Aljazeera, Rabu (5/8/20200):

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Prancis

Presiden Prancis Emmanuel Macron menyatakan solidaritas dengan Lebanon dan mengatakan Prancis mengirim sumber daya ke lokasi ledakan.

"Saya menyatakan solidaritas persaudaraan saya dengan Lebanon setelah ledakan yang menewaskan begitu banyak korban dan kerusakan malam ini di Beirut. Prancis berdiri di samping Lebanon. Selalu. Bantuan dan sumber daya Perancis sedang diangkut di tempat [ledakan]," tulis Macron di Twitter.

Menteri Luar Negeri Jean-Yves Le Drian juga mengirim pesan dukungan ke Lebanon, menulis di Twitter bahwa Perancis siap membantu segala kebutuhan yang akan diungkapkan oleh otoritas Lebanon.

Iran 

Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif mengatakan Teheran siap membantu dengan cara apa pun dan mendesak Lebanon untuk "tetap kuat".

"Pikiran dan doa kami bersama orang-orang Lebanon yang hebat dan tangguh," tulis Zarif di Twitter.

"Seperti biasa, Iran siap sepenuhnya untuk memberikan bantuan dengan cara apa pun yang diperlukan. Tetap kuat, Lebanon."

 

3 dari 5 halaman

Israel

Israel mengatakan telah menawarkan bantuan kemanusiaan ke Lebanon melalui saluran asing, karena para tetangga tidak memiliki hubungan diplomatik.

"Di bawah arahan Menteri Pertahanan Benny Gantz dan Menteri Luar Negeri Gabi Ashkenazi, Israel mendekati Lebanon melalui pertahanan internasional dan saluran diplomatik untuk menawarkan bantuan kemanusiaan medis pemerintah Lebanon ," tulis Gantz di Twitter. 

Inggris

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyatakan kesiapannya untuk membantu Lebanon dengan cara apa pun yang memungkinkan.

"Gambar-gambar dan video-video dari Beirut malam ini mengejutkan. Semua pikiran dan doa saya bersama orang-orang yang terperangkap dalam insiden mengerikan ini. Inggris siap memberikan dukungan dengan cara apa pun yang kami bisa, termasuk kepada warga negara Inggris yang terkena dampak," tulis Johnson di Twitter. 

Qatar 

Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani memanggil Presiden Michel Aoun untuk menyampaikan belasungkawa, menurut Kantor Berita Qatar milik pemerintah. Negara Teluk mengatakan  akan mengirim rumah sakit lapangan untuk mendukung respon medis Lebanon.

Sheikh Tamim berharap "pemulihan cepat bagi yang terluka", QNA melaporkan, menambahkan bahwa ia "menyatakan solidaritas Qatar dengan persaudaraan Lebanon dan kesediaannya untuk menyediakan semua jenis bantuan".

 

4 dari 5 halaman

Amerika Serikat 

Presiden Donald Trump mengatakan dia mengirim simpatinya ke Lebanon untuk puluhan orang yang tewas dan ribuan lainnya luka-luka dalam ledakan itu, yang dia gambarkan sebagai serangan, dan menawarkan bantuan AS.

"Amerika Serikat siap membantu Libanon," kata Trump pada pertemuan Gedung Putih. "Kami akan berada di sana untuk membantu. Sepertinya serangan yang mengerikan."

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menggambarkan ledakan itu sebagai "tragedi" dan menawarkan bantuan AS ke Lebanon."Kami sedang memantau dan siap membantu orang-orang Lebanon ketika mereka pulih dari tragedi yang mengerikan ini," tulis Pompeo di Twitter.

Pompeo dalam pernyataan yang menyertainya mengatakan bahwa AS akan menunggu temuan pihak berwenang Lebanon tentang penyebab ledakan itu.

"Tim kami di Beirut telah melaporkan kepada saya kerusakan parah pada sebuah kota dan orang-orang yang saya sayangi, sebuah tantangan tambahan di masa krisis yang sudah dalam," kata Pompeo, yang telah berbicara di masa lalu tentang kepentingan pribadinya di Lebanon.

Turki 

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Lebanon, menambahkan bahwa Ankara siap membantu dalam "segala hal".

"Mohon rahmat Allah kepada mereka yang kehilangan nyawanya dalam ledakan itu terjadi di pelabuhan Beirut. Belasungkawa kepada saudara-saudara dan orang-orang yang ramah di Lebanon. Berharap tidak akan ada lagi kerugian. Siap membantu saudara-saudari Lebanon kami di setiap cara, "kata  Cavusoglu.

Presiden Turki Erdogan juga menawarkan bantuan kemanusiaan dalam percakapan telepon dengan timpalannya dari Lebanon Michel Aoun.

 

5 dari 5 halaman

Arab Saudi

Kementerian luar negeri Arab Saudi mengatakan mengikuti dengan keprihatinan besar konsekuensi dari ledakan pelabuhan Beirut, menurut kantor berita negara.Pernyataan itu juga menegaskan dukungan penuh dan solidaritas kerajaan dengan rakyat Lebanon.

Jerman

Kementerian luar negeri Jerman mengatakan staf di kedutaan Jerman terluka dalam ledakan itu.

"Yang terluka juga termasuk personel kedutaan," kata kementerian itu. "Kami tidak bisa untuk saat ini mengecualikan warga negara Jerman yang mencari di antara orang mati dan terluka."

Gedung kedutaan Jerman, yang terletak tidak jauh dari pelabuhan, rusak tetapi "keseriusan kerusakan belum dapat ditentukan untuk saat ini," kata kementerian luar negeri.

Kanselir Angela Merkel mengatakan melalui juru bicaranya bahwa dia terkejut dengan acara itu dan berjanji akan membantu Lebanon.

Italia 

Menteri Luar Negeri Italia Luigi Di Maio turun ke media sosial untuk berharap "pemulihan cepat" bagi mereka yang terluka dalam ledakan itu.

"Italia dekat dengan teman-teman Lebanon di saat yang tragis ini. Pikiran kami ditujukan kepada keluarga para korban, kepada siapa kami menyatakan belasungkawa mendalam kami, dan kepada orang-orang yang terluka, kepada siapa kami menginginkan pemulihan yang cepat," kata Di Maio.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.