Sukses

Penembakan Saat Pesta di Rumah Mewah Los Angeles, 1 Orang Tewas

Satu orang tewas dan empat orang lainnya terluka dalam penembakan di sebuah pesta yang digelar di rumah besar mewah di Los Angeles.

Liputan6.com, Los Angeles - Sebuah pesta besar di Mulholland Drive yang terkenal di Los Angeles pada Senin 27 Juli 2020 berubah menjadi mematikan ketika seseorang melepaskan tembakan. Penembakan itu menewaskan seorang wanita berusia 35 tahun dan melukai beberapa orang lainnya, kata polisi Selasa 28 Juli waktu setempat.

Sekitar pukul 19.00 malam Waktu setempat pada hari Senin, helikopter berita LA menangkap gambar lebih dari 100 orang berkumpul di rumah besar yang disewa - beberapa di dalam, di tepi kolam renang dan lainnya di berbagai balkon yang menghadap ke halaman belakang. Video itu, yang disiarkan oleh afiliasi CNN KCAL, nampak menunjukkan banyak peserta yang tidak mengenakan masker atau jaga jarak (social distancing), meskipun ada perintah Los Angeles County yang melarang pertemuan besar di rumah-rumah pribadi karena pandemi Virus Corona COVID-19.

"Tetangga mengeluh tentang kebisingan dan mobil yang diparkir menghalangi jalan di luar rumah sewa," menurut pejabat Departemen Kepolisian Los Angeles seperti dikutip dari CNN, Rabu (5/8/2020).

Laporan itu mendorong polisi untuk melakukan kunjungan pertama mereka ke rumah tersebut pada Senin malam.

"Bagi kami itu adalah perhatian utama pada saat itu, untuk memastikan tidak ada yang terbunuh di jalanan," kata Kepolisian Los Angeles, Chris Ramirez kepada CNN.

Dia juga mengatakan polisi meninggalkan tempat kejadian setelah beberapa kendaraan ditilang dan dipindahkan, dan keluhan kebisingan diselesaikan.

Menjelang pukul 01.15 pagi, para petugas mengatakan mereka kembali setelah sebuah laporan tentang penembakan. Mereka menemukan dua wanita dan satu pria di jalan masuk. Salah satu korban, wanita 35 tahun, meninggal di rumah sakit.

Dalam kekacauan yang terjadi setelah penembakan itu, banyak pengunjung pesta meninggalkan rumah. Polisi mengatakan seorang wanita lain membawa dirinya ke rumah sakit dan stabil, sementara seorang pria lain diangkut dari daerah sekitarnya yang juga dibawa ke rumah sakit sudah pulang, menurut Ramirez.

"Para korban belum diidentifikasi, dan motif penembakan masih belum jelas," kata Ramirez.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Ada Penangkapan, Tapi Picu Kekhawatiran Infeksi COVID-19

Sejauh ini belum dilakukan penangkapan. Kendati demikian petugas kepolisian sedang menyelidiki pertandingan judi di rumah tersebut, serta berbagai posting media sosial tentang pesta di dalamnya.

"Kami memperlakukan ini sebagai pembunuhan terkait geng," tambahnya.

Pertemuan itu sendiri telah mendapat perhatian sepanjang malam, karena berlangsung di tengah pandemi global yang telah menyebabkan lebih dari 4,7 juta kasus di seluruh negeri. Para ahli dan pejabat kesehatan telah menunjuk pertemuan besar sebagai salah satu dari beberapa penyebab lonjakan kasus.

Gubernur California Gavin Newsom menarik kembali rencana pembukaan kembali negara bagian itu pada 13 Juli, di tengah lonjakan kasus Virus Corona COVID-19.

Jumlah kasus California, yang melampaui setengah juta selama akhir pekan, berdiri di 521.019, menurut data Universitas Johns Hopkins. Dengan 9.508 kematian dilaporkan di negara bagian itu.

Di Los Angeles County, para pejabat melaporkan 193.788 kasus per Selasa.

 

3 dari 3 halaman

Ditegur

Pertemuan di rumah mewah itu mendapat teguran dari pejabat kesehatan negara.

"Kedengarannya seperti pengalaman berisiko tinggi bagi mereka yang ada di sana dan terus terang untuk orang-orang yang mereka sayangi," kata Dr. Mark Ghaly, sekretaris Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan California, pada konferensi pers hari Selasa.

Seorang juru bicara Departemen Kesehatan Masyarakat Los Angeles County sejauh ini belum berkomentar.

Polisi mengatakan mereka mengetahui dari rekaman berita, yang menunjukkan apa yang tampaknya merupakan pelanggaran larangan Los Angeles County pada pertemuan besar. Kendati demikian mereka mengatakan tak banyak yang bisa dilakukan.

"Sangat sulit untuk menegakkan sesuatu seperti itu, terutama ketika itu adalah pesta pribadi," kata Ramirez.

"Jika itu adalah pertemuan umum, itu mungkin berbeda ... Sepertinya aku pergi ke rumahmu dan memberitahumu apa yang harus dilakukan di propertimu sendiri."

Menurut KCAL-TV, perusahaan yang mengelola properti sewa jangka pendek mengatakan itu adalah yang pertama kali mereka dengar tentang pesta tersebut. Perusahaan mengatakan kepada afiliasi CNN bahwa mereka telah memberi tahu para penyewa bahwa pesta merupakan pelanggaran serius terhadap perjanjian sewa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.