Sukses

Bukti Pemanasan Global Kian Nyata, Fenomena Seperti Tsunami Muncul di Langit Bhutan

Fenomena tsunami muncul di langit Bhutan, menjadi bukti bahwa pemanasan global benar-benar terjadi.

Liputan6.com, Thimphu - Pegunungan utara Bhutan menjadi pemandangan menakjubkan bagi negara tersebut.

Ini adalah tanah yang masih asli, sebagian besar tidak tersentuh oleh aktivitas manusia. Konservasi berbasis budaya telah bertahan di sini. 

Puncak tertinggi di kawasan ini tidak pernah diubah oleh manusia, termasuk danau-danau indahnya tidak terganggu. Ini karena rasa hormat - penduduk setempat percaya bahwa gunung, danau, dan gletser adalah dewa, yang harus dihormati dan ditakuti. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (3/8/2020). 

Namun dampak dari emisi global buatan manusia yang secara perlahan menghancurkannya. 

Naiknya suhu sebagai akibat dari perubahan iklim mempercepat laju pencairan gletser di dataran tinggi Bhutan. 

Untuk beberapa gletser, tingkat tahunannya bisa mencapai 35 meter, yang kemudian mengisi air ke danau. Risiko runtuhnya danau-danau ini - dalam sebuah fenomena yang dikenal sebagai banjir letupan danau glasial atau GLOF, yang kini membuat dampak pemanasan globalnya semakin nyata. 

“Dengan pemanasan global, gletser mencair dan sumber daya air kita bergerak lebih cepat ke hilir. Kami menyebutnya tsunami di langit, yang dapat datang kapan saja," kata Karma Drupchu, direktur nasional Pusat Nasional Hidrologi & Meteorologi (NCHM).

“Segala bentuk pelanggaran akan menghasilkan banjir besar yang datang ke sungai. Ini akan memiliki konsekuensi besar karena lebih dari 70 persen permukiman Bhutan berada di sepanjang lembah sungai ... tidak hanya hilangnya nyawa, tetapi juga kerugian ekonomi yang sangat besar, "katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi Bahaya

Analisis oleh NCHM telah mengidentifikasi 2.674 danau glasial, di mana 17 di antaranya dikategorikan berpotensi berbahaya. Pencairan lebih lanjut yang lebih cepat dari 700 gletser individu di negara itu berarti lebih banyak danau terbentuk dan bahaya bagi populasi dan infrastruktur negara itu meningkat.

Bhutan adalah satu-satunya negara negatif karbon di dunia dan mengambil perannya dalam mencegah perubahan iklim global dengan serius. Konstitusi negara tersebut mengamanatkan perlindungan lingkungan dan industri yang menguntungkan secara ekonomi tetapi merusak lingkungan telah ditolak demi konservasi.

Tetapi beban perubahan iklim telah tiba terlepas dari perlawanan negara kecil ini. Bagi Perdana Menteri Lotay Tshering, dampak pada gletser adalah beban fisik dan spiritual yang harus ditanggung Bhutan.

“Itu sangat mengkhawatirkan kita karena dari sudut pandang spiritual, itu bukan hanya genangan air. Secara spiritual, kami percaya bahwa ada kehidupan di dalamnya, kami menghargai itu dan secara lingkungan itu adalah fakta bahwa kami kehilangan gletser karena pemanasan global," katanya kepada dalam sebuah wawancara eksklusif.

"Kami berada di bawah ancaman konstan dan itu adalah bagian yang paling tidak adil."

Dia menambahkan: “Gletser yang hilang, hilang selamanya. Berapa banyak nyawa, bukan hanya manusia, tetapi kehidupan lain bergantung pada itu? Bukan hanya negara dan ekonomi tetapi seluruh siklus hidup akan hancur. tetapi segera dalam generasi mendatang mungkin tidak ada danau untuk meledak. Itu akan menjadi bencana nyata."

GLOFs telah terjadi sebelumnya di Bhutan dan dampaknya tetap dalam ingatan orang-orang yang telah mengalami bencana seperti itu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini