Sukses

5 Kemajuan Penemuan Ilmiah dan Teknologi yang Dapat Ubah Masa Depan

Sejumlah penemuan ilmiah dan teknologi dinilai sangat berharga bagi kelangsungan hidup manusia di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia penelitian aktivitas ilmiah memang rumit untuk dipahami. Seseorang bahkan tak mau berurusan dengan hal itu. Sebab, terkesan sulit dan menghabiskan waktu. Namun, penelitian sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Banyak dampak positif dari aktivitas ilmiah di laboratorium. Saat ini dunia dihadapi oleh pandemi Virus Corona COVID-19. Banyak peneliti meluangkan waktunya untuk mencari vaksin agar virus ini tak lagi membunuh manusia.

Beberapa penemuan dalam dunia ilmiah ini dianggap luar biasa dan bisa mengubah masa depan. Disebut-sebut penelitian ini bisa jadi modal generasi selanjutnya dalam menemukan obat atau terapi yang baik bagi sejumlah penyakit.

Seperti dikutip dari laman Listverse, Senin (3/8/2020) berikut 5 penemuan ilmiah yang dianggap bisa mengubah masa depan dunia

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Vaksin mRNA

Meskipun kebanyakan orang tahu bahwa DNA adalah bahan genetik di dalam sel kita, peran mRNA masih kurang dipahami. DNA berisi instruksi yang memandu sel kita untuk membuat protein yang kita butuhkan.

Karena DNA sangat penting, satu salinan DNA yang kita miliki di setiap sel tidak dapat rusak. Untuk mencegah terjadinya kerusakan, sel kita membuat banyak salinan dari bagian DNA yang mereka butuhkan untuk memandu pembuatan protein mereka.

Salinan ini disebut salinan mRNA. Jika rusak, mereka dibuang begitu saja. Dengan pemikiran itu, para ilmuwan telah menemukan cara untuk menggunakan mRNA untuk membuat vaksin jenis baru.

Penemuan ini dianggap bermanfaat bagi manusia di masa depan dan merupakan kemajuan dalam dunia teknologi terutama kesehatan.

 

3 dari 6 halaman

2. Memahami Autisme

Autisme telah lama disalahpahami karena penyebabnya sulit dilacak. Ini telah menyebabkan masuknya teori, mulai dari pendekatan ilmiah yang menyatakan itu adalah kelainan genetik hingga kelompok Facebook dan blogger menyalahkannya pada vaksinasi.

Orang dengan autisme umumnya tidak memiliki keterampilan komunikasi sosial dan verbal atau menunjukkan perilaku berulang. Luasnya gejala dapat sangat bervariasi, menjadikannya sebagaoi gangguan spektrum.

Dengan menganalisis DNA anak-anak autis terhadap DNA dari orangtua mereka, para ilmuwan di Hospital for Sick Children di Toronto telah membuat penemuan penting.

Ada daerah DNA dalam tubuh yang disebut tandem repeats atau pengulangan tandem. Mereka adalah pola urutan DNA yang diulang beberapa kali. Para ilmuwan Toronto ini menemukan bahwa anak-anak autis sering memiliki dua atau tiga kali lipat jumlah pengulangan tandem yang dimiliki orangtua mereka.

Semakin besar pengulangan tandem ini, semakin mereka merusak fungsi gen. Pada anak autis, pengulangan tandem telah ditemukan pada gen yang terkait dengan fungsi otak. Dengan mengidentifikasi fenomena aneh ini, para ilmuwan sekarang mungkin memiliki cara baru untuk mendiagnosis autisme.

Selain itu, ini memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang apa yang menyebabkan autisme.

 

4 dari 6 halaman

3. Perawatan untuk Penderita Alzheimer

Di otak, protein yang ditemukan di neuron membantu menyatukan akson mereka.

Neuron adalah sel-sel saraf, dan mengirimkan sinyal melintasi akson. Dengan mengirimkan sinyal-sinyal ini, kita mengalami sensasi seperti sentuhan.

Setiap neuron di otak Anda memiliki satu kabel panjang yang ular menjauh dari bagian utama sel. Kabel ini, beberapa kali lebih tipis dari rambut manusia, disebut akson.

Pada orang penderita Alzheimer, protein tersangkut di dalam akson saraf. Ini mencegah sinyal pergi ke akson dan menyebabkan masalah dengan fungsi otak.

Selain itu, penumpukan protein lain yang disebut beta-amiloid membentuk rumpun di antara neuron, juga membatasi fungsi neuron. Pada 2019, NeuroEM Therapeutics, Inc., menguji topi yang dapat dipakai guna mengirimkan gelombang elektromagnetik melalui otak untuk memecah penumpukan protein ini.

Studi klinis pertama dari delapan pasien menemukan bahwa tujuh mengalami pengembalian fungsi kognitif.

Studi yang lebih luas sedang dilakukan untuk mencoba mengkonfirmasi hasil ini. Laboratorium independen melakukan percobaan serupa pada tikus dan menemukan bahwa fungsi kognitif ditingkatkan dari paparan gelombang elektromagnetik. Meskipun masih dini untuk perawatan ini, mungkin memberikan secercah harapan bagi mereka yang menderita Alzheimer.

5 dari 6 halaman

4. Vaksin Flu Universal

Kita perlu mendapatkan suntikan flu setiap tahun karena strain virus flu berubah setiap tahun. Vaksin flu menghasilkan respons kekebalan terhadap protein yang menyerang virus flu (Protein disebut HA).

Masalahnya adalah bahwa bagian kepala protein HA sering berubah karena dapat bermutasi dengan cepat. Akibatnya, kita membutuhkan suntikan flu baru setiap tahun untuk memberikan kekebalan terhadap kepala HA yang baru.

Masalah ini dapat segera dihilangkan. Ternyata batang protein HA, yang memegang kepala, tidak berubah. Ini relatif konstan di antara jenis-jenis flu.

Vaksin baru yang dibuat oleh para ilmuwan dari Pusat Penelitian Vaksin NIAID baru saja memasuki pengujian klinis, dan ia menargetkan batang protein ini. Jika ini berhasil, satu vaksin akan membuat kita kebal terhadap sebagian besar jenis flu untuk waktu yang lebih lama.

Mungkin perlu waktu sebelum kita mengetahui keefektifan vaksin ini. Tetapi ini adalah langkah besar untuk menemukan suntikan flu satu kali yang bersifat universal.

6 dari 6 halaman

5. Obat untuk Ebola

Meskipun kita berada di tengah-tengah pandemi Virus Corona COVID-19, beberapa tahun belakangan kita dikejutkan dengan Ebola. Jika terpapar virus ini dimulai dengan demam. Kemudian dapat berkembang menjadi perdarahan yang tidak terkontrol dan kegagalan organ. Penyakit yang seringkali fatal dan telah diteliti selama bertahun-tahun. Pada 2019, percobaan klinis mengidentifikasi terapi obat baru yang mengurangi tingkat kematian dari 75 persen tanpa pengobatan menjadi 29 persen dengan terapi baru.

Jika Ebola dirawat sangat dini, angka kematian turun hingga enam persen. Obat baru ini yaitu Regeneron mengandung campuran antibodi, yang dibuat oleh sel-sel kekebalan tubuh kita untuk membersihkan infeksi dari tubuh kita.

Antibodi ini secara khusus menyerang virus Ebola. Sulit membuat antibodi di laboratorium karena mereka perlu bekerja dalam tubuh manusia tanpa diserang oleh sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, virus Ebola dapat berubah bentuk. Inilah sebabnya mengapa campuran antibodi yang berbeda harus digunakan dalam perawatan. Terapi baru-baru ini sedang diuji dan dapat segera menjadi alat yang menyelamatkan jiwa manusia dari Ebola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.