Urutan Kelahiran Bisa Pengaruhi Pola Asuh Anak Saat Jadi Orangtua?

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 03 Agu 2020, 18:35 WIB
Diperbarui 03 Agu 2020, 18:35 WIB
Keluarga Bahagia Keluarga Harmonis
Perbesar
Ilustrasi Foto Keluarga (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Dalam keluarga, Anda ada berapa di posisi apa?

Sebagai anak sulung, anak tengah, anak bungsu atau anak tunggal? Posisi kelahiran Anda disebut-sebut bisa mempengaruhi kepribadian dan pola asuh Anda kelak bila menjadi orangtua.

Sikap kepemimpinan, ambisius, rajin, teliti hingga menyukai kebebasan seperti berada di alam akan mempengaruhi cara asuh anak Anda nanti.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Senin (3/8/2020), berikut posisi kelahiran Anda yang disebut bisa pengaruhi pola asuh anak kelak:

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


1. Anak tertua

Keluarga Bahagia Keluarga Harmonis
Perbesar
Ilustrasi Foto Keluarga (iStockphoto)

Ciri-ciri kepribadian:

Anak sulung biasanya pemimpin yang cenderung mengikuti aturan dan mencapai tujuan yang tinggi. Berkat karakteristik ini, mereka dapat menjadi sangat sukses dalam karier dan kehidupan pribadi mereka.

Mereka kemungkinan besar akan menjadi perfeksionis, selalu berusaha untuk menyenangkan orang lain. Mereka juga memiliki tingkat tanggung jawab yang tinggi, karena cukup sering, mereka harus bersikap seperti orang dewasa dan mengambil alih rumah.

Mereka percaya diri dan memiliki kecenderungan untuk mendominasi ruang apa pun yang mereka tempati. Karena mereka takut melakukan kesalahan, anak-anak tertua biasanya tidak fleksibel, mereka tidak suka mengubah hal-hal dan menjadi ragu ketika mereka perlu keluar dari zona nyaman mereka.

Anak tertua sebagai orang tua biasanya akan:

Jika Anda adalah anak sulung, kemungkinan besar Anda akan memiliki harapan yang tinggi dari anak-anak Anda. Kepribadian Anda dan kecenderungan untuk menjaga segala sesuatunya akan mencerminkan gaya pengasuhan Anda.

Saat Anda menjadi orang tua, Anda mungkin akan mengingat saudara bungsu Anda dan perilaku mereka. Misalnya, jika adik Anda jarang mendengarkan, Anda dapat mempertimbangkannya sebagai pola mengasuh anak Anda sendiri dan lebih sering meminta pendapat mereka.

 


2. Anak tengah

Ilustrasi keluarga
Perbesar
Ilustrasi keluarga (Sumber: Pixabay)

Ciri-ciri kepribadian:

Mereka biasanya memainkan peran penjaga perdamaian dalam keluarga karena ketika seorang adik tiba, mereka harus belajar cara bernegosiasi dan berkompromi untuk "cocok" dengan semua orang.

Berkat kemampuan mereka untuk bernegosiasi lebih baik, anak-anak menengah memiliki lingkaran sosial yang lebih besar dan berkembang dalam persahabatan. Mereka sangat fleksibel dan mau mengikuti arus.

Anak tengah sebagai orang tua:

Jika Anda anak menengah, Anda mungkin akan mengganti kekurangan perhatian orangtua Anda dengan keluarga Anda sendiri.

Anda tidak akan membuat penilaian cepat tentang anak-anak Anda. Alih-alih, Anda akan lebih cenderung mendengarkan mereka dan melihat kedua sisi argumen apa pun.Anda kemungkinan besar akan membuat keputusan berdasarkan apa yang Anda anggap terbaik dan adil untuk seluruh keluarga.

Karena Anda tahu rasanya ditinggalkan, Anda akan berusaha ekstra keras untuk memastikan bahwa semua anak Anda merasa didengarkan dan diikutsertakan.

 


3. Anak-anak bungsu

Keluarga Bahagia Keluarga Harmonis
Perbesar
Ilustrasi Foto Keluarga (iStockphoto)

Ciri-ciri kepribadian:

Bayi keluarga cenderung memiliki lebih banyak kebebasan daripada saudara mereka, dan sebagai hasilnya, mereka sering lebih mandiri dan percaya diri.Mereka biasanya berjiwa bebas, suka bersenang-senang, dan ramah. Anak muda juga suka berpetualang dan lebih terbuka untuk pengalaman yang tidak konvensional dan mengambil risiko daripada saudara mereka.

Mereka adalah pemikat alam dan mereka sering dapat menjadi pusat perhatian karena hal ini. Sebagai 'bayi' di dalam keluarga, mereka memiliki tanggung jawab yang lebih sedikit dan terkadang berperilaku tanpa beban.

Anak bungsu sebagai orang tua:

Jika Anda adalah anak bungsu dalam keluarga, Anda mungkin akan mendorong anak-anak Anda sendiri untuk mencari petualangan juga.

Anda kemungkinan besar tidak terikat dengan teori-teori umum dan memercayai intuisi Anda sendiri ketika memilih apa yang tepat untuk keluarga Anda sendiri.

Anda mungkin akan memiliki beberapa masalah dengan menetapkan aturan dalam keluarga Anda karena tidak ada dalam asuhan Anda. Tetapi Anda harus ingat bahwa peraturan diperlukan untuk membesarkan anak-anak. Jadi lebih baik belajar tentang struktur dan memperoleh beberapa keterampilan organisasi.

Terkadang, Anda mungkin terlalu lunak dengan anak-anak Anda, tetapi jangan lupa bahwa ini tidak selalu merupakan pendekatan terbaik.

 


4. Anak tunggal

Ilustrasi keluarga.
Perbesar
Ilustrasi keluarga. (Dok. White77/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Ciri-ciri kepribadian:

Anak tunggal cenderung mirip dengan anak sulung. Mereka percaya diri, sukses, pandai berbicara, rentan terhadap perfeksionisme, dan seorang pemimpin. Namun, mereka mungkin menjadi terlalu egois karena mereka tidak pernah harus bersaing dengan anak lain untuk mendapatkan perhatian atau berbagi mainan dengan mereka.

Mereka juga sangat ambisius, giat, dan energik.Hanya anak-anak tumbuh dikelilingi oleh orang dewasa, dan sebagai hasilnya, mereka sering lebih menggunakan verbal orang dewasa. Mereka terbiasa menjadi pusat perhatian.

Anak tunggal sebagai orang tua:

Jika Anda seorang anak tunggal, Anda mungkin akan memiliki beberapa masalah saat membangun keluarga Anda sendiri. Karena Anda belum pernah menjadi "orangtua" untuk adik dan belum pernah belajar bagaimana berbagi semua barang milik Anda, Anda mungkin merasa seperti ikan kehabisan air.

Tetapi jika Anda memilih "anak bungsu" sebagai pasangan Anda, kemungkinan besar Anda akan menjadi pasangan yang baik. Keahlian Anda untuk struktur yang dikombinasikan dengan semangat riang mereka akan membuat keseimbangan yang baik.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya