Sukses

Apple Fire, Kebakaran Besar Picu Hampir 8.000 Warga California Mengungsi

Kebakaran yang dijuluki Apple Fire membakar lahan di California sejak Jumat lalu.

Liputan6.com, Los Angeles - Kebakaran besar terjadi di wilayah Cherry Valley, California. Sekitar 7.800 orang dievakuasi sementara pemadam kebakaran berusaha menjinakan api.

Kejadian ini disebut Apple Fire (kebakaran Apple) karena terjadi di dekat jalan bernama Apple Tree Lane.

Dilaporkan CNN, Senin (3/8/2020), kebakaran terjadi pada Jumat pekan lalu sebelum jam 17.00 waktu setempat. Hingga hari Minggu kemarin, kebakaran Apple telah membakar 20.516 ekar lahan (8.156 hektar) dan belum bisa dikendalikan.

Sisi timur laut dan timur dari kebakaran ini berada di daerah perbukitan yang curam sehingga kendaraan pemadam sulit untuk masuk. Pasukan pemadam mengerahkan 20 kelompok pemadam (handcrew), 6 helikopter, 178 alat, dan 19 mobil pemadam.

Asap tampak membumbung tinggi di sisi gunung. 

Kerusakan terjadi pada rumah satu keluarga dan dua bangunan. Tidak ada korban luka yang dilaporkan.

Pusat evakuasi akibat kebakaran ini berada di hotel-hotel dan satu SMA setempat. Semua pusat evakuasi juga akan mengikuti protokol COVID-19, seperti pemeriksaan suka, pemakaian masker, dan social distancing.

Hingga kini, penyebab kebakaran masih diinvestigasi. Bencana ini pun berpotensi tambah buruk akibat cuaca panas dan angin.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.