Sukses

Connie Culp, Penerima Transplantasi Wajah Sebagian Pertama AS Tutup Usia

Connie Culp (57 tahun), yang merupakan penerima transplantasi wajah sebagian pertama di AS dilaporkan telah meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta- Setelah 12 tahun menjalani pembedahan, Connie Culp (57 tahun), yang merupakan penerima transplantasi wajah sebagian pertama di AS dilaporkan telah meninggal dunia. 

Kematian Culp diumumkan oleh Klinik Cleveland, yang merupakan tempat dimana ia menjalani operasi untuk transplantasi wajahnya. 

Menurut klinik tersebut, Culp meninggal pada 29 Juli di klinik yang berlokasi di Ohio, AS itu karena komplikasi dari sebuah infeksi yang tak terkait dengan transplantasi wajahnya, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Senin (3/8/2020).

Pada tahun 2004, Suami Culp menembak wajahnya dalam percobaan pembunuhan dan bunuh diri yang berhasil digagalkan.

Karena insiden tersebut, Culp mengalami kerusakan pada hidung, pipi, dan penglihatannya. Sementara suaminya, menghadapi hukuman penjara selama tujuh tahun akibat insiden itu. 

Pembedahan untuk wajah Culp di klinik tersebut mulai dilakukan pada 2008.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikenal Sebagai Sosok yang Kuat

Connie Culp diketahui telah menjalani sebanyak 30 operasi.

Kepala institut bedah dermatologi dan plastik Klinik Cleveland, Dr. Frank Papay, adalah salah satu dokter dari anggota tim bedah yang melakukan operasi transplantasi wajah sebagian untuk Culp.

Dalam sebuah pernyataan, Dr. Frank Papay mengatakan bahwa Culp merupakan sosok yang kuat karena hingga kini "dia merupakan pasien transplantasi wajah yang paling panjang umurnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.