6 Fakta Unik Tentang Hewan yang Jarang Diketahui Orang

Oleh Hariz Barak pada 02 Agu 2020, 20:31 WIB
Diperbarui 02 Agu 2020, 20:31 WIB
Burung Hantu
Perbesar
Ilustrasi hewan burung hantu. (Liputan6/Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa kadal mampu berjalan di atas air dan beberapa burung hantu memelihara ular kecil sebagai hewan peliharaan di sarang mereka.

Dengan 8,7 juta spesies yang berbagi dunia dengan kita, sangat tidak mungkin untuk mengetahui semua fakta tentang masing-masing hewan secara detail.

Seperti dikutip dari Brightside.me (2/8/2020), berikut 6 fakta tentang hewan unik tentang hewan yang jarang diketahui orang --yang mungkin bisa jadi pemecah kebekuan, ketika Anda dan teman-teman mulai kehabisan topik pembicaraan.

 

1. Burung hantu memelihara ular

Burung hantu eastern screech diketahui bisa menangkap ular kecil dan membawa mereka kembali ke sarang mereka hidup-hidup.

Alasannya, ular memakan serangga dan menjaga bayi burung hantu mereka aman. Sebuah studi menemukan bahwa burung hantu orangtua secara sadar melakukan ini untuk meningkatkan peluang kelangsungan hidup bayi mereka.

 

2. Beberapa kadal bisa berjalan di air

Basilisk adalah spesies kadal yang dapat dengan mudah berjalan, dan bahkan berlari, di atas air. Ini ditemukan di hutan hujan dan sering menggunakan kemampuan ini untuk melarikan diri dari predator.

2 dari 4 halaman

3. Corak garis hitam putih pada bulu zebra adalah penolak alami

Polandia Tutup Kebun Binatang Warsawa Imbas Covid-19
Perbesar
Seekor zebra terlihat di Kebun Binatang Warsawa di Warsawa, Polandia (16/4/2020). Kebun binatang tersebut berada di bawah tekanan keuangan setelah pemerintah memutuskan untuk menutup semua tempat hiburan, restoran dan tempat umum lainnya guna mengendalikan penyebaran coronavirus. (Xinhua/Jaap Arrien

Di samping berperan sebagai kamuflase alami, beberapa serangga diketahui bisa dibuat kebingungan oleh corak bulu zebra, dan menggagalkan mereka mengganggu mamalia berkaki empat itu.

 

4. Bebek yang baru lahir bisa meniru hewan lain

Bebek mengadopsi tingkah laku hewan pertama yang mereka lihat. Ini dikenal sebagai "pencetakan."

Mereka tidak menyadari diri mereka sebagai spesies dan salah mengira hal pertama yang mereka lihat sebagai orangtua mereka. Mereka dapat meniru manusia juga.

3 dari 4 halaman

5. Kucing jadi penyebab kepunahan 33 spesies

20160330-Ilustrasi-Kucing-iStockphoto
Perbesar
Ilustrasi Kucing (iStockphoto)

Di AS saja, kucing membunuh miliaran hewan dalam kurun waktu setahun. Mereka bertanggung jawab atas kematian 1,4 - 73,7 miliar burung dan 6,9 - 20,7 miliar mamalia setiap tahun. Bukan hanya itu, sejauh ini mereka benar-benar memusnahkan total 33 spesies dari dunia.

 

6. BAB setiap hari bisa jadi hal berbahaya bagi kungkang

Kungkang hanya buang air besar seminggu sekali dan ketika mereka melakukannya, mereka kehilangan 1/3 dari total berat badan mereka.

4 dari 4 halaman

Simak video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓