Sukses

7 Fakta Seputar Masker Wajah Virus Corona COVID-19

Ternyata ada banyak komponen yang perlu diperhatikan ketika berada di tengah pandemi.

Liputan6.com, Jakarta - Masker bedah adalah masker yang paling banyak dicari orang di tengah pandemi virus corona. 

Seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (1/8/2020), perusahaan seperti ST Engineering juga membuat masker bedah sejak Februari lalu, ketika banyak produser masker tidak dapat memenuhi permintaan dari Singapura, dan masker bedah hanya tersedia untuk pekerja medis. 

Tapi ada banyak alternatif masker bedah di luar sana. Dari orang biasa, ilmuwan, dan penjahit, mereka mencoba mencari alternatif lain dari masker bedah.

Namun tidak semua masker ini sama. Ada masker tiga lapis sekali pakai, masker filter karbon, masker insang silikon, dan bahkan masker yang terbuat dari tembaga atau nano-perak, yang dikatakan dapat membunuh virus dan bakteri.

Harga masker pun beragam, dari harga 40 sen hingga SG$ 76, atau Rp 808 ribu. Namun, efektivitas masker masih dipertanyakan.

Berikut tujuh hal yang patut diketahui seputar masker dan manfaatnya terkait dengan pandemi virus corona COVID-19.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Masker Sekali Pakai Belum Tentu Memenuhi Standar Medis

Meski masker sekali pakai ini diberi label masker bedah, tidak semua masker sekali pakai ini memenuhi standar internasional, ujar Gareth Tang, wakil presiden senior teknologi dan kepala Innosparks di ST Engineering.

Gareth yang memimpin pendirian lini produksi masker bedah hanya dalam dua minggu, mengatakan bahwa perusahaan memiliki "kontrol kualitas yang ketat, dari ujung-ke-ujung" untuk memastikan bahwa masker bedahnya berkualitas medis.

Ini termasuk menguji seberapa mudah bernapas menggunakan masker dan seberapa efisien lapisan filtrasi.

Efisiensi penyaringan bakteri dari masker bedah harus di atas 95 persen, dan itu harus tahan terhadap penetrasi cairan tubuh, menurut Otoritas Ilmu Kesehatan.

Jadi, pembacaan efisiensi 98 persen untuk bahan masker ST Engineering menandai tingkat yang "memblokir 98 persen bakteri dan virus, dan itu termasuk virus COVID-19, melalui masker", kata Tang.

Perusahaan itu sekarang berupaya membuat topengnya lebih banyak tersedia, katanya. "Kami berharap dapat membawa topeng ini ke masyarakat umum dalam waktu dekat."

3 dari 8 halaman

2. Tembaga dan Perak Dapat Membunuh Bakteri

Masker paling mahal adalah mereka yang mengandung tembaga atau perak.

Pada zaman kuno, orang Mesir menggunakan logam seperti tembaga atau perak untuk mengobati luka, kata Lam Yeng Ming, profesor dan ketua sains dan teknik bahan di Universitas Teknologi Nanyang. Jadi tembaga dan perak "telah terbukti membunuh bakteri."

"Mereka efektif dalam beberapa keadaan," katanya. Itu termasuk virus, asalkan ion tembaga atau perak berinteraksi dengan virus. Misalnya, ketika virus mendarat di permukaan tembaga, ion logam menyerang dan membunuh sel.

Tetapi proses ini membutuhkan waktu, di mana saja dari 30 menit hingga sehari. Masalah lain adalah bahwa beberapa masker wajah dengan tembaga yang ditenun ke dalam kain memiliki ruang di antara serat-serat tembaga.

"Di antara garis-garis ini, Anda dapat memasukkan cukup banyak virus," katanya. "Jika jarak ini ratusan mikron, pada dasarnya itu tidak bisa menyaring (virus)."

Masker nano-perak Talking Point yang dikirim kepadanya untuk diperiksa, bagaimanapun, ditemukan sepenuhnya dilapisi dengan logam, sehingga virus "harus bersentuhan dengan permukaan perak ini."

Sementara nano-perak dan tembaga terbukti efektif melawan berbagai virus, dia mengatakan tes khusus untuk virus yang menyebabkan COVID-19 adalah kuncinya.

"Itu harus meyakinkan. Ada beberapa studi yang sedang dilakukan, tetapi saya pikir lebih banyak studi perlu dilakukan," tambahnya.

4 dari 8 halaman

3. Studi Terbatas Tentang Filter Karbon

Beberapa produsen mengklaim bahwa masker dengan filter karbon efektif dalam menyaring bakteri dan virus.

Filter karbon banyak digunakan dalam pembersih udara untuk menyerap dan menangkap asap dan polutan gas lainnya - tetapi mereka tidak lebih efektif daripada masker lain ketika menyangkut vrius corona.

"Masker penyaring karbon efektif (terhadap) polutan udara, tetapi untuk bakteri dan virus, pasti belum banyak penelitian yang menunjukkan keefektifannya," kata Lam.

5 dari 8 halaman

4. Apakah Masker Buatan Sendiri Aman?

Beberapa masker reusable, seperti yang dirilis oleh pemerintah Singapura, memiliki sifat antibakteri. Tetapi menurut Chrissandra Chong, masker itu terlalu menutup seluruh wajah dan menyebabkan orang tidak dapat bernafas dengan mudah.

Konsultan branding freelance itu menjahit maskernya sendiri --dengan "loop telinga yang dapat disesuaikan" untuk memenuhi berbagai bentuk wajah dan dirancang agar memudahkan bernapas.

Dia telah membuat lebih dari 200 masker sejak Februari, dan menjadi sukarelawan untuk Masks Sewn with Love, sebuah inisiatif akar rumput yang telah menyediakan lebih dari 100.000 topeng untuk kelompok-kelompok rentan.

6 dari 8 halaman

5. Masker Udara Dapat Menyebabkan Iritasi Kulit

Masker yang menyerupai respirator N95 terbuat dari bahan silikon lembut. Itu menciptakan penutup di wajah seseorang.

Tetapi karena masker ini terlalu kedap udara, masker ini dapat menyebabkan iritasi kulit, kata Eileen Tan, seorang dokter kulit yang menjalankan praktiknya sendiri, Eileen Tan Skin Clinic and Associates.

"Ini mungkin tidak cocok untuk penggunaan sehari-hari atau untuk orang dengan kulit sensitif," tambahnya.

7 dari 8 halaman

6. Cara Merawat Wajah

Tan telah melihat peningkatan 15 - 20 persen dalam jumlah pasien yang mencari bantuan untuk masalah kulit yang berhubungan dengan masker.

Seseorang bisa mendapatkan peradangan kulit, misalnya, dari penumpukan kelembaban, panas dan peningkatan produksi sebum, yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, katanya.

Dia merekomendasikan untuk mengganti masker setiap empat - enam jam "jika Anda mampu", dan mengambil "waktu istirahat" sekitar 15 - 30 menit untuk "membiarkan kulit Anda beristirahat".

"Pertimbangkan hal-hal seperti masker kain, yang merupakan jenis kain yang lebih bernapas (dan) lebih nyaman," tambahnya.

8 dari 8 halaman

7. Mulai Kebiasaan Menggunakan Masker

Konsultan senior Kalisvar Marimuthu dari Pusat Nasional untuk Penyakit Menular menggunakan lima masker yang dapat digunakan kembali setiap minggu.

Menurutnya, sangat penting untuk mencuci masker setiap harinya, karena itu dapat menghilangkan virus, tapi juga noda air liur dan partikel debu yang tertinggal.

Kalisvar juga menyarankan untuk tidak menyentuh bagian depan topeng saat melepasnya, karena kemungkinan orang akan menyentuh hidung atau mulut mereka setelah itu.

 

Reporter: Yohana Belinda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.