Sukses

Live Streaming Detik-Detik Wukuf Haji 2020 di Arafah

Seperti apa jalannya wukuf jemaah haji 2020 di Arafah dapat disaksikan secara live streaming.

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah calon Haji 2020 atau 1441 Hijriah, pada Kamis (30/7/2020), mulai melaksanakan wukuf di Arafah, yaitu berdiam diri pada waktu tergelincirnya matahari pada tanggal 9 Dzulhijah. Jalannya wukuf di Arafah ini dapat disaksikan secara live streaming dalam video di bawah.

Wukuf merupakan inti dari rangkaian ibadah haji. Pelaksanaan haji tidak sah bila jemaah tidak melaksanakan rukun tersebut. Sehingga para jemaah haji yang sakit pun, diharuskan untuk tetap melaksanakan wukuf di Arafah.

Dalam melaksanakan rangkaian ibadah ini, para jemaah mendengarkan khutbah wukuf. Selain itu, mereka juga tidak melewatkannya untuk berdoa lantaran momen tersebut merupakan waktu yang Allah kabulkan doa para hamba-Nya.

Setelah matahari terbenam, jemaah haji akan menuju ke Muzdalifah untuk menghabiskan malam di sana sebelum kembali ke Mina untuk melangsungkan lempar jumrah.

Seperti apa jalannya wukuf jemaah haji di Arafah dapat disaksikan secara live streaming dalam video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tawaf dengan Physical Distancing

Penyelenggaraan Haji 2020 berbeda dari biasanya. Karena pandemi Virus Corona COVID-19, pemerintah Arab Saudi hanya membolehkan sekitar 10.000 orang yang sudah tinggal di kerajaan untuk dapat melaksanakan ibadah haji.

Selain jumlah orang yang berkurang drastis, pelaksanaan rangkaian ibadah haji juga berpedoman pada protokol kesehatan mencegah penyebaran COVID-19. Salah satunya dengan menerapkan physical distancing atau jaga jarak fisik saat tawaf.

Seperti yang dilakukan jemaah haji saat melakukan Tawaf Al Qudum atau Tawaf selamat datang. Dalam rekaman video yang diunggah akun Haramain Sharifain @hsharifain, terlihat jemaah haji melakukan Tawaf dengan menjaga jarak mengikuti garis-garis yang telah ditentukan.

3 dari 3 halaman

Pakai Masker hingga Gelang Elektronik

"Tidak ada kekhawatiran terkait keamanan dalam ibadah ini, tetapi (pengurangan) adalah untuk melindungi jemaah dari bahaya pandemi," kata Khalid bin Qarar Al Harbi, direktur keamanan publik Arab Saudi.

Jemaah akan diminta mengenakan masker dan menerapkan jarak sosial selama rangkaian ibadah haji yang diselesaikan dalam lima hari di kota suci Makkah dan sekitarnya di Arab Saudi barat.

Mereka yang dipilih untuk ambil bagian dalam haji dikenakan pemeriksaan suhu, dan ditempatkan di karantina ketika menuju Makkah pada akhir pekan.

Media pemerintah menunjukkan petugas kesehatan membersihkan bagasi mereka, dan beberapa jemaah melaporkan diberi gelang elektronik untuk memungkinkan pihak berwenang memantau keberadaan mereka.

Para pekerja, memegangi sapu dan desinfektan, terlihat membersihkan area di sekitar Ka'bah.

Pihak berwenang haji menutup Ka'bah tahun ini, mengatakan jemaah tidak akan diizinkan untuk menyentuhnya, untuk membatasi kemungkinan infeksi.

Mereka juga melaporkan mendirikan beberapa fasilitas kesehatan, klinik keliling dan ambulans untuk melayani para jemaah haji.

Tahun ini, pers atau media asing juga dilarang untuk ikut serta dalam ibadah haji, di mana biasanya menjadi acara media global yang besar, lantaran pemerintah memperketat akses ke Makkah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.