Sukses

Umumkan Renovasi Rose Garden Gedung Putih, Melania Trump Menuai Kritik

Melania Trump mengumumkan akan mengawasi renovasi Rose Garden di Gedung Putih, taman bunga ikonik yang berbatasan dengan Kantor Oval dan Sayap Barat.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Melania Trump mengumumkan akan mengawasi renovasi Rose Garden di Gedung Putih, taman bunga ikonik yang berbatasan dengan Kantor Oval dan Sayap Barat.

Ia bermaksud untuk mengembalikan taman tersebut agar lebih menyerupai desain asli pembentukan Rose Garden, yang didirikan Presiden John F. Kennedy, dan diimplementasikan oleh hortikultura Rachel "Bunny" Mellon pada 1962.

Renovasi, yang akan mencakup penggalian itu diperkirakan memakan waktu beberapa pekan. Selama renovasi itu, Rose Garden tidak bisa digunakan.

"Tindakan menanam kebun akan membutuhkan kerja keras dan harapan akan kemungkinan masa depan yang cerah," kata ibu negara Amerika Serikat itu.

"Melestarikan sejarah dan keindahan Gedung Putih pada dasarnya adalah bukti komitmen bangsa kita untuk merawat pemandangan ini dan dedikasi kita pada cita-cita Amerika, melindungi pemandangan ini untuk anak-anak kita di generasi yang akan datang."

Beberapa minggu terakhir, Presiden AS Donald Trump telah menggunakan Rose Garden lebih sering sebagai tempat untuk mengadakan konferensi pers. Hal ini dikarenakan selama pandemi COVID-19, para ahli medis berpendapat, tempat terbuka memberikan lebih banyak keamanan daripada ditempat tertutup perihal potensi penyebaran virus bagi para jurnalis dan tamu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bukan Tempat Pertama yang Direnovasi

Keputusan untuk mengubah Rose Garden sebenarnya sudah direncanakan beberapa bulan yang lalu. Proyek renovasi dan perawatan Gedung Putih seringkali dilakukan selama bulan Agustus, ketika keluarga biasanya jauh dari Washington untuk liburan musim panas.

Pada Agustus 2017 dan 2018, ketika Trump berada di Bedminster, New Jersey, proyek yang untuk memperbaiki dan merapikan Gedung Putih pun dilaksanakan.

The Rose Garden adalah proyek renovasi terbaru untuk Trump, yang sebelumnya telah merenovasi beberapa tempat, termasuk arena bowling Gedung Putih dan beberapa ruang publik Gedung Putih seperti penutup dinding di Red Room, perabotan di Blue Room, tirai di Green Room dan permadani di Ruang Penerimaan Diplomatik, tempat ia menambahkan bunga-bunga yang masing-masing mewakili 50 negara bagian.

Menurut juru bicara Gedung Putih, renovasi keempat ruang publik Gedung Putih tersebut didanai oleh sumbangan pribadi ke Asosiasi Gedung Putih, lembaga nirlaba yang berfungsi untuk mengawasi konservasi dan pemeliharaan Rumah Rakyat. Sedangkan untuk biaya renovasi arena bowling ditanggung oleh Asosiasi Pemilik Bowling Amerika dan untuk renovasi Rose Garden akan dibiayai dengan sumbangan pribadi.

3 dari 5 halaman

Menuai Kritik

Pada Maret, ketika Virus Corona mulai menyerang Amerika Serikat, Donald Trump dikritik karena melakukan renovasi pada Paviliun Tenis Gedung Putih, sebuah proyek yang didanai secara pribadi di South Lawn untuk digunakan hanya oleh keluarga presiden dan tamu-tamu mereka.

Trump pertama kali mengumumkan renovasi paviliun pada Oktober 2019 dalam sebuah tweet yang menampilkan foto dirinya dengan sekop seremonial dan pernyataan yang mengatakan "Ini adalah harapan saya bahwa ruang pribadi ini akan berfungsi sebagai tempat untuk berkumpul dan menghabiskan waktu luang dengan keluarga."

Melansir CNN, Rabu (29/7/2020), kritikan bermula saat Trump meposting foto-foto ibu negara mengenakan topi keras dan melihat lebih jelas rencana arsitektur sebagi bentuk mengekspresikan kegembiraannya. Postingan tersebut pun menerima sejumlah besar reaksi negatif  tentang tempat rekreasi mewah walaupun banyak publik yang kurang sentimen tentang pandemi COVID-19 yang meyebabkan meningkatnya jumlah kematian di Amerika.

Serangan balasan mendorong Trump untuk membuat pernyataan langka di pembelaannya. "Saya mendorong semua orang yang memilih untuk bersikap negatif yang mempertanyakan pekerjaan saya di Gedung Putih untuk meluangkan waktu dan menyumbangkan sesuatu yang baik serta produktif di komunitas mereka sendiri," ungkap Trump.

Sumber yang mengetahui rencana tersebut mengatakan kepada CNN bahwa merenovasi Rose Garden telah direncanakan sejak sebelum pandemi, meskipun waktu pelaksanaanya ketika Amerika sedang menghadapi penyebaran penyakit mematikan yang sedang berlangsung. Saat kasus positif yang dilaporkan dari COVID-19 di Amerika Serikat melampaui angka 4 juta minggu lalu, Trump menghadapi tuduhan "politis tuli" setelah diungkapkannya pengumuman renovasi.

"Saya pikir ibu negara harus menyadari bahwa ini bisa terlihat seperti momen ketidakpedulian terhadap keprihatinan," kata Kate Andersen Brower, seorang penulis 'Tim Lima: Klub Presiden di Zaman Trump'.

"Saya pikir ini penting baginya untuk menunjukkan bahwa ini adalah sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan masa pemerintahan Trump, tetapi lebih tentang memastikan bahwa Gedung Putih adalah rumah yang indah dan nyaman untuk setiap presiden yang menempatinya. Tapi, ya, tidak ada waktu yang lebih buruk di negara ini selain dirusak oleh COVID-19 dan ada pergolakan ekonomi dan sosial yang besar. "

Keputusan Trump untuk meninggalkan jejaknya di Rose Garden, dan mengembalikannya ke rencana desain semula, pada awalnya didorong oleh kebutuhan akan pemeliharaan umum, serta untuk mencegah rotasi konstan berbagai tanaman, bunga, dan semak. Trump pun meminta Layanan Taman Nasional untuk bertanggung jawab atas pemeliharaan semua lahan di atas 18 hektar yang terdiri dari kompleks Gedung Putih. Ada sekitar 12 karyawan Layanan Taman Nasional yang ditugaskan untuk merawat Gedung Putih, serta seorang pengawas tanah Gedung Putih.

4 dari 5 halaman

Sejarah Rose Garden

Pertama kali dikonseptualisasikan sebagai Taman Mawar pada tahun 1913 oleh istri pertama Woodrow Wilson, Ellen Wilson, penanaman dilakukan di tengah jalan ketika Ellen meninggal pada tahun 1914. Proyek ini pun akhirnya diambil oleh istri kedua Wilson, Edith, yang melanjutkan penambahan tanaman mawar ke tempat yang sebelumnya dikenal sebagai Taman Barat.

Pada tahun 1961, Kennedy meminta teman pribadinya, Bunny Mellon, untuk mendesain ulang taman sepanjang 125 kaki, lebar 60 kaki. Kennedy, bersama istrinya, Jacqueline Kennedy, baru saja kembali dari tur Eropa yang panjang, di mana ia mengagumi keagungan dan keindahan taman formal yang rumit yang berdekatan dengan tempat tinggal resmi.

"Presiden telah mencatat bahwa Gedung Putih tidak memiliki taman yang setara dalam kualitas atau daya tariknya dengan taman-taman yang telah dia saksikan dan di Eropa," kata Mellon dalam menceritakan pengalaman pribadinya tentang pengembangan Red Garden. "Dia ingin memulai, dengan sangat tergesa-gesa, untuk membuat kembali daerah dekat kantornya di ujung barat Gedung Putih, yang dikenal sebagai Rose Garden, ke daerah yang bermanfaat dan menarik."

5 dari 5 halaman

Sebagai Tempat Pertemuan Gedung Putih

Mellon merancang taman yang dipenuhi tanaman mawar dan bunga-bunga lain, serta pohon-pohon apel yang subur, yang ditata di dalam kotak-kotak pagar berbentuk berlian. Selain mawar yang terkenal, dia menambahkan bunga lili dan tulip, verbena dan aster, krisan dan geranium, beberapa spesies bunga musiman yang semarak untuk mengisi hamparan luas rumput hijau di tengahnya.

Mellon ingin pohon-pohon dan bunga-bunga benar-benar "membingkai" halaman yang hijau tersebut, yang dibuatnya cukup besar untuk menampung ratusan tamu. The Rose Garden  dalam beberapa decade telah menjadi tempat berbagai acara presiden, dari upacara hingga pengumuman dan perayaan.

"Mellon berkata JFK benar-benar orang yang bertanggung jawab atas taman dan bahwa dia tidak pernah berhenti tertarik padanya," kata Brower. "Rose Garden telah menjadi simbol kepresidenan Amerika seperti halnya meja Resolute di Oval Office. Rose Garden sering kali diingat sebagai sesuatu yang penting dan bersejarah."

Melania Trump telah memanfaatkan Rose Garden menjadi tempat  penyelenggaraan makan malam perihal kunjungan resmi Perdana Menteri Australia Scott Morrison September lalu, dengan al fresco. Dalam sambutannya pada resepsi Mei 2019 untuk Asosiasi Sejarah Gedung Putih, Trump mengatakan, "Keluarga kami bersyukur untuk hidup dalam simbol sejati sejarah bangsa kita ini, tetapi kami bahkan lebih terhormat untuk berperan dalam memulihkan dan meningkatkan kesucian negara kita ini. "

 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.