Sejumlah Truk Tangki Bahan Bakar di Iran Terbakar, Penyebabnya Dirahasiakan

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 29 Jul 2020, 14:29 WIB
Diperbarui 29 Jul 2020, 14:29 WIB
20160224-Ilustrasi Mobil Terbakar-iStockphoto
Perbesar
ilustrasi foto mobil terbakar (iStockphoto)

Liputan6.com, Teheran- Insiden kebakaran terjadi pada sejumlah truk tangki bahan bakar di sebuah tempat parkir truk dekat kota Kermanshah di Iran barat, pada 28 Juli. 

Kebakaran tersebut mengakibatkan gumpalan asap dan memicu kepanikan penduduk setempat, menurut laporan media nasional Iran.

Kebakaran itu terjadi saat pekerjaan perbaikan pada sebuah kendaraan berat sebelum menyebar ke tujuh truk lainnya, kata Gubernur Fazlollah Ranjbar, yang dikutip oleh kantor berita resmi Iran, IRNA.

Juru bicara layanan darurat mengatakan kepada AFP, bahwa lima orang mengalami luka-luka termasuk empat petugas pemadam kebakaran karena insiden itu.

Asap hitam tampak mengepul ke langit dalam sebuah rekaman video amatir yang ditayangkan di situs televisi pemerintah. Selain itu, video tersebut juga menunjukkan orang-orang yang terlihat panik ketika para petugas pemadam kebakaran hendak menangani kebakaran itu.

Namun gubernur membantah adanya ledakan dalam insiden tersebut.

Gubernur Fazlollah Ranjbar menyampaikan, "Kami tidak memiliki ledakan di mana pun di kota ini hari ini, dan asap hitam yang dilihat warga di langit kota metropolitan Kermanshah terkait dengan kebakaran di parkiran truk ini," demikian seperti dikutip dari AFP, Rabu (29/7/2020).

2 dari 3 halaman

Insiden Kebakaran di Iran dalam Beberapa Pekan Terakhir

ilustrasi petugas pemadam kebakaran.
Perbesar
ilustrasi petugas pemadam kebakaran. (iStockphoto)

Selanjutnya, Gubernur Fazlollah Ranjbar menyatakan bahwa kebakaran itu telah tertangani oleh petugas pemadam kebakaran dan upaya penyelamatan masih berlangsung.

Dalam beberapa pekan terakhir, insiden ini merupakan yang terbaru dalam serangkaian ledakan dan kebakaran di situs militer dan sipil di wilayah-wilayah di Iran.

Sebelumnya, pada akhir bulan Juni, dua ledakan melanda Teheran, dimana satu ledakan terjadi di dekat sebuah situs militer dan yang lainnya di sebuah pusat kesehatan, yang menewaskan 19 orang.

Tak hanya itu, kebakaran atau ledakan juga sempat terjadi pada galangan kapal di Iran selatan bulan ini dan kompleks nuklir Natanz di Iran tengah.

Namun, pihak berwenang Iran telah menyatatakan kebakaran yang terjadi di Natanz merupakan kecelakaan.

Mereka juga mengatakan tidak akan mengungkapkan penyebabnya karena "alasan keamanan".

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait