Sukses

Menlu China Kecam Provokasi AS Usai Penutupan Kedua Konsulat

Menlu China menyebutkan bahwa AS telah melakukan provokasi.

Liputan6.com, Chengdu - Menteri Luar Negeri China mengecam AS atas "provokasi konfrontasi yang gegabah", setelah kedua pihak memerintahkan penutupan konsulat satu sama lain, tetapi menyerukan "komunikasi rasional" antara kedua kekuatan.

Melansir Channel News Asia, Rabu (29/7/2020), Wang Yi memperingatkan dalam panggilan telepon dengan pihak Perancis Jean-Yves Le Drian bahwa hubungan China-AS dapat "jatuh ke dalam jurang konfrontasi", menurut sebuah transkrip yang diterbitkan oleh kementerian luar negeri China.

Dia juga menyerukan masyarakat internasional untuk menolak "tindakan sepihak atau hegemonik", katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungan Panas AS-China

Hubungan kedua pihak telah memburuk dalam beberapa pekan terakhir dalam ketegangan yang meningkat antara Washington dan Beijing, dengan misi AS di Chengdu diperintahkan untuk tutup pada hari Senin sebagai pembalasan atas penutupan paksa konsulat China di Houston, Texas.

"Provokasi AS yang ceroboh tentang konfrontasi dan perpecahan, tidak berhubungan dengan kenyataan bahwa kepentingan China dan Amerika Serikat sangat terintegrasi," kata Wang.

Tetapi kedua belah pihak harus "terlibat dalam komunikasi rasional" dan "jangan pernah membiarkan beberapa elemen anti-China membalikkan puluhan tahun pertukaran dan kerja sama yang berhasil", tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.