Sukses

Bukan Balas Dendam, Ini 5 Jurus Jitu Lupakan Mantan

Saat patah hati, perasaan betul-betul sakit. Jangan terlalu lama ingat pada mantan. Lakukan hal-hal ini.

Liputan6.com, Jakarta - Putus cinta terasa sangat menyakitkan, demikian pula menurut mereka yang mengalaminya. Perasaan sedih yang muncul setelah putus cinta umumnya menyayat hati, sebab harus melepaskan orang yang dicintai alias mantan.

Banyak orang berupaya untuk menyembuhkan diri mereka sendiri, dengan melakukan segala cara agar bangkit dari keterpurukan dan melupakan mantan. Namun, kata mereka, tidak secepat dan semudah yang dibayangkan.

Jika benar-benar ingin menyembuhkan luka hati dan melanjutkan hidup, maka orang yang putus cinta harus menyusun strategi dan rencana untuk menghindari penderitaan sementara seperti itu.

Seperti dikutip dari laman peiredlife, Senin (27/7/2020), berikut 5 jurus jitu lupakan mantan:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Terima Apa yang Terjadi Tapi Jangan Berkutat di Situ

Adalah normal untuk marah dan merasa terluka setelah putus cinta terutama jika itu masalah pihak ketiga. Dan Anda mungkin akan marah untuk waktu yang lama.

Tetapi jika Anda tetap marah, hanya akan membuat stres dan dunia lebih kecil. Anda harus menerima bahwa hubungan sudah berakhir dan bahkan tidak mencoba untuk mengambil hati terus menerus karena hanya akan melukai diri sendiri.

Penerimaan adalah langkah pertama untuk bergerak dan mengatasi mantan Anda. Jadi inilah saatnya untuk membuat langkah pertama itu.

Setelah menerimanya, jangan memikirkannya. Jangan terlalu banyak berpikir dan menganalisis sesuatu.

Jangan memikirkan "apa yang terjadi atau apa yang mungkin terjadi" dalam hubungan. Tidak ada hasil. Percayalah, saya itu hanya membuat saya merasa lebih buruk daripada sebelumnya.

Sebaliknya, pilih untuk menerima bahwa itu sudah berakhir dan berhenti berpikir. Ini tidak mudah, tetapi Anda bisa melakukannya.

3 dari 6 halaman

2. Pikirkan Diri Sendiri

Anda harus belajar melepaskan. Kami tahu itu tidak mudah. Melepaskan sebenarnya adalah fase yang paling penting dan paling sulit dari setiap hubungan.

Terlalu banyak ingatan dan melupakan ingatan ini terasa mustahil. Nah, siapa yang tidak sulit melepaskannya?

Anda telah menginvestasikan begitu banyak waktu, upaya uang dan air mata untuk membuat hubungan itu berhasil.

Tentu saja sulit untuk dilepaskan! Namun, Anda juga harus memikirkan diri sendiri. Anda harus menghormati dan menghargai diri sendiri lebih dari siapa pun. Jangan berpegang teguh pada seseorang yang tidak melihat nilai sejati Anda. Itu tidak akan berhasil.

 

4 dari 6 halaman

3. Keluar dan Lakukan Hal Produktif

Ketika Anda sendirian, Anda boleh memikirkan semuanya tetapi jangan berlebihan.

Jangan tinggal di dalam rumah terlalu lama. Keluar dan nikmati alam bebas. Bersosialisasi dengan teman-teman Anda. Ini akan memberi Anda lebih sedikit waktu untuk memikirkan mantan Anda. Berjemur di bawah sinar matahari atau pergi ke tempat lain bersama anggota keluarga.

Ini pasti akan memberi Anda pandangan yang lebih baik tentang dunia yang pernah Anda tinggali dunia tanpa mantan itu.

Jangan lupa bahwa Anda pernah hidup tanpanya, jadi itu tidak akan menghancurkan hidup Anda sekarang karena Anda kembali ke tempat Anda dulu.

Selain itu, berolahraga, sinar matahari, dan udara segar akan membantu Anda menjadi lebih sehat yang akan membuat tubuh Anda terasa nyaman. Segera lakukan, hati Anda akan mulai merasa lebih baik juga.

 

5 dari 6 halaman

4. Buat Kenangan Baru

Untuk menghilangkanmantan Anda dari pikiran, Anda harus membuat kenangan baru. Jika Anda mengunjungi beberapa tempat bersama di masa lalu, Anda harus pergi ke tempat baru yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.

Lebih baik lagi, pergi ke suatu tempat Anda pergi bersama tetapi kali ini lakukan dengan orang yang Anda cintai dan teman-teman.

Makanlah makanan yang belum pernah Anda cicipi sebelumnya. Cobalah olahraga yang berbeda.

Lakukan sesuatu yang tidak pernah Anda pikir akan Anda lakukan seperti bungee jumping, skydiving, ziplining, panjat tebing, atau apa pun.

Jika Anda menciptakan ingatan baru, Anda akan memiliki kesempatan lebih baik untuk melupakan mantan Anda, dan dalam prosesnya, Anda akan menemukan banyak hal lagi yang Anda mampu, hal-hal yang tidak pernah Anda pikir bisa Anda lakukan.

 

6 dari 6 halaman

5. Perbaiki Diri Anda

Anda lajang. Ini adalah waktu terbaik bagi Anda untuk fokus pada diri Anda. Sekarang, uang dan waktu Anda adalah milik Anda. Jangan merasa bersalah menghabiskannya.

Perlakukan diri Anda dengan baik. Pergi ke spa atau beli apa saja untuk membuat Anda dimanjakan seperti mani pedi.

Beli satu set pakaian, sepatu, dan makeup baru. Beri diri Anda perubahan sebagai wanita atau pria yang kuat dan mandiri.

Ikuti kursus kuliner dan pelajari sesuatu yang baru. Manjakan diri dalam kegiatan yang bermanfaat seperti yoga, berenang, bersepeda, dan seni.

Saat Anda meningkatkan diri, Anda akan membangun kepercayaan diri yang dirusak oleh hubungan Anda sebelumnya. Percaya diri pada diri sendiri memberi Anda keseimbangan tertentu. Itu membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri, dan itu sangat menarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.