Sukses

Korea Utara Lockdown Kota Perbatasan Usai Dugaan Kasus Virus Corona Pertama

Korea Utara me-lockdown Kaesong, kota di perbatasan dengan Korea Selatan, setelah menemukan apa yang mereka katakan adalah dugaan kasus COVID-19 pertama di negara itu.

Liputan6.com, Pyongyang - Otoritas Korea Utara telah memberlakukan lockdown di Kaesong, kota perbatasan dengan Korea Selatan, setelah menemukan apa yang mereka katakan adalah dugaan kasus COVID-19 pertama di negara itu, media pemerintah melaporkan pada Minggu 26 Juli 2020.

Pemimpin Korut Kim Jong-un telah mengadakan pertemuan politbiro darurat pada Sabtu 25 Juli untuk menerapkan "sistem darurat maksimum dan mengeluarkan peringatan kelas atas" untuk mengendalikan virus, kata kantor berita resmi KCNA, dikutip dari the Bangkok Post (26/7/2020).

Jika dikonfirmasi, itu akan menjadi kasus COVID-19 yang diakui secara resmi pertama di Korea Utara, di mana infrastruktur medis dipandang sangat tidak memadai untuk menangani epidemi apa pun.

KCNA mengatakan, seorang pembelot yang telah pergi ke Korea Selatan tiga tahun lalu kembali pada 19 Juli 2020 setelah "secara ilegal menyeberang" perbatasan yang dibentengi sangat besar yang membagi kedua negara.

Tetapi, belum ada laporan di Korea Selatan tentang siapa yang pergi dan melalui apa --mengingat, perlintasan yang menghubungkan kedua negara merupakan perbatasan paling aman di dunia, penuh dengan ladang ranjau dan pos jaga militer.

Pyongyang sebelumnya menegaskan bahwa tidak ada satu pun kasus COVID-19 telah terlihat di Korea Utara meskipun penyakitnya telah melanda dunia, dan perbatasan negara itu tetap ditutup.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tentang Pasien Terduga Pertama di Korea Utara

Pasien itu ditemukan di Kota Kaesong yang berbatasan dengan Korea Selatan, dan "ditempatkan di bawah karantina yang ketat", seperti halnya pasien kontak dekat, kata KCNA.

Itu adalah "situasi berbahaya ... yang dapat menyebabkan bencana yang mematikan dan merusak", tambah media.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan, "virus ganas itu bisa dikatakan telah memasuki negara", dan para pejabat pada Jumat 24 Juli telah mengambil "langkah awal untuk benar-benar memblokir Kota Kaesong".

Korut yang bersenjata nuklir menutup perbatasannya pada akhir Januari 2020 ketika virus itu menyebar di negara tetangga China.

Ini memberlakukan pembatasan ketat yang membuat ribuan orang ke dalam isolasi, tetapi analis mengatakan negara yang terisolasi itu tidak mungkin menghindari penularan.

 

3 dari 3 halaman

Rentan Penularan di Perbatasan

China dan Korea Utara berbagi perbatasan sepanjang 1.400 kilometer yang sangat keropos selama musim dingin, ketika sungai beku memungkinkan orang menyeberang untuk masuk dan keluar dari kedua negara dengan lebih mudah.

Lusinan warga Korea Utara menyeberangi perbatasan untuk menyelundupkan barang-barang pasar gelap setiap hari dan para analis mengatakan, mereka mungkin telah membawa virus ke negara yang terisolasi sebelum perbatasan ditutup.

"Tidak ada keraguan bahwa coronavirus di Korea Utara diimpor dari China," kata Go Myong-hyun, seorang analis di Asan Institute for Policy Studies, mencatat lalu lintas perbatasan yang padat dan jumlah kasus China yang tinggi.

Tetapi Pyongyang memilih kasus ini dari Selatan untuk menyoroti pembelot sebagai "makhluk berbahaya", kata Go, ketika Korea Utara meningkatkan tekanan terhadap Seoul.

Korea Selatan saat ini mencatat sekitar 40 hingga 60 infeksi baru per hari, dengan sebagian besar dari mereka mengimpor kasus.

Awal bulan ini Kim Jong-un memperingatkan terhadap segala tindakan anti-coronavirus yang "terburu-buru", yang mengindikasikan negara itu akan menjaga perbatasannya tetap tertutup untuk masa mendatang.

Lebih dari 30.000 warga sipil Korea Utara telah meninggalkan tanah air mereka sejak semenanjung itu dibagi pada akhir Perang Korea 1950-53.

Sebagian besar melarikan diri melintasi perbatasan berpori dengan China dan sangat jarang bagi mereka untuk melintasi perbatasan antar-Korea yang dijaga ketat.

Tetapi jumlah pelarian telah menyusut dalam beberapa bulan terakhir - dengan hanya 12 pendatang baru dari April hingga Juni dibandingkan dengan 320 pada periode yang sama tahun lalu - karena penutupan perbatasan karena virus, kata pejabat Seoul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.