Sukses

Spanyol dan Eropa Barat Cemas akan Potensi Gelombang Kedua Virus Corona

Spanyol mengambil langkah-langkah baru untuk mengurangi lonjakan kasus virus corona, di tengah kekhawatiran "gelombang kedua" yang lebih luas.

Liputan6.com, Madrid - Spanyol mengambil langkah-langkah baru untuk mengurangi lonjakan kasus virus corona, di tengah kekhawatiran "gelombang kedua" yang lebih luas.

Catalonia telah menutup kehidupan malamnya selama dua minggu tetapi kota-kota di luar wilayah timur laut juga mengalami peningkatan, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (26/7/2020).

Beberapa negara Eropa mewaspadai Spanyol sedemikian rupa. Inggris mengatakan semua yang kembali dari Negeri Matador harus mengasingkan diri, sementara Norwegia memiliki aturan yang sama, dengan Prancis memiliki peringatan perjalanan.

Namun bukan hanya Spanyol yang menghadap kecemasan serupa.

Prancis dan Jerman juga melihat peningkatan kasus baru, ketika negara-negara bergulat antara mencegah wabah baru virus corona dan membuka kembali ekonomi.

Kenaikan kasus di Eropa bergema dalam peningkatan yang jauh lebih besar di seluruh dunia, dengan rekor angka infeksi baru setiap hari sekitar 280.000 dalam dua hari terakhir.

"Meskipun tidak ada negara yang tidak terpengaruh, kenaikan ini didorong oleh transmisi tinggi di negara-negara besar dan padat penduduk di Amerika dan Asia Selatan," kata Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO dalam sebuah pernyataan pada Sabtu.

Ada lebih dari 15,7 juta kasus virus corona di seluruh dunia dan lebih dari 640.000 kematian, menurut Universitas Johns Hopkins.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa yang Terjadi di Spanyol

Hampir sebulan setelah Spanyol mengakhiri keadaan daruratnya, kota-kota termasuk Barcelona, Zaragoza dan ibu kota Madrid telah melihat lonjakan infeksi baru, mendorong pemerintah untuk memperingatkan bahwa gelombang kedua bisa segera terjadi.

Kementerian kesehatan melaporkan lebih dari 900 kasus baru virus pada hari Jumat. Satu tim sepakbola di divisi kedua, Fuenlabrada, kini memiliki 28 kasus yang dikonfirmasi.

Ppenularan di antara kaum muda adalah kekhawatiran khusus, karena mereka telah berkumpul dalam jumlah besar di kota-kota pada malam hari, BBC melaporkan.

Epidemiolog Dr Daniel Lopez-Acuna mengatakan kepada BBC bahwa rata-rata usia kasus dapat meningkat "karena penularannya terjadi dari anak-anak ke seluruh rumah tangga, dan tentu saja pada orang tua".

Inggris mengatakan semua yang kembali dari Spanyol harus mengasingkan diri selama 14 hari dari hari Minggu. Ini termasuk Kepulauan Canary dan Kepulauan Balearic, meskipun tujuan-tujuan tersebut tidak termasuk dalam peringatan umum baru Inggris untuk menghindari semua kecuali perjalanan penting ke daratan Spanyol.

Norwegia mengatakan pihaknya juga akan mulai mengkarantina orang yang datang dari Spanyol, sementara Perancis telah memperingatkan warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke Catalonia.

Belgia telah melarang perjalanan ke Huesca dan Lleida, dengan rekomendasi untuk tidak melakukan perjalanan ke sejumlah daerah lain di Spanyol.

Seorang juru bicara kementerian luar negeri Spanyol mengatakan negara itu aman, dengan hanya wabah lokal, terisolasi dan terkendali.

 

3 dari 3 halaman

Gambaran di Eropa

Sebagian besar mengalami peningkatan dan wabah tetapi ingin menjaga ekonomi berfungsi dan berharap gelombang kedua akan terbatas secara regional.

Belgia telah memperlambat pembukaan kembali di tengah kenaikan tajam dalam kasus-kasus.

Italia mengisolasi kedatangan pelancong dari Rumania dan Bulgaria selama dua minggu setelah sejumlah kasus impor.

Perdana Menteri Prancis Jean Castex mengatakan orang-orang yang datang dari 16 negara tempat virus tersebut beredar luas akan dikenakan tes coronavirus di tempat.

Kementerian kesehatan Prancis mengatakan sekarang ada lebih dari 1.000 kasus baru setiap hari di rumah sakit.

Jerman mengatakan akan memperkenalkan pengujian wajib bagi wisatawan yang kembali dari tujuan berisiko tinggi setelah infeksi mencapai level tertinggi dua bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.