Sukses

Rajin Kompres Leher Pakai Es Batu, Ini 4 Hal Baik yang Akan Terjadi Pada Anda

Es batu yang dikenal sederhana ini juga punya manfaat bagi kesehatan. Diyakini, es batu dapat meredakan sejumlah sakit.

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini kita hanya mengetahui bahwa manfaat dari es batu hanya untuk mendinginkan minuman atau mengawetkan bahan makanan seperti ikan, daging hingga sayuran.

Namun, es batu yang dikenal sederhana ini juga punya manfaat bagi kesehatan. Diyakini, es batu dapat meredakan sejumlah sakit.

Seperti pada kepala hingga bagian tubuh lain. Caranya sederhana. Hanya dengan melakukan kompres pada bagian leher dengan es batu selama 10 hingga 15 menit.

Es batu bisa dilapisi terlebih dahulu dengan kain atau bisa juga dimasukan ke sebuah kantung sehingga airnya tidak membasahi tubuh.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Sabtu (25/7/2020), berikut 4 manfaat yang dapat dirasakan jika mengkompres leher dengan es batu:

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mengurangi Sakit Kepala dan Nyeri

Titik pada leher yang ditempelkan es batu selama beberapa menit dapat menyebabkan penyembuhan pada kepala dan nyeri tubuh.

Es batu yang ditempelkan pada leher ini bisa menekan titik panas dan menstimulasi energi. Sakit kepada dan nyeri pada leher diyakini akan hilang apabila es batu ditempelkan di bagian tersebut.

3 dari 5 halaman

2. Mengurangi Sakit Sebelum Haid

Ahli akupunktur menyatakan bahwa ada hubungan antara pangkal tengkorak dan gejala PMS.

Ketika Anda menggunakan tekanan atau es untuk merangsang titik pada leher belakang, maka akan membantu mengurangi kram dan gejolak suasana hati tak menentu saat haid.

Rasa sakit sebelum dan saat haid pun dapat teratasi. Anda juga akan jauh lebih rileks.

4 dari 5 halaman

3. Tingkatkan Kualitas Tidur

Bagi Anda yang memiliki masalah pada tidur, bisa menggunakan metode ini. Dengan menempelkan es beberapa menit pada bagian leher depan hingga belakang akan membantu Anda untuk beristirahat.

Seperti yang kita ketahui, tidur adalah kunci utama dalam menjalani hari-hari. Waktu tidur yang cukup akan membantu orang untuk bekerja dan beraktivitas keesokan harinya.

5 dari 5 halaman

4. Kurangi Stres

Meletakkan es batu pada leher selama beberapa menit juga bisa mengatur gangguan psiko-emosional, depresi, dan stres.

Sejumlah orang mengaku telah mendapatkan manfaat hanya dengan pecahan es batu yang ditempelkan di bagian leher. Rasa dingin pada es ini akan membuat tubuh rileks.

Apabila bagian tubuh telah rileks, maka pikiran juga akan jauh lebih tenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.