Sukses

Tensi AS - China, Pria Singapura Mengaku sebagai Agen Tiongkok di Amerika

Seorang pria Singapura mengaku bersalah di AS karena bekerja sebagai agen China, insiden terbaru dalam pertikaian yang meningkat antara Washington dan Beijing.

Liputan6.com, Washington DC - Seorang pria Singapura mengaku bersalah di AS karena bekerja sebagai agen China, insiden terbaru dalam pertikaian yang meningkat antara Washington dan Beijing.

Jun Wei Yeo didakwa menggunakan konsultasi politiknya di Amerika sebagai samaran untuk mengumpulkan informasi bagi intelijen Tiongkok, klaim pejabat AS, dikutip dari BBC, Sabtu (25/7/2020).

Secara terpisah, AS mengatakan seorang peneliti Tiongkok yang dituduh menyembunyikan hubungannya dengan militer China juga telah ditahan.

China sebelumnya memerintahkan penutupan konsulat AS di Chengdu.

Langkah untuk menutup misi diplomatik di kota barat daya itu sebagai tanggapan atas penutupan konsulat China di Houston, AS.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan keputusan itu diambil karena China "mencuri" kekayaan intelektual.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin menanggapi dengan mengatakan bahwa langkah AS didasarkan pada "gado-gado kebohongan anti-China".

Setelah batas waktu 72 jam bagi diplomat China untuk meninggalkan konsulat Houston berakhir pada hari Jumat pukul 16:00 (21:00 GMT) wartawan melihat orang-orang yang tampaknya adalah pejabat AS memaksa membuka pintu untuk memasuki tempat itu. Staf berseragam dari Biro Keamanan Diplomatik Kementerian Luar Negeri AS mengambil posisi untuk menjaga pintu masuk.

Ketegangan meningkat antara kedua kekuatan nuklir terkait beberapa masalah utama.

Pemerintahan Presiden Donald Trump telah berulang kali berselisih dengan Beijing mengenai perdagangan dan pandemi coronavirus, langkah China terhadap undang-undang keamanan baru yang kontroversial di Hong Kong, hingga isu Uighur.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soal 'Agen' China di AS

Jun Wei Yeo, juga dikenal sebagai Dickson Yeo, pada hari Jumat 24 Juli 2020 mengaku bersalah di pengadilan federal untuk bekerja sebagai agen ilegal pemerintah China pada 2015-19, Kementerian Kehakiman AS mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Dia sebelumnya dituduh menggunakan konsultasi politiknya di negara itu sebagai front untuk mengumpulkan informasi berharga non-publik untuk intelijen Tiongkok.

Dalam pembelaannya yang bersalah, ia mengaku mencari orang-orang Amerika dengan izin keamanan tingkat tinggi dan membuat mereka menulis laporan untuk klien palsu.

Yeo ditangkap saat ia terbang ke AS pada 2019.

Sementara itu, seorang peneliti China juga ditangkap. Peneliti itu dinamai oleh pejabat AS sebagai Juan Tang, berusia 37 tahun.

Dia termasuk di antara empat warga negara China yang dituduh awal pekan ini melakukan penipuan visa karena dituduh berbohong tentang bertugas di Tentara Pembebasan Rakyat China.

Juan Tang adalah yang terakhir dari empat yang ditahan di California, setelah AS menuduh konsulat China di San Francisco menyembunyikannya.

Tidak segera jelas bagaimana dia ditangkap.

Agen-agen FBI telah menemukan foto-foto Juan Tang mengenakan seragam militer dan meninjau artikel-artikel di China yang mengidentifikasi afiliasi militernya, lapor kantor berita Associated Press.

Itu mengutip University of California Davis yang mengatakan bahwa dia meninggalkan pekerjaannya sebagai peneliti tamu di Departemen Onkologi Radiasi pada Juni.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.