8 Fakta Salat Jumat Pertama di Hagia Sophia

Oleh Liputan6.com pada 24 Jul 2020, 19:02 WIB
Diperbarui 24 Jul 2020, 19:06 WIB
Hagia Sophia
Perbesar
Kendaraan polisi berpatroli di depan Hagia Sophia di Istanbul pada 11 Juli 2020. Pemerintah Turki memutuskan untuk mengembalikan status Hagia Sophia menjadi masjid setelah difungsikan sebagai museum. (Ozan KOSE/AFP)

Liputan6.com, Istanbul - Ribuan warga di Turki berkumpul di dekat Hagia Sophia untuk menunaikan ibadah salat Jumat pertama di tempat bersejarah itu.

Salat Jumat pertama dilakukan setelah Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyatakan bahwa bangunan bersejarah bagi umat Kristen dan Muslim di negara tersebut kembali menjadi masjid setelah hampir 1.500 tahun. Hagia Sophia sebelumnya diketahui merupakan museum.

Berikut ini sejumlah fakta Salat Jumat pertama di Hagia Sophia dikutip dari hurriyetdailynews.com, Jumat (24/7/2020):

2 dari 10 halaman

1. Kembali Dijadikan Masjid Setelah 86 Tahun

TURKEY HAGIA SOPHIA Overview ((AP Photo/Yasin Akgul)
Perbesar
TURKEY HAGIA SOPHIA Overview ((AP Photo/Yasin Akgul)

Hagia Sophia telah dibuka kembali hari ini sebagai rumah ibadah umat Islam untuk pertama kalinya dalam 86 tahun dengan salat Jumat perdana.

Salah satu seorang warga, yaitu Sait Colak, mengungkapkan kegembiraannya, "Kami mengakhiri kerinduan 86 tahun kami hari ini," merujuk pada waktu yang sudah hampir sembilan dekade sejak Hagia Sophia dinyatakan sebagai museum dari masjid pada sebelumnya.

Sait Colak juga menyampaikan terima kasihnya kepada Presiden Erdogan tentang perubahan fungsi pada Hagia Sophia menjadi masjid.

3 dari 10 halaman

2. Lantai Struktur Historis Dilapisi Karpet

TURKEY HAGIA SOPHIA (Turkish Presidency via AP, Pool)
Perbesar
Turkey's President Recep Tayyip Erdogan, accompanied by his wife Emine, poses for photographs as he visits the Byzantine-era Hagia Sophia (Turkish Presidency via AP, Pool)

Karpet pun telah digelar di dalam Hagia Sophia, tepat sebelum salat Jumat pertama dalam sejarah modern Turki. Karpet bernuansa warna hijau tersebut memiliki termasuk motif Ottoman abad ke-17.

Lantai dari struktur historis tersebut ditutupi dengan karpet, karena dimaksudkan untuk tidak merusak tekstur dan arsitektur bangunan bersejarah.

4 dari 10 halaman

3. Lukisan Kristen dan Mozaik Tak Diubah

Hagia Sophia
Perbesar
Turis mengunjungi bagian dalam Hagia Sophia di Istanbul, Turki pada 10 Juli 2020. Bangunan ini ini memiliki gaya arsitektur dari gabungan kontras dua agama, yakni arsitektur Kristen dan arsitektur Islam. (Ozan KOSE/AFP)

Pihak berwenang juga mengatakan bahwa gambar tokoh Kristen lain yang terdapat di Hagia Sophia tidak menimbulkan masalah bagi para jemaah, karena mereka tidak berada di arah kiblat.

Keputusannya, lukisan-lukisan Kristen dan mozaik yang menghiasi kubah besar juga aula tengah Hagia Sophia akan dittutup sementara oleh tirai, selama ibadah salat Jumat, dan akan tetap dipajang meskipun fungsi bagunan diubah.

5 dari 10 halaman

4. Ali Erbaş Pemimpin Salat Jumat Pertama

TURKEY HAGIA SOPHIA (AP Photo/Yasin Akgul)
Perbesar
TURKEY HAGIA SOPHIA (AP Photo/Yasin Akgul)

Ali Erbaş, kepala badan keagamaan tertinggi Turki, adalah orang yang memimpin salat Jumat pertama di Hagia Sophia pada 24 Juli. Dua imam dan empat muazin lainnya telah ditugaskan untuk memimpin di hari-hari berikutnya.

6 dari 10 halaman

5. Tetap Utamakan Keamanan

TURKEY HAGIA SOPHIA (AP Photo/Yasin Akgul)
Perbesar
TURKEY HAGIA SOPHIA (AP Photo/Yasin Akgul)

Sementara itu, berbagai langkah keamanan tetap diberlakukan di sekitar Hagia Sophia dan tempat utama semenanjung Istanbul yang bersejarah untuk ibadah Islam pertama.

"Kami mendorong para tamu untuk tidak membawa tas tangan dan ransel sehingga transisi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah di titik pencarian," kata Yerlikaya.

Selain itu, para jemaah juga tampak mendatangi Hagia Sophia dengan mengenakan masker sebagai upaya untuk menghindari risiko Virus Corona COVID-19.

7 dari 10 halaman

6. Tetap Dibuka untuk Wisatawan

Erdogan Berkunjung ke Masjid Hagia Sophia
Perbesar
Presiden Turki Tayyip Erdogan mengunjungi Hagia Sophia di distrik bersejarah Sultanahmet, Istanbul, Minggu (19/7/2020). Erdogan melakukan kunjungan mendadak beberapa hari sebelum diselenggarakannya salat pertama usai Hagia Sofia diubah menjadi Masjid. (Turkish Presidency via AP, Pool)

Harta arsitektur, yang merupakan salah satu tujuan wisata utama Turki, juga akan terbuka bagi wisatawan domestik dan asing secara gratis.

Presiden Erdogan mengatakan masjid itu akan tetap "terbuka untuk semua, penduduk setempat dan orang asing, baik Muslim dan non-Muslim"

8 dari 10 halaman

7. Jalan Panjang Hagia Sophia Jadi Masjid

Hagia Sophia
Perbesar
Orang-orang berjalan di depan Hagia Sophia di Istanbul, Turki pada 11 Juli 2020. Hagia Sophia, bangunan berusia 1.500 tahun, saat ini berubah statusnya menjadi masjid. (Ozan KOSE/AFP)

Hagia Sophia digunakan sebagai gereja selama berabad-abad di bawah pemerintahan Kekaisaran Bizantium dan berubah menjadi masjid setelah penaklukannya atas Istanbul pada tahun 1453. Namun pada 1935, Hagia Sophia diubah menjadi museum.

Pada 10 Juli, pengadilan Turki membatalkan dekret Kabinet 1934 dan langkah ini membuka jalan untuk digunakan kembali sebagai masjid.

9 dari 10 halaman

8. Presiden Turki Membaca Ayat Al-Qur'an

Erdogan Berkunjung ke Masjid Hagia Sophia
Perbesar
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) mendengarkan penjelasan ketika mengunjungi Hagia Sophia di distrik bersejarah Sultanahmet, Istanbul, Minggu (19/7/2020). Erdogan melakukan kunjungan mendadak ke Hagia Sophia, beberapa pekan setelah berubah menjadi masjid. (Turkish Presidency via AP, Pool)

Erdogan membaca sebuah ayat dari kitab suci Muslim, Al-Qur'an, sebelum panggilan untuk salat terdengar dari empat menara Hagia Sophia.

Reporteer: Vitaloca Cindrauli Sitompul

10 dari 10 halaman

Saksikan juga Video Ini:

Lanjutkan Membaca ↓