Sukses

Berapa Biaya Mengecat Pesawat? Ini Penjelasannya

Menampilkan gambar pesawat mereka sendiri yang sudah didesain untuk promosi, lapisan cat pesawat harus diperhitungkan.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai penerbangan adalah salah satu pelayanan yang paling dikenal di dunia, dan tidak ada cara promosi yang lebih baik selain daripada menampilkan gambar pesawat mereka sendiri. Sekali waktu maskapai penerbangan menampilkan bendera nasionalnya.

Kedua hal itu merupakan simbol kebanggaan suatu negara dan gambaran dari status semi diplomatik yang dimiliki oleh maskapai penerbangan (oleh karena itu istilah "pembawa bendera").

Semua ini berubah dengan liberalisasi industri perjalanan udara.

Munculnya maskapai penerbangan swasta yang dinamis dan kompetitif membuka pintu-pintu kreativitas perihal simbol pesawat: dari warna-warna cerah dan menarik yang disukai oleh maskapai penerbangan bertarif rendah, hingga desain yang rumit yang dipilih oleh beberapa maskapai penerbangan untuk dinikmati oleh para penumpang penerbangan.

Mulai dari bergambar hewan lucu, pahlawan super kartun, dan karya artistik, semuanya adalah strategi yang adil dalam hal mencari perhatian publik melalui tampilan luar maskapai penerbangan yang menarik.

Pekerja dalam bidang pengecatan patriotik sama sekali tidak ketinggalan zaman.

Buktinya, pada Juni 2020, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson membuat keputusan kontroversial untuk menghabiskan £ 900.000 ($ 1.116.000) atau sekitar Rp 16,8 miliar untuk membayar pajak pada makeover bertema Union Jack yang merupakan pesawat jet perdana menteri RAF Voyager.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa yang Diperlukan untuk Mengecat Pesawat Terbang?

Seperti yang diketahui oleh siapa pun yang pernah mengunjungi pabrik pesawat terbang, semua pesawat dicat dengan warna yang sama ketika berada di jalur perakitan, yaitu hijau untuk pesawat logam dan beige untuk yang terbuat dari komposit (karena tidak perlu penghambat berkarat).

Warna hijau disebabkan oleh lapisan awal lapisan kromat anti-karat. Hal itu merupakan yang pertama dilakukan dari beberapa prosedur yang akan dilalui pesawat hingga mendapatkan skema warna yang pasti. Setelah maskapai menandatangani desain simbol, yang sering dirancang oleh agensi kreatif eksternal, yang bekerja sama dengan produsen pesawat untuk mengimplementasikannya.

Pembuat pesawat terbang seperti Airbus dan Boeing memiliki fasilitas cat sendiri dan tim yang berdedikasi yang melakukan segala prosesnya. Mereka memiliki dokumen yang merinci segala yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan cat sesuai permintaan, seperti jenis cat apa yang akan digunakan, pola seperti apa yang akan diterapkan, berapa jumlah sumber daya yang akan dibutuhkan dan sebagainya.

Model 3D yang dihasilkan komputer digital kemudian dibuat.

Lalu replika modelnya, virtual twin dari pesawat asli ini akan digunakan untuk memproduksi stensil. Selanjutnya, menggunakan potongan-potongan kanvas yang besar, yang jika diletakkan di luar pesawat dan disemprot dengan cat, menghasilkan pola warna yang diinginkan. Pesawat kemudian siap untuk pindah ke toko pengecatan.

3 dari 6 halaman

Setiap Lapisan Cat Menambah Bobot Pesawat

Pertama-tama, gunakan cat dasar bebas krom yang ramah lingkungan. Ini adalah lapisan persiapan yang membantu pelekatan pada lapisan cat berikutnya. Berikutnya adalah cat menggunakan warna dasar, seperti putih, tetapi tidak selalu, tergantung pada rancangan warna akhir.

Di atas lapisan dasar tersebut, barulah masuk ke pola warna akhir dengan bantuan stensil. Setelah itu, gunakan lapisan bening sebagai lapisan terakhir, yang setelah semua cat berwarna dan perekat lainnya sudah terpasang.

Cat bening tersebut berguna untuk mengunci warna pesawat dan memberikan perlindungan yang kuat terhadap pengikisan okleh aliran udara, segala macam cairan dan efek sinar UV. Ketebalan lapisan cat ini sangat penting, setiap lapisan cat tambahan akan menambah bobot pada pesawat.

Jika pesawat lebih berat berarti penggunaan bahan bakar akan lebih tinggi dan ini akan menambah umur operasional pesawat, dengan konsekuensi ekonomi dan lingkungan yang signifikan. Inilah sebabnya mengapa proses pengecatan sangat penting dari inovasi teknis yang signifikan, di mana harus menggunakan dengan alat dan teknik penyemprotan volume rendah namun bertekanan tinggi dan modern yang bertujuan mengurangi jumlah cat yang dibutuhkan untuk mengecat pesawat terbang.

Tapi bukan hanya pesawat baru yang biasanya dicat.

4 dari 6 halaman

Periode Pesawat Harus Dicat Kembali

Pesawat komersial diketahui dicat ulang hingga beberapa kali selama masa operasinya. Dengan cara ini, maskapai penerbangan tetap terlihat cerah dan cat yang terawat dengan baik juga dapat membantu mencegah kemungkinan bekarat.

"Maskapai besar yang memiliki ratusan pesawat, seperti United atau Southwest, memiliki jadwal khusus untuk mengecat ulang pesawat mereka dengan keteraturan tertentu, biasanya setiap enam tahun sekali atau lebih," jelas Nikki Thomas, seorang eksekutif di IAC, perusahaan pengecatan pesawat terbang terbesar di dunia.

Perusahaan seperti IAC juga mengambil kontrak untuk produsen pesawat besar ketika mereka membutuhkan kapasitas ekstra yang tidak dapat sepenuhnya ditangani oleh jalur pengecatan mereka sendiri. Namun, sebagian besar bisnis mereka berasal dari pesawat yang sudah beroperasi.

Perubahan kepemilikan, re-branding maskapai, merger dan akuisisi juga merupakan pendorong utama bagi pasar pengecatan pesawat. "Ketika dua maskapai memutuskan untuk bergabung, itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi kita!" canda Thomas, sebelum menambahkan, "Lihat misalnya, desain terbaru United, yang diresmikan pada April 2019. Ini berarti bahwa hampir 1.000 pesawat perlu dicat ulang."

Dalam hal pesawat yang sudah beroperasi, penting untuk menghapus lapisan cat yang ada terlebih dahulu. Untuk melakukan itu, pesawat harus diampelas dan dipreteli terlebih dahulu, yang terakhir yang merupakan prosedur yang lebih menyeluruh yaitu melibatkan penggunaan bahan kimia untuk membersihkan cat lama.

5 dari 6 halaman

Menguras Waktu dan Uang

Pengecatan sebuah pesawat biasanya menghabiskan waktu sekitar satu hingga dua minggu dengan biaya bisa sangat bervariasi. Itu semua tergantung pada ukuran pesawat dan kesulitan permintaan desain.

Misalnya, mengecat pesawat penumpang biasa harganya di suatu tempat memakan $ 150.000 (Rp 2,19 miliar)  hingga $ 300.000 (Rp 4,39 miliar), sedangkan harga untuk pesawat yang lebih kecil bisa hanya $ 50.000 (Rp 731.531.355).

Melansir CNN Kamis (23/7/2020), Alaska Airlines Boeing 737 dengan corak "Toy Story" Disney-Pixar membutuhkan waktu 21 hari penuh untuk diselesaikan oleh IAC. Hal ini dikarena desain yang rumit yang harus memilik detail yang halus sehingga seniman harus mengerjakannyadengan kuas di tangan, karena tidak bisa menggunakan semprotan yang lebih konvensional.

Teknik lain yang lebih cepat dan lebih murah yang kadang-kadang digunakan untuk mendekorasi pesawat dengan desain yang sangat rumit adalah penggunaan perekat khusus besar, yang disebut decals. Ini pada dasarnya merupakan stiker (walaupun diproduksi dengan spesifikasi industri tertentu) yang dapat dicetak dan kemudian ditempel di tempat yang tepat di pesawat.

Tapi tidak semua orang menyukai decals. IAC jarang menggunakannya, kata Thomas. Itu lebih suka untuk melukis.

6 dari 6 halaman

Perbedaan yang Signifikan Antara Berbagai Jenis Cat

Beberapa cat tidak hanya lebih mahal, tetapi jauh lebih sulit untuk mengaplikasikannya daripada yang lain, sampai-sampai para kru perlu melakukan pelatihan ekstra.

Contoh kasus adalah pada desain menggunakan pearlized mica paint atau cat mika dengan hasil akhir seperti mutiara.

Jean-François Paul, kepala pusat cat Airbus di Toulouse, Prancis, memberikan contoh corak pada pesawat Virgin Atlantic A350, yang pertama dikirim pada musim panas 2019.

Lapisan ini menggunakan cat efek khusus, yang mengandung partikel aluminium kecil dan pigmen khusus lainnya yang menghasilkan efek berkilau. Meskipun pada pandangan pertama pola desain terlihat agak mudah, namun cara menata warna merah pada pesawat menunjukkan kerumitan dan kecanggihan yang tidak biasa.

"Ini adalah desain pesawat yang sangat menantang untuk dibuat, tetapi itu indah," katanya.

 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.