Sukses

KBRI Kairo Sebar Ribuan Masker Kain Buatan Mahasiswa RI di Mesir

KBRI Kairo memesan 9.000 masker dari mahasiswa untuk dibagikan dengan gratis.

Liputan6.com, Kairo - KBRI Kairo membagikan ribuan masker kepada warga negara Indonesia (WNI) di Mesir. Masker kain tersebut dipesan dari mahasiswa Indonesia yang berlokasi di Mesir, sehingga program ini memberi dampak ke sektor bisnis dan kesehatan WNI. 

Berdasarkan rilis Kementerian Luar Negeri, Kamis (23/7/2020), ada total 9.500 masker yang dipesan dan 4.236 sudah dibagikan. Hal ini sejalan dengan upaya KBRI untuk memberdayakan ekonomi para mahasiswa Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19.  

Beberapa organisasi kekeluargaan Indonesia telah menerima bantuan masker kain yang disalurkan melalui perwakilannya, yaitu Kekeluargaan Jawa Barat (KPMJB), Jawa Tengah (KSW), Jawa Timur (Gamajatim), Sulawesi (KKS), Banten (KMB), dan Lampung (IKMAL). Masker kain dibungkus perhelainya dengan kemasan plastik yang rapi untuk menjaga higienitas masker.

Selain itu, masing-masing kemasan juga diselipkan cara mencuci dan menggunakan masker. Selain masker, KBRI Cairo juga memberikan bantuan APD, sarung tangan,  face shield, dan disinfektan kepada para pengurus kekeluargaan mengingat mereka secara intensif berinteraksi dengan komunitas anggotanya, sehingga penting untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat. 

Masih ada sekitar lebih dari 5.000 masker lagi saat ini yang masih dalam proses pembuatan untuk pendistribusian selanjutnya. Diharapkan minggu mendatang seluruh masker sudah selesai dibuat dan didistribusikan kepada WNI di Mesir. Masih tingginya jumlah kasus infeksi COVID-19 perharinya di Mesir menjadi alasan pentingnya penggunaan masker untuk mencegah penularan COVID-19.

KBRI Kairo juga melihat rendahnya kesadaran masyarakat Mesir dalam penggunaan masker sehingga perlu menggalakkan penggunaan masker di kalangan WNI di Mesir. 

Sejak Maret 2020, tercatat lebih dari 13.000 masker, baik masker kain maupun sekali pakai, yang telah didistribusikan oleh KBRI Kairo kepada para WNI di Mesir termasuk kepada para WNI yang pulang pada kegiatan repatriasi mandiri semasa Mesir masih menerapkan lockdown penerbangan internasional.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Update Corona Kamis 23 Juli: 1.906 Positif Covid-19, Total Jadi 93.657 Kasus

Jumlah kasus positif Corona Covid-19 di Indonesia masih terus mengalami penambahan. Ada 1.906 orang sudah terkonfirmasi positif pada hari ini, Kamis (23/7/2020).

Dengan begitu, maka total akumulatif 93.657 orang sudah dinyatakan positif terinfeksi virus Corona Covid-19 hingga saat ini. 

Informasi ini berdasarkan data Kementerian Kesehatan yang disampaikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga hari ini pukull 12.00 WIB.

Namun, data terkini terkait perkembangan kasus Corona Covid-19 juga dapat dilihat melalui laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) www.covid19.kemkes.go.id.

Sementara itu, jumlah kasus sembuh pada hari ini ada 1.909 orang. Jadi, total akumulatif hingga saat ini, sebanyak 53.164 orang berhasil sembuh dan negatif Corona Covid-19.

Kemudian, untuk pasien meninggal pada hari ini berjumlah 117 orang. Sehingga, total akumulatif ada 4.576 orang yang meninggal dunia akibat virus Corona Covid-19. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.