Sukses

Bau Mulut Jadi Terasa Selama Pakai Masker? Begini Solusinya

Liputan6.com, Jakarta - Sulit untuk mengabaikan bau napas Anda sendiri ketika mengenakan masker. Aroma yang biasanya tidak Anda sadari kemudian menjadi tercium dan agak bisa mengganggu kenyamanan.

Tetapi bahkan ketika Anda tidak makan atau minum, Anda mungkin sesekali menangkap sesuatu yang aneh sejak pemakaian masker menjadi suatu kewajiban. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (22/7/2020). 

Anda mengendus lagi dan bertanya-tanya: Apakah Anda benar-benar memiliki bau mulut selama ini tanpa disadari?

Ada kemungkinan Anda benar. 

"Ketika masker menutupi hidung dan mulut, konsentrasi setiap bau mulut atau halitosis meningkat, memungkinkan kita untuk menciumnya," kata Dr Edwin Chng, direktur medis Parkway Shenton. 

"Tanpa masker, bahkan jika seseorang memiliki bau mulut, dia mungkin tidak menyadarinya."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Bau Mulut Saat Pakai Masker

Ada bakteri yang hidup di mulut Anda setiap saat, kata Dr Koh Chu Guan, seorang konsultan senior di National Dental Centre Singapore Departemen Restorative Dentistry, Unit Periodontik. 

"Ketika kita bernafas, terutama dengan mulut kita, udara lembab yang dihasilkan oleh bakteri terjebak dalam kain masker. Ketika tetesan mengering, mereka meninggalkan bau pada kain masker," katanya.

"Kainnya mungkin tidak masalah," tambah Dr Koh. "Jika bahannya tipis dan rapuh, itu mungkin menjebak lebih sedikit udara, dan karenanya si pemakai mungkin kurang menyadari adanya bau mulut."

Selain itu, Anda bisa menggunakan mulut untuk bernafas saat mengenakan masker dan itu bisa menyebabkan efek pengeringan. 

"Mulut yang lebih kering, terutama jika Anda tidak minum cukup air, dapat menyebabkan bau mulut," kata Dr Koh. Ini diperparah jika Anda merokok atau mengonsumsi minuman diuretik seperti kopi. 

Untuk membedakan halitosis sebenarnya dari bau masker, lepaskan masker Anda dan hiruplah tangan Anda yang ditangkupkan melalui mulut. Bau tidak akan ada jika itu disebabkan oleh masker, kata Dr Chng. Bahkan jika Anda telah berjuang melawan halitosis selama ini, memakai masker tidak memperburuknya, katanya.

3 dari 3 halaman

Solusi

Untuk menjaga agar mulut Anda tetap segar atau setidaknya meminimalkan bau, kunjungi dokter gigi secara teratur untuk memeriksakan gigi dan gusi Anda terhadap penyakit periodontal dan pembusukan - seringkali merupakan akar penyebab bau mulut, kata Dr. Koh.

Selain menyikat, ia juga merekomendasikan flossing atau menggunakan sikat interdental, dan menyikat atau menggosok lidah Anda. 

"Lidah adalah sumber halitosis. Sebagian besar bakteri berada di lidah, terutama di bagian belakang," jelasnya. 

Apa yang Anda makan juga berpengaruh. 

"Makanan yang telah disarankan untuk membantu mengurangi bau mulut termasuk peterseli, paprika merah dan brokoli," kata Dr Chng. 

Dr Koh menambahkan: "Beberapa orang menemukan bahwa diet tinggi karbohidrat, terutama dalam makanan ringan dan makanan manis, memang meningkatkan terjadinya halitosis".

Jika Anda harus banyak bicara, minum banyak air. 

"Jika Anda memiliki mulut kering, mungkin lebih baik menghirup air sesering mungkin," kata Dr Koh. 

Untuk menutupi bau sementara, tidak ada salahnya untuk menggunakan permen mint bebas gula atau berkumur dengan pembersih mulut bebas alkohol, katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.