Sukses

Penyakit Akibat Kutu Era Perang Dunia I Kembali Muncul di Amerika Serikat

Penyakit demam parit yang disebabkan oleh kutu kembali ditemukan di Denver, Colorado, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Denver - Empat kasus trench fever atau demam parit, suatu kondisi langka yang ditularkan oleh kutu yang mempengaruhi tentara selama Perang Dunia I, telah diidentifikasi di Denver, Amerika Serikat pada tahun ini. Demikian seperti dilaporkan oleh Kaiser Health News.

Demam parit disebabkan oleh bakteri Bartonella Quintana, yang hidup dalam sistem pencernaan kutu tubuh dan menyebar melalui kotorannya.

Mengutip laman Beckers Hospital Review, Rabu (22/7/2020), gejala demam parit meliputi demam, sakit tulang, sakit kepala dan mual.

Demam parit telah dianggap sebagai penyakit yang muncul kembali sejak tahun 1990-an.

"Penyakit menular lama selalu masih memiliki potensi untuk kembali," kata Michelle Barron, MD, direktur medis pencegahan dan pengendalian infeksi di UCHealth University of Colorado Hospital di Aurora. 

Dia juga mengatakan bahwa sebelum wabah yang terjadi saat ini, dia tidak pernah melihat kasus demam parit selama 20 tahun terakhir di Colorado.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditemukan di Negara Bagian Lain

Selain di Colorado, wabah penyakit baru-baru ini ditemukan di San Francisco dan Seattle, dan terkonsentrasi pada sebuah perkemahan tunawisma. 

Wabah di Denver juga ditemukan di antara populasi tunawisma, meskipun pejabat kesehatan negara masih terus mencari benang merah lainnya. 

Kasus-kasus itu terjadi dengan selang waktu selama beberapa bulan. 

Setelah ditemukannya wabah baru ini, para pejabat kesehatan masyarakat negara bagian mengeluarkan peringatan akan penyakit tersebut dan meminta dokter untuk mengawasi lebih banyak kasus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.