Sukses

Sedang Bersihkan Sampah, Pria Ini Temukan Koin Kuno Romawi Berusia 1.800 Tahun

Pria ini tak sengaja temukan koin kuno saat bersih-bersih di taman dengan kekasih.

Liputan6.com, Liverpool - Seorang pria menemukan koin Romawi berusia 1.800 di taman ketika membersihkan sampah dengan pacarnya. 

Chris Lyon yang berusia 27 tahun itu menemukan koin dari tahun 241 Masehi di Carr Mill Dam, St Helens, Merseyside, Liverpool bersama Chelsea Marsden yang berusia 22 tahun.

Awalnya Chris mengira koin tersebut adalah uang Euro dan membawanya ke rumah. Namun, setelah membersihkannya, dia meyakini bahwa barang yang ia temukan itu berusia lebih tua dari yang dikiranya.

Tak lama setelah itu, seorang teman Chris yang merupakan penggemar sejarah dan kontraktor berbagi temuan berita menarik terkait koin itu. Dia menjelaskan bahwa benda kuno itu memiliki nilai 45 poundsterling atau setara Rp 844.000.

Koin kuno Romawi itu memiliki gambar Gordian III--seorang kaisar Romawi yang memerintah Inggris dari 238 M hingga 244 M, seperti yang dikutip dari Daily Mail, Rabu (23/07/2020). 

“Saya tidak percaya apa yang ada di depan saya. Apa yang membuat saya putus asa adalah bahwa koin itu telah tersimpan di sana selama ribuan tahun dan baru saja ditemukan," ujar Chris.

"Saya pikir seseorang akan menggali beberapa waktu yang lalu. Itu terlihat seperti koin 5 sen besar dan bahkan tidak dikubur. Itu hanya setengah bagian masuk ke tanah.

“Ketika saya pertama kali menemukannya, saya pikir itu mungkin Euro atau peseta (mata uang) tua dari Spanyol.

"Tetapi saya menunjukkannya kepada kakek-nenek saya dan mereka mengatakan itu tidak terlihat seperti apa pun yang pernah mereka lihat di liburan mereka. Jika aku tahu apa koin itu ketika aku mengambilnya, aku akan menghabiskan lebih banyak waktu melihat-lihat," papar Chris.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Raja Gordian yang Memimpin Dari Timur Tengah hingga Inggris

Bagian depan dari koin berusia 1.800  tahun ini terdapat profil samping Gordian III, kaisar termuda Kekaisaran Romawi, yang dinobatkan sebagai raja pada usia 13 tahun pada 238 M.

Sebaliknya, Apollo, dewa musik Romawi, digambarkan duduk dan memegang ranting di tangan kanannya sambil meletakkan siku kirinya di atas kecapi.

Gordian III memimpin sebuah kerajaan yang membentang dari Timur Tengah hingga Inggris pada 244 M ketika ia terbunuh dalam pertempuran pada usia 19 tahun.

Meski koin ini dapat terjual dengan 45 poundsterling,  Chris tidak memiliki rencana untuk menjual temuannya yang luar biasa dan sebagai gantinya berencana untuk menyimpannya sebagai suvenir atau menyumbangkannya ke Kanal Sankey dan Masyarakat Pemulihan di Merseyside sebagai pengakuan atas upaya mereka dalam membersihkan tempat kecantikan.

Dia berkata: "Ada banyak tip terbang di sekitar Carr Mill Dam dan saya dan pasangan saya telah berusaha untuk membantu membersihkannya baru-baru ini.

“Saya hanya melihatnya karena Chelsea menemukan 50p di daerah yang sama beberapa minggu yang lalu dan kami sudah mencoba untuk mencari yang lain sejak itu. Kita akan segera kembali ke tempat itu untuk melihat apakah ada benda lain di sana. 'Jika ada satu koin, siapa yang tahu dari mana asalnya?"

Teks: Yohana Belinda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.