Sukses

Protes Berlanjut di Portland, Trump Ancam Kirim Personel Keamanan ke Banyak Kota

Presiden Donald Trump mengancam akan mengirim lebih banyak personel keamanan ke banyak kota di AS, setelah protes berlanjut di Portland.

Liputan6.com, Portland - Presiden Donald Trump mengancam akan mengirim lebih banyak petugas penegak hukum federal ke kota-kota besar AS untuk mengendalikan protes yang sedang berlangsung.

Mengutip laman BBC, Selasa (21/7/2020), Trump  telah mengkritik sejumlah kota yang dijalankan oleh "Demokrat liberal", termasuk Chicago dan New York, mengatakan para pemimpin mereka takut untuk bertindak.

Dia mengatakan para petugas yang dikirim ke Oregon telah melakukan "pekerjaan fantastis" untuk memulihkan ketertiban di tengah-tengah protes di Portland.

Pejabat setempat mengatakan para pejabat federal telah memperburuk masalah.

Para pemimpin negara bagian telah meminta Trump menghapus personel keamanan dari Portland, dan menuduhnya meningkatkan situasi sebagai aksi politik dalam tahun pemilihan.

Berbicara di Gedung Putih pada hari Senin, Trump mengulangi seruannya terkait masalah hukum dan ketertiban.

"Kami mengirim penegak hukum," katanya kepada wartawan. "Kita tidak bisa membiarkan ini terjadi pada kota-kota."

Dia secara khusus menyebut Kota New York, Chicago, Philadelphia, Detroit, Baltimore dan Oakland ketika membahas soal kekerasan.

"Kita tidak akan membiarkan ini terjadi di negara kita, semua dijalankan oleh Demokrat liberal," lanjutnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Protes di Portland

Donald Trump juga memuji upaya penegakan hukum federal yang kontroversial di Portland. 

Kota ini telah melihat protes berkelanjutan terhadap kebrutalan polisi di kota itu sejak kematian George Floyd, seorang pria kulit hitam tak bersenjata, di Minnesota pada bulan Mei.

Trump pun mengerahkan personel ke kota pantai barat AS dua minggu lalu untuk memadamkan kerusuhan sipil.

Beberapa petugas telah menggunakan mobil tanpa tanda dan kamuflase gaya militer di jalan-jalan, memicu kecaman dari Demokrat dan aktivis. 

Dalam sepekan terakhir, ketegangan antara pengunjuk rasa dan para perwira ini telah meningkat, dan para pemimpin setempat telah menyerukan personil federal untuk meninggalkan kota.

Trump mengatakan gubernur Oregon, walikota Portland dan anggota parlemen negara bagian lainnya takut terhadap tindakan "anarkis".

"Mereka takut dengan orang-orang ini," katanya. "Itulah alasan mereka tidak ingin kita membantu mereka."

Dia menambahkan: "[Perwira Federal] telah berada di sana selama tiga hari dan mereka benar-benar telah melakukan pekerjaan yang fantastis dalam waktu yang sangat singkat, tidak masalah. Mereka menangkap banyak orang dan memenjarakan para pemimpin. Ini adalah kaum anarkis."

Para petugas yang dikerahkan adalah bagian dari unit Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) baru yang terdiri dari orang-orang dari US Marshals Service dan Customs and Border Protection.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.