Sukses

Uni Eropa Sumbang Rp 573 Juta untuk Rohingya di Aceh

Uni Eropa memberi sumbangan ke Rohingya di Aceh melalui PMI.

Liputan6.com, Jakarta - Uni Eropa memberikan bantuan sebesar 35 ribu euro (Rp 573 juta) kepada 99 warga Rohingya di Aceh. Bantuan ini diberikan lewat Palang Merah Indonesia (PMI).

"Pendanaan UE mendukung Palang Merah Indonesia dalam mengirim air, fasilitas sanitasi, pelayanan kesehatan, dukungan piskologis, serta barang-barang krusial, seperti alas tidur dan bantal, benda-benda kebersihan dan alat pelindungan diri," tulis Uni Eropa dalam keterangan resmi, seperti dikutip Jumat (17/7/2020).

Fokus PMI adalah pencegahan Virus Corona (COVID-19) dan demam berdarah. Pendanaan ini juga membantu agar keluarga Rohingya yang terpisah dapat terus menjaga kontak.

Dana itu adalah bagian dari sumbangan Uni Eropa ke Disaster Relief Emergency Fund (DREF) untuk Palang Merah Internasional dan Bulan Sabit Merah.

Pada Juni lalu, ada 99 migran Rohingnya yang ditolong dekat Seunodon, wilayah utara Aceh. Mereka berada di laut selama lebih dari 120 hari.

Selama bertahun-tahun, warga Rohingnya mengungsi ke negara ASEAn seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Namun, situasi corona menyulitkan negara lain untuk membantu mereka.

Negeri jiran Malaysia sempat menolak gelombang baru pengungsi Rohingya karena alasan pandemi. Sebanyak 269 migran Rohingya ditahan di Malaysia.

99 migran Rohingya di Indonesia berasal dari Rakhine State. Saat ini mereka sudah berada di Balai Latihan Kerja di Lhokseumawe.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

25 Anak Rohingya di Aceh Tidak Didampingi Orang Tua

Kementerian Luar Negeri dan Badan PBB untuk Urusan Pengungsi bekerja sama untuk mendata migran Rohingya di Aceh. Hingga Jumat lalu, ada 90 migran yang sudah ikut pendataan. 

Dalam prosesnya, Kemlu menemukan ada 25 anak Rohingya yang tidak didampingi orang tua (unaccompanied children). Hampir dari setengahnya datang tanpa keluarga sama sekali, namun sudah dapat pendampingan.  

"Dari 25 anak tersebut, 13 anak-anak tanpa keluarga atau kerabat telah mendapatkan pendamping atau wali sementara dari kalangan migran," jelas Menlu Retno Marsudi dalam konferensi pers virtual.

"Sementara itu, 12 lainnya telah didampingi oleh keluarga tidak langsung dari anak-anak tersebut seperti paman, bibi, dan sebagainya, yang juga ada dalam rombongan," lanjut Menlu Retno. 

Keluarga anak-anak Rohingya itu sudah dilacak lewat program Restoring Family Links. Keluarga anak-anak itu ternyata berada di luar negeri seperti Malaysia dan Bangladesh.

Mulai Jumat ini, migran Rohingya juga sudah pindah dari bekas kantor imigrasi Lhokseumawe ke gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Lhokseumawe. Mereka juga diberikan hygiene kit.

"Kita juga terus memberikan perhatian terhadap kebutuhan logistik dan kesehatan para migran, termasuk adanya tenaga medis yang akan standby di tempat penampungan," jelas Menlu Retno.

Dua orang migran Rohingya sempat dilaporkan sakit. Keduanya sudah dinyatakan sembuh. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.