Sukses

Menteri Pertanian Irlandia Dipecat karena Mengemudi Saat Mabuk 4 Tahun Lalu

Menteri Pertanian Irlandia Barry Cowen pernah dihukum karena mengemudi dalam keadaan mabuk yang dilakukannya empat tahun silam.

Liputan6.com, Dublin - Menteri Pertanian Irlandia Barry Cowen pernah dihukum karena mengemudi dalam keadaan mabuk yang dilakukannya empat tahun silam. Atas kasus itu, Cowen kini dipecat dari jabatannya di kabinet Irlandia.

Pemecatan Cowen itu dilaporkan stasiun radio dan penyiaran televisi nasional Irlandia, RTE, pada Selasa 14 Juni malam. Cowen mengonfirmasi laporan tersebut di akun Twitter-nya dengan mengatakan bahwa Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin memberitahukan kabar pemecatannya dari kursi menteri melalui telepon pada Selasa malam.

Menurut laporan itu, Martin mengatakan dalam rapat di majelis rendah parlemen Irlandia pada Selasa malam bahwa Presiden Michael D. Higgins telah menghentikan penunjukan Cowen sebagai anggota pemerintahan atas saran Martin, seperti dilansir Xinhua, Rabu (15/7/2020).

Kepada majelis rendah, Martin juga mengatakan dia sendiri yang akan bertindak sebagai menteri pertanian.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Dihukum pada 2016

Cowen diangkat sebagai menteri kabinet pada 27 Juni ketika pemerintahan koalisi baru yang dipimpin ketua Partai Fianna Fail, Micheal Martin, dibentuk usai negosiasi selama berbulan-bulan dengan dua mitra lainnya, yaitu Partai Fine Gael dan Partai Hijau.

Pembagian jabatan menteri di antara anggota Partai Fianna Fail di pemerintahan baru telah menyebabkan perselisihan di antara anggota partai, menurut laporan media setempat.

Fianna Fail memiliki enam kursi di kabinet baru yang terdiri dari total 15 kursi, sementara enam kursi dan tiga kursi lainnya masing-masing diberikan kepada Partai Fine Gael dan Partai Hijau.

Sebelumnya muncul sejumlah laporan di media setempat bahwa Cowen pernah ditahan dan dihukum karena pelanggaran mengemudi dalam keadaan mabuk. Dia didenda 200 euro (1 euro = Rp 16.623) dan dilarang mengemudi selama tiga bulan.

Insiden itu terjadi pada September 2016 lalu ketika Cowen sedang dalam perjalanan pulang usai menyaksikan final sepak bola All-Ireland di Dublin.

Barry Cowen (52) adalah politikus Fianna Fail yang telah menjabat sebagai anggota majelis rendah parlemen Irlandia sejak 2011.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.