Sukses

Indonesia dan Australia Perkuat Kerja Sama Komprehensif Strategis di Bidang Ekonomi

Indonesia dan Australia memperkuat kerja sama komprehensif strategisnya melalui pertemuan secara virtual.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri terus memperkuat Kemitraan Komprehensif Strategis RI-Australia melalui Pertemuan tingkat Pejabat Tinggi (Senior Officials Meeting) kedua negara secara daring pada Kamis 9 Juli 2020. 

Pertemuan membahas berbagai upaya peningkatan kerja sama bilateral serta kerja sama di kawasan dan global.

Selain itu, kedua pihak juga mengevaluasi Rencana Aksi Kemitraan Komprehensif Strategis RI-Australia yang telah diresmikan oleh Menteri Luar Negeri RI dan Australia pada 10 Februari 2020 yang lalu.

Secara khusus pihak Indonesia menyampaikan apresiasi atas komitmen dan solidaritas Australia bagi penanganan COVID-19 di Indonesia. Hal ini menunjukan kerja sama kedua negara terus berjalan meskipun kedua negara mengalami berbagai tantangan di tengah pandemi. 

Pemberlakuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement/IA-CEPA) pada 5 Juli 2020 yang lalu merupakan lembar baru hubungan bilateral kedua negara, yang akan berkontribusi dalam pemulihan perekonomian kedua negara dan akan semakin membuka peluang kerja sama pelaku bisnis, termasuk UMKM. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Koordinasi

Selain kerja sama bilateral, kedua pihak juga membahas dinamika di kawasan dan regional, dan menyepakati pentingnya peningkatan dialog dan koordinasi guna memastikan Kawasan Indo-Pasifik yang stabil, aman dan sejahtera berdasarkan prinsip dan hukum internasional yang berlaku.

Pertemuan tingkat pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri kedua negara yang pertama ini, dipimpin Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemlu, Desra Percaya dan First Assistant Secretary Southeast Asia Division kemludag Australia, Julie Heckscher.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.