Sukses

5 Tips Hemat Ala Miliarder Agar Bisa Kaya Raya

Beberapa tips ini sampaikan oleh para miliarder dunia. Bahkan setelah kaya, mereka tetap melakukannya.

Liputan6.com, Jakarta - Jangan salah kaprah. Tak semua miliarder yang memiliki harta kekayaan akan secara seberono menghabiskan uannya. Jalan-jalan keluar negeri, beli baju hingga benda-benada lainnya.

Malah, sejumlah miliarder ini hanya ada yang memiliki baju itu-itu saja. Cara berhemat yang mereka ciptakan sedari dulu benar-benar masih dilakukan hingga sekarang.

Meskipun sudah kaya raya, mereka tetap menggunakan uangnnya dengan bijak. Ada beberapa tips hemat ala miliarder dunia. Lewat cara berhemat ini mereka mampu menjadi orang kaya dan patut Anda tiru.

Seperti dikutip dari laman inc.com, Kamis (9/7/2020) berikut 5 tips hemat ala miliarder:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Beli Rumah Sederhana

Biaya perumahan merupakan persentase terbesar dari sebagian besar anggaran rumah tangga di Amerika Serikat. Apakah Anda menyewa atau membayar hingga lunas? Sebagian besar anggaran bulanan dihabiskan untuk tempat tinggal. Karena membeli rumah adalah investasi besar, banyak pemilik rumah baru berusaha keras untuk memilih rumah yang sempurna.

Jadikan Warren Buffett sebagai contoh. CEO perusahaan terkenal ini masih tinggal di rumah sederhana yang ia beli pada tahun 1958 dengan biaya US$ 31.500.

Meskipun memiliki kekayaan bersih dalam miliaran, dia tidak pernah memiliki keinginan untuk pindah ke sesuatu yang lebih besar atau lebih baik.

 

3 dari 6 halaman

2. Hanya Bawa Uang Tunai untuk Apa yang Anda Butuhkan

Jika Anda memiliki kekayaan bersih US$ 1,4 miliar, rata-rata belanjaan Anda mungkin bisa mencapai ratusan juta. Hal itu dikarenakan Anda banyak membeli barang-barang mewah.

Tips berhemat ala raja bisnis Amerika Serikat T. Boone Pickens yaitu selalu membawa daftar belanjaan terperinci dan hanya membawa uang tunai secara cukup, sehingga dipaksa tidak membeli hal-hal lain.

Salah satu elemen terpenting dari kebiasaan Pickens adalah bahwa ia tidak membiarkan ruang gerak untuk berbelanja barang-barang yang tidak direncanakan.

 

4 dari 6 halaman

3. Cari Penawaran

Seorang miliarder tidak akan dengan mudah membayar harga suatu barang dengan penuh. Sebagai gantinya, mereka melakukan upaya ekstra untuk menemukan penawaran.

Menggunakan kupon dan cara lain agar mendapat potongan harga sehingga lebih murah. Sebut saja, Hillary Swank, Lady Gaga, Kristen Bell, dan Carrie Underwood, semua selebriti berpenghasilan tinggi ini dilaporkan mengguankan kupon diskon sebagai bagian dari rutinitas mereka.

 

5 dari 6 halaman

4. Bayar Dirimu Sendiri

Daripada membayar objek, barang, atau bahkan pengalaman, orang-orang terkaya di dunia cenderung membayar sendiri terlebih dahulu.

Mereka memprioritaskan investasi, terutama dalam arti finansial, dan tidak akan membayar untuk sesuatu yang tidak perlu kecuali mereka telah terlebih dahulu memenuhi tujuan tabungan finansial pribadi mereka.

Investasikan uang Anda dalam sesuatu yang cerdas, seperti saham blue chip atau reksa dana, adalah cara untuk membayar masa depan Anda sendiri dan dalam kebanyakan kasus, Anda akan melihat pengembalian investasi yang jauh lebih besar dengan cara itu.

 

6 dari 6 halaman

5. Gunakan Kembali Apa yang Anda Bisa

Daripada membeli pakaian baru yang modis, fokuslah untuk memaksimalkan apa yang sudah Anda miliki. Jangan takut menghabiskan cukup uang untuk berpakaian bagus, tetapi jangan berlebihan dengan mengisi lemari pakaian Anda dengan baju yang mungkin hanya Anda gunakan satu atau dua kali.

Beberapa miliarder dunia hanya memiliki beberapa setelan yang berbeda, dan pendiri Facebook sendiri, Mark Zuckerberg, sering mengenakan T-shirt abu-abu yang sama setiap hari saat ia pergi ke kantor.

Jangan takut untuk menggunakan kembali dan memanfaatkan barang-barang lainnya dalam hidup Anda, selama mereka masih berguna.

Tidak ada "rahasia" untuk menjadi kaya, dan tidak ada jalan pintas, kecuali mungkin lotere atau dilahirkan dalam keluarga kaya. Kebanyakan miliarder melakukannya dengan mengejar strategi yang terencana, hemat, dan telah mempertahankan kekayaan mereka dengan mengikuti strategi mereka bahkan setelah memperoleh kekayaan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini