Di Balik Alasan Beda Menu Makanan Kopilot dan Pilot, Ini 10 Fakta Menarik Soal Pesawat

Oleh Liputan6.com pada 10 Jul 2020, 18:31 WIB
Diperbarui 10 Jul 2020, 18:31 WIB
Pilot
Perbesar
Ilustrasi pilot. (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda, ternyata pilot dan kopilot tak makan makanan yang sama ketika berada dalam pesawat. Mengapa demikian?

Alasannya mungkin sepele, tapi demi kebaikan para penumpang.

Selain soal itu, sejumlah fakta di balik pesawat juga mungkin mengejutkan banyak orang. Seperti kapal terbang terkecil hanya seberat 162 kilogram hingga ternyata turbulensi tidak menyebabkan kecelakaan serius.

Berikut ini 10 fakta menarik soal pesawat tersebut, dikutip dari Best Life Online, Jumat (10/7/2020):

2 dari 11 halaman

1. Pilot dan Kopilot Makan Makanan yang Berbeda

Ilustrasi pilot
Perbesar
Ilustrasi pilot. (iStock)

Pilot dan kopilot makan makanan yang berbeda saat di pesawat, tapi hanya untuk beberapa maskapai saja. Hal ini dilakukan agar bila salah satu pilot keracunan makanan, pilot yang lain dapat menerbangkan pesawatnya. 

3 dari 11 halaman

2. Harga Tiket Termahal Memiliki Harga $30,000

Royal first class Thai Airways
Perbesar
Royal first class Thai Airways (Thai Airways)

First Class milik Etihad Airways ini memiliki harga $30.000 atau sekitar Rp 434 juta.

The Etihad Airways First Apartment memiliki fasilitas kamar pribadi dengan tempat tidur, kursi, meja rias, dan cermin rias, dan pancuran.

Tiket pulang pergi dari New York ke Dubai menggunakan fasilitas itu bisa menguras kantong lebih dari $30.000.

4 dari 11 halaman

3. Indera Perasa Berubah Saat di Pesawat

Profesi Unik, Keliling Dunia Sambil Mengulas Makanan di Pesawat
Perbesar
Menu dari maskapai penerbangan Alitalia (inflightfeed.com)

Kabar baik bagi mereka yang tidak menemukan makanan pesawat yang sangat enak: Anda tidak perlu mencicipi semua menu untuk meyakinkan diri.

Menurut orang-orang di JetBlue, perbedaan tekanan udara dan kelembaban rendah di kabin pesawat membuat lidah Anda lebih sulit untuk merasakan rasa manis dan asin.

5 dari 11 halaman

4. Bepergian dengan Pesawat Adalah Hal yang Paling Aman

Tarif Batas Atas Tiket Pesawat
Perbesar
Pesawat maskapai Lion Air terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (16/5/2019). Berdasarkan hasil Rapat Koordinasi antara Kementerian Bidang Perekonomian dan Kementerian Perhubungan memutuskan tarif batas atas tiket pesawat turun sebesar 12-16 persen. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pergi dengan pesawat adalah hal yang paling aman dibanding dengan transportasi lainnya.

Pada 2017, tercatat nol kematian terkait kecelakaan pesawat komersial. Sebagai perbandingan, selama tahun yang sama 40.100 orang meninggal dalam kecelakaan mobil di Amerika Serikat saja.

6 dari 11 halaman

5. Chuck Yeager Memecahkan Rekor Terbang Lebih Cepat dari Kecepatan Suara

Rusia Gelar Latihan Perang Terbesar
Perbesar
Pesawat tempur Rusia Sukhoi Su-34 berpartisipasi dalam latihan militer Vostok-2018 di Tsugol, Siberia timur, Kamis (13/9). Rusia mengerahkan 300 ribu prajurit dalam unjuk kekuatan, termasuk dalam latihan bersama dengan tentara China. (AFP/Mladen Antonov)

Pilot, Chuck Yeager, mengejutkan dunia dengan kemampuan terbangnya yang memecahkan rekor.

Dokter hewan yang juga Angkatan Udara AS ini belajar terbang sebagai pilot pesawat tempur selama Perang Dunia II. Dengan menggunakan roket Bell X-1, ia terbang lebih cepat dari kecepatan suara — 662 mil per jam dengan 40.000 kaki.

Kemudian dalam hidupnya, dia menambahkan lagi prestasi luar biasa untuk dirinya yang sangat mengesankan: melatih para veteran Angkatan Udara AS untuk menjadi astronot.

7 dari 11 halaman

6. Sandra Bullock dan 2 Juta Orang Lainnya Memiliki Ketakutan Naik Pesawat

[Bintang] Sandra Bullock
Perbesar
Pesawat yang ditumpangi Sandra Bullock pada tahun 2000 silam meluncur di landasan dan jatuh ke tumpukan salju lantaran roda yang bermasalah. Tidak ada yang terluka dari kecelakaan ini, (Bintang/EPA)

Meski kecelakaan pesawat ini sangat jarang, 6.5 persen orang Amerika memiliki ketakutan untuk terbang. Namun bagi kamu yang memiliki ketakutan ini, kamu tidak sendiri, karena selebritas Sandra Bullock pun memiliki ketakutan yang sama.

Pemeran "The Gravity" tersebut pernah mengatakan ketakutannya tentang terbang.

Asosiasi Kecemasan dan Depresi Amerika mengatakan bahwa sebagian besar stres ini berasal dari kehilangan kendali total atau mungkin perasaan terperangkap.

8 dari 11 halaman

7. Di Perjalanan Panjang Pesawat Memiliki Tempat Tidur dan Kamar untuk Para Pramugari

Ilustrasi pramugari.
Perbesar
Ilustrasi pramugari. (iStockphoto)

Untuk penerbangan jarak jauh, selama 12 jam misalnya, pramugari juga membutuhkan waktu istirahat.

Maka dari itu, maskapai memiliki tempat tidur rahasia di atas kabin utama dengan tujuh atau delapan tempat tidur.

Kadang maskapai juga memiliki kamar mandi terpisah, mereka pun dapat menikmati hiburan dalam penerbangan saat berada di dalam kamar rahasia ini.

Itu pasti bagaimana mereka menjaga sikap ceria mereka di penerbangan panjang.

9 dari 11 halaman

8. Pesawat Terkecil di Dunia Hanya Memiliki Berat 358,8 pon

Keren, Penjual Popcorn Asal Pakistan Bikin Pesawat Sendiri
Perbesar
Muhammad Fayyaz berdiri di samping pesawat buatannya di Desa Tabur, Provinsi Punjab, Pakistan, 8 April 2019. Cerita Fayyaz membuat pesawat kecilnya banyak membuat masyarakat Pakistan terpukau. (ARIF ALI/AFP)

Microjet Bede BD-5 memiliki berat hampir 360 pound (kurang dari 400.000 orang Amerika) sekitar 162 kg. Memiliki lebar sayap hanya 14,5 kaki.

Meskipun sangat kecil, jet ini dapat mencapai kecepatan lebih dari 300 mil per jam, yang sedikit di bawah setengah dari kecepatan suara.

10 dari 11 halaman

9. Pesawat Terpanjang Militer Memiliki Enam Lantai

Singapore Airlines
Perbesar
Singapore Airlines mengoperasikan pesawat Airbus A350-900ULR (Ultra Long Range) terbaru untuk penerbangan terpanjang. (dok. Singapore Airlines/Dinny Mutiah)

C-5 raksasa militer AS memiliki lebar sayap 222,8 kaki, dengan masing-masing sayap berukuran sebesar lapangan basket.

Menurut Popular Mechanics, "pesawat itu setinggi 65 kaki, setara dengan bangunan enam setengah lantai." Dapat membawa lebih dari 250 juta pon beban dan 350 penumpang, bahkan dengan peralatan di dalamnya.

Pesawat itu sangat besar sehingga banyak pangkalan Angkatan Udara harus membuat lubang besar di pintu hanggar untuk menjaganya tetap di dalam ruangan, bagian itu adalah ujung ekor masih menonjol.

11 dari 11 halaman

10. Turbulensi Tidak Menyebabkan Kecelakaan Serius

20160507-Turbulensi-Hong-Kong-Airlines-Bali
Perbesar
(www.hongkongairlines.com)

Ada alasan mengapa Anda harus selalu memakai sabuk pengaman selama penerbangan.

Menurut Administrasi Penerbangan Federal, maskapai penerbangan AS mengalami 234 kecelakaan akibat turbulensi, yang mengakibatkan 298 cedera serius dan tiga kematian, antara 1980 dan 2008.

Dua dari tiga kematian itu dipastikan menjadi penumpang yang tidak mengenakan sabuk pengaman ketika tanda sabuk pengaman telah dihidupkan. Memasang sabuk pengaman mungkin bukan "hukum" di udara, tetapi tentu saja layak untuk menjaga keselamatan Anda.

Reporter: Yohana Belinda

Lanjutkan Membaca ↓